Peluang Usaha Burger Mini Yang Menguntungkan

Peluang usaha Burger mini, sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha murah yang dapat kamu lakukan disekitar lingkunganmu. Cukup kamu mulai dari apa yang belum ada dan siap diterima oleh pasar di sekitar kamu. Dan pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas mengenai bisnis burger mini sebagai satu contoh peluang usaha yang dapat Anda mulai dengan modal minim namun dengan potensi yang dijanjikan.

Peluang Usaha Burger mini

Ada apa dengan burger mini? Di negara asalnya Amerika, makanan ini memang ditasbihkan sebagai makanan utama yang mereka konsumsi setiap hari. Kerap dijadikan sebagai menu di saat makan siang ataupun malam. Tetapi hal tersebut tidak akan selamanya terjadi di masyarakat Indonesia.

Apapun makanannya dan seberapa mengenyangkannya makanan itu, burger dianggap sebagai makanan tambahan atau camilan, karena orang Indonesia secara umum terbiasa menjadikan nasi sebagai makanan sehari.

Peluang usaha rumahan yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Kamu hanya butuh modal beberapa ratus ribu rupiah saja untuk dijadikan sebagai dana bahan baku dan pembuatannya.

Kemudian untuk promosi, jika rumah kamu tidak memiliki lokasi yang strategis kamu juga bisa menawarkan burger mini buatan kamu di media sosial seperti WhatsApp, Instagram atau media sosial lainnya.

Tapi kalau kamu ingin membuat spanduk untuk menjadi plakat informasi produk yang Anda jual dirumah sih, boleh juga. Agar usaha yang Anda jalankan berhasil dan tidak stagnan, pastikan Anda mempelajari juga tips trik memilih usaha yang cocok untuk Anda.

BACA JUGA  Tips menjual atau tukar tambah piano bekas

Dengan menggunakan media promosi, Anda tentu dapat menghemat biaya untuk menyewakan toko di awal usaha Anda dan menghemat biaya promosi juga karena Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk membuat brosur atau spanduk.

Sementara untuk kamu yang sudah yakin untuk memulai usaha rumah burger mini, kamu bisa mulai belajar kamu tentang resep pembuatannya. Untuk membuat burger mini, kamu perlu bahan roti dan bahan daging burgernya.

Analisis Usaha Burger Mini

peluang-usaha-burger-mini

Untuk analisis lebih lanjut, menggunakan analisis swot agar lebih mudah :

Kekuatan (Kekuatan)

  1. diambil oleh semua orang
  2. Makanan kekinian
  3. Tidak mudah bosan apabila di konsumsi
  4. Target pasar yang luas
  5. Rasa yang enak dan bervariasi
  6. Pembuatan yang praktis dan ekonomis

Lemah (Kelemahan)

  • Termasuk makanan junk food sehingga orang cenderung makan pada saat tertentu saja.

Kesempatan (Kesempatan)

  • Karena disukai banyak kalangan, maka peluang mendapatkan pelanggan dan keuntungan menjadi lebih mudah.

Ancaman (Ancaman)

  • Salah satu usaha makanan yang paling banyak pesaingnya, sehingga harus mencari lokasi dan menerapkan strategi pemasaran yang baik agar dapat menarik pelanggan.
  • Lokasi harus di sekitar pusat kota untuk mendapatkan pengunjung, jika di desa, masyarakat cenderung tidak berminat.
BACA JUGA  Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Keren untuk Menunjang Pasar

Itu dia analisa swot makanan burger. Setelah melihat analisis tersebut, apakah Anda yakin ingin membuka usaha burger mini atau malah mundur jauh ?

Jika kamu yakin dan ingin membuka usaha tersebut, maka sekarang akan membahas persiapan membuka usaha burger mini dengan budget minim :

Tempat Persiapan

  • Tentukan tempat usaha yang seperti apa, contohnya gerai atau booth container (disarankan)

Harga : Rp.2.000.000

Alat Pendukung

  • Kompor
  • Gas
  • Talenan
  • Sudip
  • dll

Bahan-Bahan Makanan :

  1. Roti Burger Mini : Rp.10.000/1 roti
  2. Daging ayam diberi tepung panir lalu digoreng ( 3 kg daging dan 1 bungkus tepung panir 500 gr ): Rp.92.000
  3. Timun (1 kg) : Rp.12.000
  4. Tomat (1 Kg) : Rp. 8000
  5. Selada (1 Kg) : Rp.6000
  6. Mayonais (1 Kg) : Rp.27.000
  7. Saus tomat/ saus pedas : Rp.11.000
  8. telur
  9. dll

Jumlah Total modal : Tempat + Alat Pendukung + Bahan Makanan = Rp.2.000.000 + Rp.500.000 + Rp.173.000 + Rp.50.000 = Rp.2.723.000

Hanya bermodalkan 2 jutaan kamu sudah bisa membuka usaha burger mini.

Untuk keuntungan bersih, kamu bisa menggunakan rumus keuntungan/keuntungan bersih x 100.