Peralatan Warkop Sederhana Serta Fungsi Alatnya

Peralatan warkop sederhana – Dengan perkembangan konsumsi produk kopi di era modern serta trend kebiasaan anak muda milenial yang saat ini lebih suka nongkrong sambil ngopi, tentunya merupakan peluang yang bagus dalam memulai bisnis cafe. Dalam membuka cafe tentu memerlukan berbagai peralatan kopi.

Sebelum memulai usaha warkop, terdapat berbagai macam hal yang perlu kalian perhatikan dan persiapkan. Sebagai seorang pengusaha yang sedang merintis suatu usaha, bisa jadi pekerjaan kalian tidaklah mudah bahkan kalian bisa saja bekerja lebih lama dari yang lainnya.

Saat memulai usaha kedai kopi, jika kalian tidak mempunyai modal yang besar, lebih baik kalian bisa memulai dalam skala besar dan bertahap. Pikirkan konsep dari segi minuman, ruang, ataupun metode pemasaran kalian.

Dan tentunya, dalam membuka warkop diperlukan peralatan dasar cafe. Nah, apa saja peralatannya.

Peralatan Cafe Dasar yang Dibutuhkan Warkop Sederhana

Dengan peralatan dasar ini tentunya dapat mendukung operasional warkop kalian. Jadi apa saja peralatan cafe tersebut? Simak yuk di bawah ini.

1. Mesin Penggiling Kopi

Peralatan Warkop Sederhana

Coffee grinder merupakan salah satu alat yang paling utama dalam mengolah biji kopi untuk menjadi minuman kopi yang berkualitas.

Mesin penggiling kopi sangatlah dibutuhkan apalagi jika kalian mengolah kopi mulai dari bijinya. Dari proses penggilingan yang tepat dan sempurna maka dapat mempengaruhi kesempurnaan dari cita rasa minuman kopi yang dihasilkan.

BACA JUGA  Inilah Cara Membuat Telur Dadar Padang Enak Super Lezat

2. Drip Coffee Maker

Peralatan Warkop Sederhana

Jika metode pengolah kopi kalian menggunakan metode drip, maka untuk mempermudah dan mempercepat proses pengolahan ekstrak biji kopi menjadi minuman kopi yaitu kalian membutuhkan Drip Coffee Maker. Bagi kalian yang mau tahu tentang berapa modal membuka coffee shop bisa klik link ini dan juga cara membuka usaha coffee shop.

Alat yang satu ini banyak dipilih dikarenakan harganya lebih terjangkau serta pemeliharaannya bisa dibilang mudah dan harganya pun murah. Sebagian besar drip coffee maker modern juga telah sepenuhnya otomatis, sehingga dapat membantu kalian dalam menghemat waktu dalam melayani pelanggan kalian.

3. Coffee Dripper

Apabila kalian ingin menggunakan metode manual serving, kalian bisa menggunakan Coffee Dripper untuk mengkestrak bubuk kopi menjadi minuman kopi yang sempurna.

Kalian bisa membeli paket V60 Coffee Dripper Server di pasaran yang harganya cukup ekonomis.

4. Espresso Maker

Bila kalian memasukan menu espresso maka kalian juga memerlukan Espresso Maker. Ada berbagai macam jenis alat espresso mulai dari yang manual dan otomatis.

Untuk yang manual kalian bisa menggunakan Flair Espresso ataupun Rok Presso. Sedangkan jika kalian ingin yang automatis bisa menggunakan Breville, Nespresso dan masih banyak merk lain, sesuaikan dengan dana dan kebutuhan kalian.

5. Electric Kettle

Electric Kettle mempunyai fungsi untuk memanaskan/menghangatkan air sehingga dapat kalian gunakan untuk menyeduh kopi. Selain air, ceret ini juga dapat digunakan dalam menghangatkan susu dan ekstrak kopi.

BACA JUGA  Fungsi Vacuum Sealer Dan Cara Pemakaiannya

6. Milk Frother

Apabila kalian menyajikan latte atau kopi susu, maka mungkin peralatan ini bisa membantu kalian. Milk Frother berguna sebagai membentuk foam/busa susu yang berguna sebagai bahan pembuat latte.

7. Jug

Selain berguna sebagai wadah, jug juga mempunyai fungsi utama sebagai alat takar. Dengan begitu, kalian bisa dengan mudah mengatur besaran/ takaran tiap-tiap komposi kopi maupun susu untuk minuman yang kalian buat.

8. Blender

Saat ini warkop tidak hanya menyediakan minuman kopi saja, melainkan lebih ke menu kopi yang di campur dengan berbagai minuman lain. Seperti jus alpukat yang sekarang sering dijadikan campuran minuman kopi.

Dan itulah dia pembahasan tentang peralatan warkop sederhana, semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu  kalian dalam menjalankan usaha warkop yang sederhana. Bagi kalian yang mau mampir ke artikel saya yang lain bisa klik link ini mesin kopi Semoga bermanfaat!.