Olahan Makanan dari Kelapa Parut yang Ada di Indonesia

Olahan Makanan dari Kelapa Parut – Berbicara tentang makanan atau jajanan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Setiap daerah memiliki makanan khas yang unik dan lezat. Tidak mengherankan bila mengingat Indonesia pada umumnya kaya akan sumber daya alam seperti kelapa yang nantinya dapat dibuat menjadi kelapa parut.

Kelapa parut adalah bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk membuat sate, gado-gado, dan banyak lagi. Namun saat ini semakin sedikit orang yang memproduksi dan menjual kelapa tradisional. padahal yang berbahan dasar kelapa sangat menguntungkan jika dijual.

Oleh karena itu saya menawarkan produk olahan olahan yang sedang populer dan bisa dijadikan ide untuk menjual kelapa olahan kepada anda.

Olahan Makanan dari Kelapa Parut

Ada banyak olahan makanan lain yang bisa dibuat dari kelapa parut. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Serundeng

Serundeng adalah makanan ringan yang terbuat dari kelapa parut yang diolah dengan bumbu dan rempah-rempah. Biasanya dihidangkan sebagai lauk atau topping nasi. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama-tama, tumis bawang putih, bawang merah, cabai, dan garam hingga harum. Selanjutnya, tambahkan kelapa parut dan aduk rata. Panggang di atas api kecil sambil terus diaduk hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan.

2. Sambal Kelapa

Sambal kelapa adalah sambal khas dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah. Biasanya disajikan bersama nasi liwet atau nasi uduk. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, blender cabe merah, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula hingga halus. Selanjutnya, tambahkan kelapa parut dan aduk rata. Tumis campuran tersebut hingga matang.

BACA JUGA  Pesan Balon Gate Untuk Acara Lomba Lari Area Jakarta¬†

3. Opor Ayam

Opor ayam adalah masakan khas dari daerah Jawa yang terbuat dari ayam yang diolah dengan bumbu rempah-rempah dan santan. Kelapa parut digunakan sebagai bahan untuk membuat santan. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, tumis bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan lengkuas hingga harum. Selanjutnya, tambahkan ayam dan aduk rata. Tambahkan air dan santan, lalu masak hingga ayam matang.

4. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda adalah minuman segar yang terbuat dari kelapa muda yang diparut dan dicampur dengan sirup atau gula. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, parut kelapa muda dan tambahkan gula secukupnya. Adonan kelapa ini kemudian ditaruh dalam mangkuk dan diberi es serut. Sirup bisa ditambahkan sesuai selera.

5. Kue Lumpur Kelapa

Kue lumpur kelapa adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, gula merah, dan santan. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, campurkan tepung ketan, kelapa parut, dan santan dalam wadah yang berbeda. Selanjutnya, cairkan gula merah dan masak hingga mendidih. Setelah itu, campurkan semua bahan dan aduk rata. Kue dicetak ke dalam loyang dan dipanggang hingga matang.

BACA JUGA  5 Menara Jam Bersejarah Dari Seluruh Dunia

6. Tempura udang kelapa

Anda bisa melakukan hal yang sama dengan udang di sini. Bersihkan udang yang sudah dimasak secara menyeluruh lalu celupkan ke dalam tepung kering. Celupkan kembali ke mangkuk lain dengan campuran tepung berbumbu dan telur.

Terakhir, lumuri dengan campuran tepung panko dan kelapa parut. Goreng dalam minyak panas hingga semua permukaan matang. Jadi, tempura udang kelapa, restoran sushi ala sushi.

7. Macaroon kelapa

Biasa digunakan sebagai bahan kue dan kue kering, kali ini Anda bisa menggunakan serpihan kelapa untuk membuat makaroni. Untuk menyiapkannya, krim manis, ekstrak vanila, dan sedikit garam dicampur dengan parutan kelapa. Kemudian masukkan putih telur yang sudah dikocok kaku.

Setelah tercampur rata, yang harus Anda lakukan adalah menekannya ke atas loyang datar dengan es krim. Panggang hingga matang sempurna. Makaroni kelapa manisnya pas, tidak bikin sakit. Anda bisa menambahkan dark chocolate ganache untuk menambah kenikmatan.

Tentunya apabila ingin mamarut kelapa. Anda bisa memarut kelapa dengan Mesin Parut Kelapa yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan campuran pada makanan. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.