Macam Jus Buah Untuk Penyakit Liver yang Lezat Untuk dikonsumsi

Ada beberapa jus buah untuk penyakit liver yang bisa kamu coba buat di rumah. Liver atau hati adalah salah satu organ terpenting yang ada pada tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi untuk memecah karbohidrat, membuat glukosa, dan membersihkan tubuh dari racun.

Namun, sebagian orang bisa terkena penyakit liver yang menyebabkan organ tersebut tidak berfungsi secara maksimal. Mengonsumsi buah – buahan tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan liver.

Tak hanya dimakan langsung, kamu juga bisa menikmatinya sebagai olahan jus yang menyegarkan. Inilah beberapa contoh jus buah untuk penyakit liver yang bisa kamu konsumsi.

Jus Buah yang Baik Untuk Penyakit Liver

jus buah untuk penyakit liver

Buah – buahan kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali liver. Banyak kedai jus yang menjual jus buah – buahan sehat yang biasanya dikemas menggunakan mesin cup sealer. Namun, kamu juga bisa membuat jus buah sendiri di rumah yang baik untuk kesehatan liver kamu. Berikut jus buah untuk penyakit liver di antaranya:

1. Jus Blueberry

Obesitas dan kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit liver. Tetapi, jus blueberry memiliki kandungan polifenol yang bisa membantu melindungi kamu dari kerusakan liver.

Selain itu, beberapa penelitian menujukkan jika buah blueberry utuh ataupun jus buah blueberry mampu menjaga kesehatan hati, meningkatkan respon kekebalan tubuh, serta menghasilkan enzim antioksidan.

Eksperimen lain juga menemukan bahwa jenis antioksidan pada buah berry (antosianin) bisa memperlambat perkembangan jaringan parut pada hati tikus. Selain blueberry, kamu juga dapat mencoba jus raspberry atau cranberry.

2. Jus Grapefruit

Jus grapefrit atau yang biasa disebut limau gedang memiliki kandungan dua antioksidan utama yaitu naringenin dan naringin yang secara alami mampu melindungi liver. Efek dari melindungi tersebut dilakukan dengan mengurangi peradangan dan kerusakan.

BACA JUGA  Makanan Terkenal di Solo yang Wajib Kalian Coba

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung tersebut bisa mengurangi perkembangan fibriosis hati yang merupakan hasil dari peradangan kronis. Lain dari itu, antioksidannya dinilai mampu menurunkan jumlah lemak di hati dan meningkatkan jumlah enzim yang berguna untuk membakar lemak sehingga mencegah penumpukan lemak berlebih.

3. Jus Anggur

Anggur ungu dan anggur merah memiliki berbagai senyawa tanaman yang terkandung dan bermanfaat untuk kesehatan yakni resveratrol. Buah anggur, jus anggur, dan biji anggur yang kaya akan kandungan antioksidan bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati.

Hal tersebut dinyatakan oleh sebuah studi yang dimuat dalam World Journal of Gastroenterology. Selain itu, anggur juga berperan sebagai diuretik kuat yang dinilai mampu membersihkan organ ginjal serta meningkatkan fungsi hati.

Kandungan vitamin C dalam buah anggur juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita.

4. Jus Bit

Jus bit merupakan sumber nitrat dan antioksidan betalains yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa jus bit dinilai mampu meningkatkan enzim detoksifikasi alami serta mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada hati.

Meskipun demikian, beberapa penelitian lebih lanjut pada manusia juga sangat diperlukan untuk memvalidasi manfaat jus ini.

5. Jus Prune

Di beberapa negara, orang – orang menggunakan buah prune atau buah plum kering sebagai obat hepatitis. Pada tahun 2010, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus prune bisa membantu mengurangi beberapa bahan kimia berbahaya yang terjadi karena masalah pada hati.

Meskipun dianggap bermanfaat, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat jus buah plum ini terhadap hati.

BACA JUGA  Cara Pembibitan Cengkeh yang Perlu Diketahui-Ini Rahasianya!!

6. Jus Apel

Buah apel merupakan buah yang mudah untuk didapatkan dan berguna untuk berbagai macam masalah kesehatan, termasuk untuk liver. Jus apel sangat baik untuk menjaga kesehatan liver karena memiliki senyawa kimia mutlak yang berperan dalam membersihkan dan melepaskan racun dari saluran pencernaan.

Sehingga liver dapat bekerja lebih gampang lagi untuk mengatasi racun dalam badan. Konsumsi jus buah apel juga bisa mengusir lemak yang ada pada liver. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan d-glucaric di dalamnya.

7. Jus Alpukat

Mengonsumsi jus buah alpukat dapat menunjang hati dalam membersihkan racun karena dalam buah alpukat ini terdapat senyawa glutathion yang dibutuhkan oleh hati.

Penutup

jus buah untuk penyakit liver

Sebelum kamu mengonsumsi jus buah untuk liver, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanan kondisi kamu. Jangan menambahkan gula tambahan jika kamu sudah diizinkan mengonsumsi jus buah ini.

Menambah gula dalam jus bisa menyebabkan kadar gula darah kamu meningkat dan menyebabkan penumpukan lemak di hati yang akan berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, hindari konsumsi jus – jus di atas secara berlebihan, konsumsi sesuai porsinya saja.

Tidak hanya jus, ada banyak juga minuman lain yang baik untuk kesehatan liver yaitu kopi dan teh hijau. Kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati kronis serta melindunginya dari kerusakan.

Sementara itu, teh hijau dinilai mampu untuk mengurangi lemak, melawan stres oksidatif, serta mengurangi tanda – tanda penyakit liver berlemak.