APAR 6 Kg untuk Memadamkan Kebakaran Tipe B

Kebakaran tipe B yang diakibatkan oleh benda cair sebenarnya bisa dipadamkan menggunakan APAR 6 kg. Meskipun mungkin tidak bisa memadamkannya dengan penuh, namun fungsinya sangat penting bagi setiap orang.

Seperti yang sudah diketahui bahwa hampir setiap gedung memiliki perangkat keamanan untuk memadamkan api. Namun, ada beberapa tipe atau jenis APAR yang bisa dipakai berdasarkan penyebab kebakaran.

Ukurannya juga berbeda-beda tergantung kebutuhan pemilik. Misalnya ukuran 6 kg yang tidak terlalu besar maupun kecil. Jadi cukup cocok untuk memadamkan kebakaran tipe B yang disebabkan oleh cairan tertentu.

Sekilas Tentang Kebakaran Tipe B

Kebakaran tipe B merupakan kebakaran yang terjadi karena cairan tertentu. Biasanya ini berupa abahan bakar seperti bensin, solar, hingga alkohol. Namun, cairan lain seperti cat juga bisa menyulut api.

Karena bersifat cair, maka air tidak akan bisa memadamkannya. Hal tersebut karena perbedaan massa jenis dari kedua media. Air memiliki massa jenis lebih berat dari kebanyakan bahan bakar.

Salah satu contoh dari kebakaran ini adalah ledakan pada kecelakaan mobil. Ketika bahan bakar menerima tekanan tinggi, maka akan meledak. Terlebih lagi dengan mesin masih panas.

APAR 6 Kg untuk Kebakaran Tipe B

Setidaknya ada 3 jenis APAR yang cocok dan efektif untuk memadamkan kebakaran tipe B. Pemadam api dengan media powder, karbon dioksida, dan foam merupakan yang paling efektif untuk memadamkannya.

Sedangkan media air hanya akan membuatnya semakin menyulut api. Perbedaan massa jenis membuatnya sulit dimatikan. Itulah mengapa media air sangat tidak direkomendasikan untuk memadamkan api dari tipe B.

Tips Menggunakan APAR 6 Kg yang Perlu Diketahui

Supaya tidak panik saat terjadi kebakaran tipe B, maka sebaiknya Anda mengetahui tips menggunakannya. Selain itu, hal ini juga sangat berguna ketika Anda memilikinya sendiri di rumah, bukan?

Langkah yang paling penting adalah jangan pernah meletakkan di tempat tertutup. Letakan saja di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu Anda akan lebih cepat meraihnya dan memadamkan api.

Karena terjadi akibat minyak atau bahan bakar, maka bisa saja terjadi kapanpun. Sebagai bentuk pencegahan, maka sebaiknya ada membelinya. Sediakan APAR 6 kg untuk selalu jaga-jaga jika hal fatal terjadi dengan membelinya pada kami.