Resep Membuat Sistik Renyah Dan Gurih Rasanya

Stik bawang yang sangat gurih dan renyah tahan lama cocok untuk di jadikan camilan. Kepingan camilan  ini memang dapat memanjakan lidah penikmatnya. Tekstur dari cemilan ini juga bakal bikin susah berhenti mengunyah loh. Apalagi ada cita rasanya yang enak dan gurih, di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  resep membuat sistik renyah dan gurih.

Sejarah sistik

sejarah sistik

Siapa yang tak kenal dengan si tinggi langsing, ramping dan renyah yang satu ini, makanan cemilan goreng yg berasal dari eropa yg diciptakan pada 1393 yang memiliki kualitas produk yang tinggi dan pelayanan terbaik ini kini sedang menjajal untuk menjadi makanan cemilan khas Nusantara. Makanan yg dibuat pada abad pertengahan tersebut, di Inggris makanan ini lebih dikenal dengan nama pipefarces

Sistik merupakan makanan ringan asli indonesia, bukan indonesia namanya jika tak kreatif dalam menciptakan makanan-makanan unik nan enak. makanan yang terbuat dari tepung terigu ini dibuat oleh seseorang untuk mengatasi keisengannya sob, tentunya mengatasi masalah perut lapar.

Di Indonesia Snack Cheese Stick biasanya disajikan dengan saus sambal sebagai pelengkap atau sebagai toping tambahan pada makanan. Karena rasa gurih kejunya dan kerenyahan adonanya yang pas Snack Cheese Stik sangat cocok dipadukan dengan menu utama lainnya seperti bubur ayam, nasi goreng hingga steak. Daripada semakin penasaran dengan bahan dan cara pebuatannya! yuk simak ulasan di bawah ini.

Resep Membuat Sistik Renyah Dan Gurih

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung terigu.
  • 60 gr mentega.
  • 250 ml santan atau bisa diganti dengan air matang biasa.
  • 2 sachet royco rasa ayam.
  • 1 sdm garam / sesui selera.
  • 2 tangkai daun seledri yang diiris halus.
  • 2 tangkai daun bawang (ambil yang warna hijaunya saja) yang diiris halus.
  • 5 siung bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang lalu haluskan.
  • Secukupnya tepung kanji untuk taburan.
  • Secukupnya minyak goreng.

Cara Membuat Sistik Renyah Dan Gurih:

  1. Campurkan santan/air dengan bawang putih, royco, dan garam. Aduk hingga tercampur rata, sisihkan..
  2. Campurkan tepung terigu, mentega, daun seledri, dan daun bawang, aduk-aduk hingga tercampur rata..
  3. Masukkan campuran santan ke dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis..
  4. Setelah adonan kalis, diamkan adonan 30 menit dengan ditutup lap bersih..
  5. Setelah 30 menit, cetak adonan dengan menggunakan gilingan mie. Saya menggunakan nomer 3..
  6. Jika adonan terasa agak lembek/lengket, balur sisi-sisinya dengn tepung kanji saat akan digiling..
  7. Bagi yang tidak ada alat penggiling mie, adonan bisa ditipiskan menggunakan rolling pin kemudian dipotong-potong bentuk korek api ukuran 0,5 x 10 cm..
  8. Setelah semua adonan habis tercetak, goreng dengan menggunakan minyak panas dan api kecil..
  9. Jangan di aduk-aduk saat adonan masih lembek, nanti bentuknya melingkar-lingkar. Biarkan sistik kokoh dulu, baru pisahkan agar tidak saling menempel satu dengan yang lain..
  10. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Sistik siap dihidangkan.
Baca Juga: cara membuat sistik keju renyah dan mengembang

Mudah bukan cara membuatnya, jika di jadikan usaha sampingan tidak memperlukan tenaga ekstra dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Camilan ini cocok untuk menemanimu makan, tidak diherankan lagi camilan sistik ini banyak di gemari terutama milenial-milenial.

Untuk rasa, salah satu rasa sistik yaitu rasa pedas karena pedas itu sudah digemari oleh milenial-milenial. Bagi milenial camilan sistik bawang sangat renyah dan gurih, banyak yang mengkonsumsi camilan sistik ini. Itu saja artikel dari saya tentang resep membuat sistik renyah dan gurih, semoga sangat bermanfaat dan membantu anda yang ingin membuat sendiri di rumah. Dan selamat mencobaa!.