Makanan Tahan Lama

Makanan Tahan Lama – Bagi anak kost, menu buka puasa bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, lain cerita jika harus memikirkan menu sahur. Menemukan menu makan menjadi tantangan tersendiri bagi anak kos. Pergi keluar mencari makan di pagi hari sangat malas untuk dilakukan.

Pada saat kita membuat makanan, mungkin akan dihabiskan pada hari yang sama rata-rata. Hal ini dikarenakan beberapa makanan tersebut tidak bertahan lama. Namun, memasak makanan setiap hari tentu membuat kita lelah dan malah semakin boros.

Oleh karena itu, solusi terbaik adalah membuat makanan yang bisa bertahan lama. Selain hemat dari segi pengeluaran, makanan tahan lama ini juga praktis. Anda hanya perlu menyimpannya di lemari es dan tetap hangat saat Anda ingin memakannya. Apalagi jika Anda sangat sibuk, maka jenis makanan tahan lama ini sangat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa makanan yang mudah rusak yang bisa Anda simpan di kamar kost Anda.

makanan tahan lama

1. Abon

diparut merupakan lauk pauk yang tahan lama, bahkan bisa memakan waktu berminggu-minggu. Umumnya, abon sapi dibuat dari dimasak hingga kering. Namun, belakangan ini, abon dibuat dari bahan yang cukup beragam, seperti ayam, ikan, dan udang. Abon pasti menjadi salah satu lauk pauk yang disimpan selama bulan Ramadhan. Selain awet, abon daging ini enak disantap dengan nasi hangat.

2. Ikan Teri Kering Medan

Rasa pedas, asin, manis dan gurih membuat ikan teri kering sangat digemari. Biasanya ikan teri kering diolah kering dengan kacang goreng. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat plus semur sayur. Dengan itu saja, Anda sudah mendapatkan menu sahur yang bergizi.

BACA JUGA  Cara Memilih Pelatihan Bahasa Inggris Yang Bagus

3. Tempe kering

Makanan mudah busuk selanjutnya adalah tempe kering. Siapa yang bisa menolak tempe kering renyah? Jika diolah dengan benar dan benar-benar renyah, tempe kering bisa menjadi alternatif lauk pauk yang tahan lama dan disimpan tanpa perlu suhu dingin di lemari es. Biasanya kunci agar tempe kering tahan lama adalah dengan menghindari penggunaan air, alih-alih menggunakan minyak. Tempe akan digoreng terlebih dahulu hingga setengah matang, kemudian ditumis kembali dengan bumbu yang meliputi gula merah, cabai, dan bawang putih.

4. Rendang

Orang Minang mengandalkan rendang sebagai lauk yang tahan lama. Terkadang, setelah satu atau dua kali dihangatkan, rasa rendang justru lebih nikmat. Sebaiknya pilih rendang yang benar-benar kering atau lapisannya hampir kehitaman. Rendang juga cukup disimpan dalam wadah tertutup rapat dan dihangatkan sebagian jika ingin disantap.

5. Serundeng

Serundeng terdapat pada ayam goreng atau olahan daging sapi. Namun, sebenarnya serundeng bisa dijadikan lauk tersendiri. Serundeng terbuat dari kelapa parut kering dengan bumbu seperti bawang merah, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan daun salam. Serundeng bisa menjadi pilihan makanan yang tahan lama. Hidangan ini tidak perlu didinginkan, tetapi cukup dimasukkan ke dalam wadah tertutup kedap udara agar tetap segar dan renyah

6. Telur balado

Salah satu makanan yang cukup tahan lama yaitu telur balado. Pada dasarnya, telur adalah salah satu bahan pokok yang harus ada di rumah. Itu karena telur sering menjadi penyelamat saat bingung mau makan apa. Agar tidak terlihat membosankan, telur bisa dibuat dengan berbagai cara dan salah satunya adalah telur balado. Agar lebih awet, pisahkan telur dari sambal balado.

BACA JUGA  Keunggulan Lulusan Fakultas Kedokteran

Saat membuat hidangan ini, cuci telur, rebus hingga bersih, dan simpan telur di lemari es. Kemudian, sambal balado harus disimpan dalam wadah tertutup dan juga dimasukkan ke dalam freezer. Saat akan memakannya lagi, cukup panaskan dan campurkan sambal beserta telurnya. Telur balado saja bisa bertahan hingga seminggu.

7. Peyek kacang

Peyek kacang tanah merupakan jenis makanan selanjutnya yang tahan lama dan dapat digunakan untuk dua fungsi, yaitu sebagai teman nasi dan sebagai camilan. Bila ditempatkan di toples atau wadah tertutup lainnya, rempeyek bisa bertahan hingga dua bulan. Cara membuat rempeyek juga mudah dan bisa dibuat banyak. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan stok makanan dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang lama.

8. Kentang Kering

Selain tempe kering, Anda bisa menggantinya dengan kentang kering yang dimasak dengan teri dan kacang tanah. Kentang kering atau sebagian orang juga menyebutnya kentang mustofa juga merupakan makanan yang tahan lama dan bisa dijadikan lauk pauk. Karena sifatnya yang tahan lama, makanan ini juga bisa dibuat dalam jumlah banyak. Dari segi daya tahan, kentang kering dapat disimpan selama dua hingga tiga bulan. Atau kita bisa menyimpanya menggunakan vacum sealer.