Peluang Bisnis Minyak Atsiri yang Menguntungkan dan Bisa Berkembang!

Peluang bisnis. Ada banyak bisnis dengan berbagai macam jenis yang bisa kita semua tekuni. Ada yang menekuni bisnis di bidang kuliner, perkebunan, kesehatan, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang sedang mencari dan mencoba suatu bisnis, peluang bisnis minyak atsiri bisa kamu coba dan jalani. Mungkin beberapa dari kamu masih belum mengerti tentang minyak atsiri, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan di bawah ini

Minyak Atsiri

peluang bisnis minyak atsiri

Minyak atsiri atau bisa juga disebut sebagai minyak esensial adalah senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuh – tumbuhan dan didapatkan melalui proses distilasi atau penyulingan. Bagian tumbuh – tumbuhan yang bisa diekstrak bisa berupa kelopak bunga, kulit kayu, daun, biji, hingga akar nya.

Minyak atsiri atau bisa juga disebut dengan minyak esensial ini juga memilki berbagai macam jenis. Jenis – jenis dari minyak atsiri ini juga memiliki manfaat yang beragam pula. Beberapa jenis minyak atsiri diantaranya bisa disebutkan sebagai berikut :

  • Peppermint
  • Lavender
  • Jahe
  • Eukaliptus
  • Lemon dan jeruk purut
  • Sereh
  • Kunyit
  • Hamomile
  • Cedarwood
  • Mugwort
  • Kayu cendana, dan masih bayakyang lainnya

Dari yang di sebutkan di atas kita bisa tahu bahwa ada beragam jenis minyak atsiri. Minyak atsiri sendiri mempunyai manfaat yang bisa rasakan kegunaannya bagi tubuh.

Hal yang paling sering dimanfaatkan dari mesin ini adalah untuk relaksasi. Minyak atsiri cenderung mengeluarkan aroma yang menenangkan dan biasa digunakan untuk relaksasi.

Peluang Bisnis Minyak Atsiri

Minyak atsiri. Seperti yang sudah di bahas di atas, minyak atsiri mempunyai beragam jenis dan punya manfaat yang berbeda. Dari sini kita bisa tahu bahwa minyak ini bisa dijadikan sebegai peluan bisnis. Peluang bisnis minyak atsiri terbilang cukup luas karena bisa mencakup pasar luar negeri.

BACA JUGA  Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak!

Bagi kamu yang belum tahu, sebenarnya negara kita Indonesia merupakan salah satu produsen utama minyak atsiri dunia. Sebanyak 85% kebutuhan minyak atsiri yang ada di dunia dipasok dari negara Indonesia. Negeri kita ini menyimpan potensi dan peluang bisnis yang sangat besar untuk industri minyak atsiri.

Dari 80 jenis minyak atsiri yang selama ini sudah diperdagangkan di pasar internasional, 40 jenis di antaranya diproduksi di negara kita Indonesia. Dan bukan hanya itu, dari jumlah tersebut, 13 jenis telah memasuki pasar atsiri dunia, diantaranya yaitu nilam, serai wangi, cengkeh, jahe, pala, cendana, melati, akar wangi, lada, kayu manis, kenanga, kayu putih dan kemukus.

Dari yang disebutkan tadi, tanaman serai wangi di dalam dunia perdagangan dikenal dua tipe minyak serai wangi, yaitu tipe Ceylon dan tipe Jawa (Indonesia). Mutu minyak atsiri serai wangi tipe Ceylon tidak bisa menyaingi dan menandingi mutu tipe Jawa.

Bukan hanya jenis serai wangi, komoditas minyak atsiri yang paling laris manis selanjutnya adalah minyak atsiri dari nilam. Saat ini harga minyak atsiri nilam berkualitas baik berkisar pada angka Rp. 400.000 per kg-nya. Sementara harga bahan baku nilam segar berkisar Rp. 1.000/kg. Di mana untuk 1 ha lahan nilam rata-rata bisa menghasilkan kurang lebihnya 25 ton nilam basah.

Pengembangan Bisnis

peluang bisnis minyak atsiri

Selain dijadikan minyak atsiri bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar sabun, obat anti nyamuk, pestisida bahkan bahan dasar bio additif, yang bisa berguna untuk penghemat bahan bakar kendaraan.

BACA JUGA  Cara Membuat Kue Kelapa Kukus Enak Gurih Dan Manis

Tak hanya itu, limbah dari minyak atsiri bisa dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak dan pupuk organik. Selanjutnya, limbah padat berupa ampas daunnya bisa digunakan sebagai pupuk berbagai tanaman. Sementara itu, untuk limbah cair (berupa sisa air bekas penyulingan minyak atsiri) sedang diteliti untuk dijadikan aroma terapi atau spa.

Pengembangan tanaman serai wangi dan peluang bisnis minyak atsiri ini jelas memiliki nilai dan dampak positif yang sangat tinggi. Karena bukan hanya sekedar pengembangan di bidang pertanian, namun juga turut mengentaskan kemiskinan yang ada di pelosok Indonesia.

Kita sebut saja, jika dalam sebulan bisnis ini mampu menghasilkan 150 kilogram hingga 200 kilogram. Produksi minyak atsiri ini jelas sangat meningkatkan pendapatan, dan menekan angka kemiskinan yang ada.

Pengembangan pengolahan minyak atsiri di daerah pedesaan tentu saja bisa menjadi langkah strategis dalam memacu pertumbuhan perekonomian daerah, selain bisa meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan nilai tambah dan daya saing, juga meningkatkan pendapatan petani tanaman penghasil minyak atsiri.

Mesin yang digunakan untuk penyulingan minyak ini juga tidak sulit didapatkan. Dengan mesin penyulingan minyak bisa membantu kamu dalam mengesplor lebih jauh peluang bisnis ini.

Untuk itu kamu bisa terus mempelajari apa saja peluang yang bisa di gali dari minyak atsiri ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari tahu lebih banyak tentang minyak atsiri. Semoga Bermanfaat!