Yuk Simak, Manfaat Minyak Atsiri Yang Belum Banyak Diketahui!

Minyak atsiri. Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai kekayaan sumber daya alam melimpah ruah. Dari alamnya kita bisa memanfaatkannya menjadi hal yang bermanfaat. Ada banyak olahan dari bahan alam yang ada di Indonesia, salah satu diantaranya adalah minyak atsiri. Ada banyak manfaat minyak atsiri yang belum banyak diketahui. Kamu sendiri sudah tahu belum manfaat dari minyak ini? Supaya kita semua tahu dan paham, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini

Pengertian

manfaat minyak atsiri

 

Minyak atsiri atau yang juga dikenal sebagai minyak esensial adalah senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan didapatkan melalui proses distilasi atau penyulingan. Bagian – bagian tumbuhan yang bisa diekstrak dapat berupa kelopak bunga, kulit kayu, daun, biji, hingga akar nya.

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aromaterapi. Nah, aroma harum pada produk aromaterapi ini bersumber dari minyak atsiri atau bisa dikenal juga dengan sebutan essential oil. Selain mempunyai aroma yang harum, minyak atsiri juga mengandung beragam manfaat yang baik untuk kita dan salah satu manfaat itu untuk relaksasi tubuh.

Bukan hanya dikenal dengan berbagai manfaat, minyak atsiri atau minyak esensial ini juga memilki banyak jenis. Jenis – jenis dari minyak atsiri ini juga memiliki manfaat yang berbeda pula. Beberapa jenis minyak atsiri diantaranya sebagai berikut :

  • Peppermint
  • Lavender
  • Jahe
  • Eukaliptus
  • Lemon dan jeruk purut
  • Sereh
  • Kunyit
  • Hamomile
  • Cedarwood
  • Mugwort
  • Kayu cendana, dan masih bayak lagi
BACA JUGA  Cara Membuat Roti Maryam Khas India

Manfaat Minyak Atsiri

Seperti yang di sebutkan di atas ada berbagai jenis minyak atsiri. Selain ada berbagai jenis minyak atsiri juga memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat itu di antaranya untuk meningkatkan energi dan mood seperti dalam minyak atsiri peppermint.

Selain itu di minyak atsiri lavender bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak dan meredakan nyeri, minyak atsiri jahe untuk meredakan mual.

Eukaliptus, untuk meredakan hidung yang tersumbat dan sakit kepala, serta lemon dan jeruk purut, untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Minyak atsiri serehbisa bermanfaat sebagai pengusir nyamuk dan pengharum ruangan

Bukan hanya itu, beberapa minyak atsiri yang berasal dari cedarwood, mugwort, chamomile, kayu cendana, vanila, atau berbagai macam jenis bunga, seperti diantaranya melati, mawar, dan kenanga, juga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk merelaksasi tubuh penggunanya.

Saat aromaterapi di hirup, molekul aroma yang ada dari minyak atsiri akan keluar dan merangsang saraf – saraf penghirup di hidung. Setelah itu, saraf tersebut dapat mengirim pesan ke bagian otak yang dapat mengatur emosi dan pikiran kita, yaitu yang disebut amigdala.

Proses di atas lah yang diduga berpengaruh pada cara kerja aromaterapi ketika merelaksasi tubuh dan pikiran kita.

BACA JUGA  Pesan Nasi Kebuli di Bekasi Barat Recomended !!

Beberapa riset yang dilakukan pun menunjukkan bahwa kegunaan minyak atsiri juga terlihat dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran, meringankan gejala depresi, meredakan rasa cemas, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi rasa mual pada penderita kanker yang akan menjalani pengobatan kemoterapi.

Namun, sampai saat ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan, efektivitas, dan manfaat minyak atsiri secara umum bagi kesehatan tubuh penggunanya.

Mesin Penyulingan Minyak Atsiri Kapasitas Kecil Terbaru 2022

Setelah mengetahui manfaat minyak ini ada baiknya kita mengetahui apa mesin yang bisa membantu dalam pembuatan minyak atsiri. Mesin Penyulingan Minyak Atsiri Kapasitas Kecil Terbaru 2022 bisa menjadi mesin yang membantu dalam proses penyulingan minyak atsiri.

a. Kapasitas mesin penyulingan (50-100 liter)

Kapasitas : 50-100 liter
Pipa dari boiler : Stainless Steel Ø 1”
Bahan bodi : Stainless Steel SC 304
Dimeter tabung : 50cm
Tinggi tabung : 60cm
Tebal bodi : 2 mm
Insulator : Double jacket glass wool
Bahan rangka : besi siku 50/50
Fungsi : Destilasi minyak cengkeh