Resep Membuat Keripik Pisang Nangka Yang Enak Dan Renyah

Definisi;

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat dan teksturnya yang sangat lembut, bahkan dari teksturnya yang sangat lembut bayi sering di kasih makanan pisang sebagai gizi dan sebagai sumber energi untuk bayi. Tak heran juga jika pisang banyak di gemari oleh banyak orang di karenakan dengan kandungan gizinya yang sangat sangat melimpah dan hampir semua bagian tubuh manusia memerlukan fitamin yang terkandung dalam buah pisang.

Resep Membuat Keripik Pisang Nangka Yang Enak Dan Renyah

Telapi beda dengan halnya pisang yang satu ini iyalah Pisang nangka

Nah pisnag nangka ini sangat populer terutama di Negara kita sendiri di Indonesia dan Malaysia. Rasanya manis, sedikit sepat, dan sedikit asam, dan memiliki aroma yang sangat harum hampir menyerupai aroma buah nangka. Daging buah berwarna kuning sedikit kemerahan dan agak keras.

Kulit buah pisang nangka masih berwarna hijau walaupun sudah matang, serta lebih tebal dari kulit pisang kebanyakan. Akan tetapi, akan berubah menjadi kuning hingga cokelat jika sudah kelewat matang, serta daging buahnya akan lembek. Pohon pisang nangka dapat tumbuh di mana saja, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Hal ini berbeda dengan pisang tanduk, sesama pisang olahan, yang hanya bisa tumbuh dengan optimal di dataran tinggi.

Ukuran pisang nangka rata-rata memiliki panjang 15 cm. Satu tandan umumnya terdapat 7—8 sisir pisang. Satu sisir pisang nangka terdiri atas 14—24 buah. Pisang ini dipanen saat sudah berumur 138 hari setelah tumbuh bunga.

BACA JUGA  Tips menjual atau tukar tambah piano bekas

Buah ini cenderung jarang dinikmati tanpa diolah terlebih dahulu. Tekstur daging buah nangka cenderung kenyal sehingga lebih nikmat apabila diolah terlebih dahulu.

Daging buah pisang nangka dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kripik pisang dan kudapan pisang ape.

Pisang nangka memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis pisang yang lain. Terhitung pada Maret 2019, harga pisang nangka berkisar Rp8.000 per sisir. Bandingkan dengan harga pisang ambon yang mencapai Rp40.000 per sisir atau pisang kepok yang mencapai Rp30.000 per sisir.

 

 

Bahan Bahan:

  • 5 sisir pisang nangka mentah/sesuai selera saja
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • 2 liter minyak

Cara Membuat Keripik Pisang Nangka:

  1. Haluskan bawang putih dan garam lalu tambahkan air secukupnya Kupas pisang lalu rendam d dalam air garam.stelah itu iris tipis menggunakan irisan khusus/ bsa pke pisau biasa.
  2. lebih bagus klo pke pisau khusus dan d iris langsung k dlm minyak panas.
  3. Haluskan bawang putih dan garam lalu tambahkan air secukupnya Kupas pisang lalu rendam d dalam air garam.stelah itu iris tipis menggunakan irisan khusus/ bsa pke pisau biasa.
  4. Dan lebih bagus jika pakai pisau khusus dan d iris langsung k dlm minyak panas.
  5. Lalu jika sudah selesai maka angkat dan tiriskan menggunakan mesin peniris  minyak. dan masukan ke dalam toples atau wadah yang kedap udara

Manfaat pisang nangka:

1.Menambah Darah

BACA JUGA  Cara Membuat Coklat Rumahan yang Enak

Dalam pisang nangka mengandung zat besi tinggi yang sangat penting dikonsumsi untuk penderita anemia. Kandungan zat besi dalam pisang nangka ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala dari anemia bisa diatasi dengan baik.

2.Menjaga Kesehatan Ginjal

Dari sekian banyak buah, segala jenis buah pisang termasuk pisang nangka sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Tidak hanya baik untuk pencegahan, namun untuk penderita gangguan ginjal seperti batu ginjal juga sangat dianjurkan mengkonsumsi pisang nangka

3.Mencegah Kanker Kolorectal

Selain berguna untuk mengatasi sembelit, serat dalam pisang nangka juga bisa memadatkan tinja sekaligus merangsang gerakan peristaltik tubuh yang akan memfasilitasi pergerakan usus lewat saluran usus. Dengan ini, pisang sangat baik dikonsumsi sebagai solusi kangker kolorektal sekaligus menurunkan risiko masalah pencernaan yang tidak sehat.

4. Mengatasi Diabetes

Dalam 1 buah pisang nangka mengandung sekitar 3 gram serat makanan yang sangat berguna untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2. Dengan mengkonsumsi buah pisang nangka, maka penderita diabetes tipe 1 nantinya bisa menurunkan kadar glukosa darah. Sedangkan untuk tipe 2 nantinya bisa meningkatkan kadar glukosa darah.

 

Nah itulah berbagai manfaat dan salah satu olahan dari pisang nangka yang enak terimakasih selamat mencoba!!