Berbagai Macam Manfaat Buah Kakao untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kakao – Tidak semua jenis kakao bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Hanya kakao murni atau coklat hitam yang baik untuk dikonsumsi, bukan kakao yang sudah diberi perasa tambahan atau diberi bahan lainnya. Semakin pahit dan hitam coklat, maka semakin banyak manfaatnya untuk tubuh.

Nah, berikut ini ialah beberapa manfaat kakao yang bisa Anda peroleh:

Manfaat Buah Kakao

1. Menurunkan tekanan darah

Kakao murni atau coklat hitam dipercaya baik untukĀ  dikonsumsi jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Manfaat tersebut diduga karena berasal dari senyawa nitrogen oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah.

Manfaat ini juga didukung oleh penelitian yang mengungkapkan jika mengonsumsi coklat hitam selama 2 sampai 8 minggu secara berturut-turut bisa menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Perannya untuk penurun tekanan darah membuat kakao juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Selain nitrogen oksida, manfaat ini juga berasal dari kandungan antioksidan flavanoid yang ada pada kakao.

3. Menambah stamina

Kakao murni adalah sumber kalori yang baik, sehingga dapat memberikan tambahan stamina dan membuat Anda lebih berenergi saat sedang menjalani aktivitas. Kakao juga di dalamnya mengandung kafein yang dikenal sebagai stimulan alami yang dapat membuat Anda tetap fokus dan terus terjaga.

manfaat buah kakao

4. Mencegah pikun dan memelihara fungsi otak

Pikun umumnya terjadi ketika sudah lansia. Sebuah penelitian mengungkapkan jika antioksidan flavanoid yang terkandung di dalam kakao bisa memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang yang sudah lanjut usia.

BACA JUGA  Rekomendasi Anime Terbaik Mirip Youjo Senki

Efek ini diduga dipengaruhi oleh manfaat kakao yang bisa melancarkan aliran darah ke otak serta mengurangi dampak kerusakan sel otak diakibatkan oleh pertambahan usia.

5. Memperbaiki suasana hati (mood)

Senyawa theobromine dan kafein yang terkandung di dalam kakao bisa memengaruhi suasana hati menjadi lebih positif serta dapat meningkatkan rasa waspada.

Tidak hanya itu saja, zat aktif phenethylamine di dalam kakao juga bisa meningkatkan produksi endorfin, yaitu senyawa kimia di dalam otak yang berperan dalam melawan stres serta mengatasi perasaan murung.

6. Memiliki sifat antikanker

Kakao mengandung antioksidan yang tinggi serta bersifat antiradang. Berkat kandungan dan sifatnya itu, kakao dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh serta menangkal efek kerusakan sel, maka risiko terkena kanker pun bisa berkurang.

7. Mengendalikan gejala asma

Bubuk kakao murni dipercaya bisa mengurangi kambuhnya gejala pada penderita penyakit asma. Manfaat ini berasal dari senyawa theobromine serta theophylline yang bisa melebarkan saluran napas, maka dapat mengurangi gejala asma.

8. Memperlambat penuaan pada kulit

Kakao mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu saja, senyawa kimia yang bersifat antioksidan dan antiradang juga bisa melancarkan aliran darah ke kulit.

BACA JUGA  Informasi Biaya Sedot Wc Di Kota Anda

Efek ini diduga berperan di dalam memperlambat kerusakan jaringan kulit akibat terkena paparan sinar matahari dan memperlambat penuaan yang terjadi pada kulit. Meski dengan demikian, konsumsinya pun sangat perlu dibatasi, karena sebuah penelitian mengungkapkan jika konsumsi coklat jangka panjang justru bisa memicu dan memperburuk jerawat.

Manfaat Kakao untuk Kecantikan Kulit

1. Memulihkan Kondisi Kulit

Rutin mengunakan kosmetik yang mempunyai kandungan cocoa butter diyakini dapat mengembalikan kesehatan kulit Anda. Kandungan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, seng, zat besi, dan lain-lain yang dimiliki oleh cocoa butter diyakini dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kulit akibat pengaruh buruk dari lingkungan, kurang jam tidur, serta stres.

2.Mencegah gurat-gurat kulit

Guratan-guratan pada kulit karena peregangan (stretch marks) menjadi permasalahan kulit yang dialami pascamelahirkan atau mereka dengan berat badan berlebih atau disebut dengan obesitas. Cocoa butter dengan kemampuan menjaga kelembaban kulit diyakini bisa munculnya stretch marks.

4. Meredakan ruam dan luka bakar

5. Mengusir kantung mata

6. Mengobati bibir pecah-pecah

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Kakao, untuk Anda yang ingin membuat dijadikan coklat bisa menggunakan Mesin Pembuat Coklat dari Kakao