Menyulap Barang Bekas Menjadi Prakarya Daur Ulang Yang Mudah

Pada hari yang cerah ini kita akan mengulas tentang ide kreatif prakarya daur ulang yang mudah dan tentunya bisa anda praktekkan dirumah. Mendaur ulang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, selain juga mengurangi polusi sampah, bisa juga sebagai ladang pendapatan dengan mengkreasikan barang sampah yang menumpuk menjadi sebuah barang prakarya yang menarik dan memiliki nilai jual. Berikut merupakan ide kreatif barang prakarya daur ulang yang bisa anda coba dirumah.

Ide Kreatif Prakarya Daur Ulang Dari Barang Bekas

1. Pot Bunga atau Tempat Pensil Dari Botol Bekas

Ide kreatif daur ulang barang bekas sederhana yang ini pasti sudah umum dikenal di masyarakat. Yaitu. botol plastik bekas minuman kemasan yang sering kita temui di sekitar kita bisa dikreasikan menjadi sebuah pot bunga yang cantik atau bisa juga dikreasikan menjadi tempat alat tulis yang aestetik. Untuk membuat pot bunga dari botol kemasan bekas ini, kamu tinggal memotong bagian tengah atau bagian perut botol atau bisa juga di bagian atas botol. Lalu warnai botol dan ditambah hiasan sesuka hati kalian. Pot bunga dari botol plastik ini nantinya bisa menjadi hiasan gantung atau diletakkan di bagian rumah yang diinginkan.

Jika kamu ingin mencoba membuat prakarya lain anda bisa mencoba membuat tempat alat tulis dari botol plastik bekas, caranya bisa dibilang lebih mudah. Anda hanya perlu memotong botol di bagian tengahnya, lalu hias bagian botol yang sudah dipotong dengan cat atau pita. Agar bisa menampung banyak alat tulis, kamu bisa membuat prakarya dari beberapa botol bekas ini sekaligus dan lalu menempel beberapa potongan botol tadi dengan lem serbaguna.

BACA JUGA  Peralatan Warkop Sederhana Serta Fungsi Alatnya

2. Celengan Dari Kaleng Bekas

Sering membeli bahan makanan dalam wadah kaleng? Kemasan kalengnya bisa dimanfaatkan kembali lho. Daur ulang barang bekas sederhana dari kaleng ini sangat membutuhkan ketelitian khusus karena bagian kaleng yang sudah dipotong menghasilkan bekas potongan yang cukup tajam dan bisa melukai tangan.

Kaleng bekas dikreasikan menjadi celengan atau bisa juga dimanfaatkan menjadi wadah bumbu masak. Jika ingin mengkreasikannya menjadi celengan, kamu tinggal membuat lubang kecil seukuran koin dan tutupnya dilapisi kain atau kardus bekas dan mengikatnya dengan pita warna-warni. Bagian luar kaleng bisa dipercantik dengan dicat agar celengan terlihat lebih menarik. Untuk membuat wadah bumbu masak, boleh dilubangi kecil-kecil dulu pada bagian bawah kalengnya agar memiliki sirkulasi udara di dalam kaleng lancar dan bumbu tidak cepat rusak atau busuk karena lembab.

3. Rak Susun Dari Kardus Bekas

Punya banyak sisa kardus bekas yang cukup tebal dan masih kokoh? Kamu bisa coba menyusunnya dan menyulapnya menjadi rak yang berguna. Agar kelihatan lebih menarik, bisa lapisi lebih dulu pada bagian luar kardus dengan ditempeli kertas warna-warni.

4. Sarung Bantal Dari Baju Bekas

Di mana Anda membuang pakaian yang sekarang tidak Anda gunakan? Pakaian yang sudah tidak terpakai biasanya dibagikan kepada orang yang membutuhkan, digunakan sebagai lap dapur, atau dibuang begitu saja di tempat sampah. Kamu bisa berkreasi membuat barang yang berguna yang mudah digunakan kali ini dengan pakaian bekasmu.

BACA JUGA  Keindahan Yang Tersaji Di Danau Rawa Pening Disemarang

Anda dapat membalik pakaian dan kain yang tidak Anda gunakan lagi menjadi sarung bantal. Caranya mudah, kurangi kain ini tetap sama besarnya dengan bantal. Jahit 3 aspek melalui tangan atau mesin jahit. Setelah itu masukkan bantal dan jahit bagian ini tetap terbuka.

5. Pot Bunga Dari Ban Bekas

Jika dulu ban kendaraan bekas Anda ditinggal di dalam bengkel, sekarang saatnya untuk membawanya pulang dan mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat. Daur ulang sederhana barang bekas dengan bahan utama ban bekas kali ini dijamin bikin tampilan rumah kamu cantik dan segar!

Mudah saja, Anda paling efektif ingin mewarnai ban dengan warna pilihan Anda, mengikat satu aspek dan sekarang pegang dan tempelkan ban di dinding. Jika sudah demikian, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi ban dengan tanah dan menanam bunga atau tanaman. Jangan lupa untuk sering menyiramnya agar tanaman tumbuh sehat.

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas dalam artikel prakarya daur ulang yang mudah. Apakah anda tertarik untuk mencoba ide daur ulang seperti yang sudah kita bahas diatas. Daur ulang memang memiliki kesan yang merepotkan, akan tetapi jika anda bisa mentelateni konsep daur ulang ini. Daur ulang bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan.