Jenis dan Bahan Stiker yang Digunakan Stiker Decal dengan Cutting Sticker

Bahan atau material yang paling sering digunakan dalam membuat cetakan stiker decal adalah vinyl. Berikut merupakan beberapa jenis material vinyl yang umum dipakai:

Calendared Vinyl

Material yang satu ini paling sering digunakan untuk membuat stiker decal. Karakteristiknya lebih tebal dan kaku sehingga ketahanannya juga lebih lama. Hasil cetakan calendared vinyl bisa ditempelkan di atas permukaan yang rata, seperti lantai, jendela, dinding, dan lainnya.

Cast Vinyl

Selain calendared vinyl, cast vinyl juga merupakan material stiker decal yang juga sering digunakan. Memiliki ciri khas tipis dan sangat fleksibel, tetapi aman untuk pemakaian selama bertahun-tahun.

Metallic Vinyl

Sekilas metallic vinyl mirip dengan bahan vinyl standar, tetapi jika diperhatikan permukaannya terlihat berkilauan. Nah, bahan yang mengilap ini mengikuti efek reflektif pada logam, seperti pada perak atau emas. Metallic vinyl sangat cocok untuk memberikan kesan eksklusif dan canggih.

Reflective Vinyl

Vinyl yang ini dapat memberikan efek menyala apabila terkena pantulan cahaya. Maka dari itu, material ini sangat cocok dipilih jika anda ingin benda yang ditempeli stiker ini dapat terlihat ketika malam hari. Ketahanan reflective vinyl puns lama, yakni bisa tahan hingga 5 tahun.

Fluorescent Vinyl

Material yang satu ini hadir dalam pilihan warna yang cerah dan menonjol, sehingga mampu menarik perhatian. Oleh karena itu, material ini sering digunakan untuk ditempelkan pada rambu atau peringatan di pinggir jalan karena bisa terlihat pada saat malam hati.

Iridescent Vinyl

Material yang juga disebut dengan decal holografik ini dapat menampilkan warna yang akan menunjukkan tampilan berbeda apabila dilihat dari sudut pandang berbeda. Oleh sebab itu, material ini tepat dipilih jika anda ingin memberikan nilai tambah pada desain produk anda.

BACA JUGA  Hot News! Charcoal Briquettes Indonesia has High-Quality Export

Carbon Fiber Vinyl

Bahan carbon fiber vinyl dapat memberikan kesan yang terlihat seperti serat karbon yang asli, tetapi punya ukuran yang lebih ringan. Selain itu, bahan ini juga dapat memantulkan cahaya.

Aplikasi Penggunaan 

Ada dua metode yang dapat digunakan saat mengaplikasikan stiker decal, yaitu dengan cara keringdan cara basah. Berikut penjelasan masing-masing caranya

Cara Kering

Langkah-langkah memasang stiker decal dengan cara kering adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan permukaan benda yang akan ditempeli stiker hingga benar-benar bersih. Apabila masih ada sisa kotoran atau noda yang tidak tuntas, maka stiker tidak akan bisa menempel dengan sempurna.
  • Kelupas bagian bawah/belakang stiker. Jangan mengelupas semuanya baru ditempelkan, tetapi kelupas sedikit pada bagian tertentu (misalnya pojok kanan atas).
  • Posisikan stiker pada benda yang akan ditempel. Apabila benda tersebut tinggi dan susah dijangkau, gunakan alat untuk membantu anda naik seperti tangga atau undakan. Tempelkan secara perlahan.
  • Setelah berhasil menempel, gunakan tangan untuk meratakan stiker. Anda juga bisa menggunakan benda lain untuk meratakannya. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin masih tersisa di balik stiker.

 

Cara Basah

Langkah-langkah memasang stiker decal dengan cara basah adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan permukaan benda yang akan ditempeli stiker hingga benar-benar bersih. Apabila masih ada sisa kotoran atau noda yang tidak tuntas, maka stiker tidak akan bisa menempel dengan sempurna.
  • Buat larutan khusus dengan mencampur 3 tetes sabun cuci dengan air air. Campur dan masukkan ke dalam botol penyemprot.
  • Kelupas bagian bawah/belakang stiker. Dengan metode ini, anda bisa langsung mengelupasnya secara keseluruhan
  • Semprot bagian depan dan bagian belakang stiker dengan larutan tadi. Semprot secukupnya saja. Jangan menyemprot terlalu banyak atau bahkan merendamnya dalam air karena akan merusak stiker. Cara ini akan membuat stiker mudah digeser apabila sudah terlanjur menempel di atas permukaan benda.
  • Tempelkan stiker pada permukaan benda yang akan ditempel. Tempelkan dengan hati-hati.
  • Tekan-tekan stiker untuk memastikannya menempel sempurna. Anda bisa memulai dari bagian tengah stiker lalu berlanjut ke seluruh bagian. Lakukan secara perlahan.
  • Gunakan spons/kanebo untuk meratakannya kembali hingga benar-benar tidak ada sisa gelembung udara di bawah stiker.

    Metode Pembuatan Stiker 

    Apabila anda tertarik untuk membuat stiker decal, berikut cara-cara yang dilakukan dalam pembuatannya:

    • Siapkan gambar yang ingin dibuat menjadtiker decal. Anda bisa men-scan gambar jadi atau mendesainnya sendiri. Pastikan gambar/desain yang anda buat memiliki resolusi tinggi yaitu minimal 300dpi.
    • Edit gambar digital tadi menggunakan komputer sesuai dengan tampilan/ukuran yang anda inginkan.
    • Letakkan kertas vinyl pada mesin printer. Pastikan posisinya sudah benar. Kemudian cetak.
    • Untuk membuat hasil cetakan anda awet, tambahkan laminasi pada permukaan cetakan.
    • Gunting stiker decal yang sudah jadi mengikuti polanya, lalu aplikasikan pada benda yang anda inginkan.
BACA JUGA  Resep Sayur Lodeh Daun Melinjo Yang Enak Dan Mudah Dibuat