Jenis Jenis Tepung, Kamu Wajib Tau!

Jenis Jenis Tepung – Jenis Jenis Tepung. Bagi anda yang suka memasak dan membuat kue pasti sudah tahu tentang tepung. jenis tepung roti dan kegunaannya, tepung adalah butiran padat berupa butiran lunak.

Tepung terigu sendiri hadir dalam banyak ragam dan kegunaan untuk keperluan memasak atau bahan baku industri lainnya. Sebagian besar bubuk dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan.

Ada banyak variasi tepung yang berbeda, namun masih banyak orang yang mengetahui kegunaan dari masing-masing tepung tersebut.

Memang kegunaan dari masing-masing bedak ini penting untuk diketahui. Anda dapat membuat hidangan lezat dengan menggunakan tepung yang tepat.

Beberapa Jenis Tepung Roti dan Kegunaanya

Kali ini saya akan kasih tahu jenis-jenis tepung dan kegunaannya! Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman Anda agar mereka pandai memasak dan membuat kue seperti Anda!

1. Tepung Terigu

Tepung pertama yang kita bicarakan pasti yang sudah dikenal kebanyakan orang. Terigu ini diperoleh dari bibit gandum utuh, disebut utuh karena bagian yang digunakan adalah kutikula dan inti gandum.

Terigu ini memiliki tekstur yang halus dan elastisitas yang tinggi. Perlu anda ketahui bahwa tepung terigu terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

a. Tepung Terig Protein Tinggi

Seperti namanya, bubuk ini mengandung protein sekitar 11% hingga 13% lebih tinggi. Tepung terigu cocok untuk membuat adonan yang elastis dan tidak mudah busuk, seperti roti, pasta, mie, donat, dan puff.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengajukan Cerai Bagi Yang Nikah Siri (Isbat Cerai)?

b. Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung yang kedua adalah tepung terigu protein sedang, dengan kandungan protein sekitar 8% sampai 10%. Biasanya tepung ini digunakan untuk adonan yang lembut dan kenyal seperti gorengan, kue tradisional atau aneka kue.

c. Tepung Terigu Protein Rendah

Kandungan protein bubuk ini adalah 6% sampai 8%. Tepung jenis ini sering digunakan untuk adonan gorengan seperti cookies, pie crusts atau shortbreads.

2. Tepung Jagung (Maizena)

Tepung jagung termasuk dalam kelompok pati. Teksturnya seperti tepung tapi warnanya lebih terang dan buram. Biasanya bubuk ini digunakan sebagai bahan utama untuk membuat custard. Tepung maizena juga biasa digunakan untuk mengentalkan sup atau saus.

Jika Anda menggunakannya untuk membuat muffin dan puding, bubuk ini akan memberikan efek ringan pada kedua makanan tersebut. Kemudian, jika Anda mencampurkannya ke dalam adonan kue, Anda akan merasakan rasa renyah setelah setiap gigitan.

3. Tepung Ketan

Dari namanya saja sudah bisa kita ketahui bahwa tepung ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang ditumbuk. Adonan ini lembut dan keras. Cocok untuk yang ingin membuat kue tradisional seperti onde-onde, bugis atau putri au bain.

Saat dicairkan, adonan akan lebih kental dari tepung beras. Tepung ketan sangat cocok untuk penderita diabetes dan ibu hamil karena mengandung banyak vitamin E dan B.

4. Teung Beras

Tepung beras tentunya dari beras yang ditumbuk, prosesnya sama dengan proses pembuatan tepung ketan. Tekstur tepung beras juga lebih halus dari tepung beras ketan.

BACA JUGA  Pentingnya Internal Linking untuk Pengalaman Pengguna

Biasanya makanan yang bisa menggunakan tepung ini adalah kue-kue tradisional seperti kue baki, cupcakes. Tepung beras juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bihun.

5. Tepung Roti (Panir)

Tepung roti, juga dikenal sebagai tepung paneer, adalah tepung yang terbuat dari roti tawar yang dikeringkan dan ditumbuk.

Panir ini hadir dalam dua warna, putih dan oranye, dengan tekstur yang kasar. Serbuk ini digunakan untuk lapisan luar gorengan seperti nasi goreng, roti pedas, kroket dan katsu.

Tentunya bmembuat semua tepung ini pasti membutuhkan alat ini, soalnya itu adalah salah satu alat bahan membuat tepung. Tepung harus bener-bener halus, caranya gampang kok di era sekarang bisa menggunakan mesin penepung agar lebih Mudah.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam menghaluskan tepung ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah jenis tepung roti dan kegunaannya yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.