Jenis Jenis Biji Kopi yang Mendunia

Anda ingin tahu jenis jenis biji kopi, Jika ingin tahu jenis jenis biji kopi, yuk simak artikel berikut ini.

Kopi adalah minuman nikmat yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan digiling. Di dunia ini, ada dua varietas pohon kopi yang paling terkenal yaitu kopi Robusta dan kopi Arabika. Namun sebenarnya ada banyak jenis kopi di dunia. Nah bagi anda pecinta kopi atau pengusaha minuman kopi, inilah 4 kopi terenak di dunia.

Berikut Jenis Jenis Biji Kopi di Dunia

jenis jenis biji kopi

1. Jenis Biji Kopi Arabika

Kalau berbicara tentang berbagai jenis kopi, rasanya sulit untuk tidak menyebut kopi yang satu ini. Bukan hanya karena popularitasnya yang besar, kopi arabika juga menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak beredar di pasaran.

Setidaknya 70-80% kopi yang dijual di pasaran adalah Arabica. Kopi jenis ini juga banyak dijumpai di warung-warung kopi. Kopi arabika dapat dikenali dari bentuknya yang agak memanjang dan pipih.

Ukurannya juga cukup besar dibanding saudaranya, yaitu kopi Robusta. Di antara jenis-jenis kopi, kopi arabika juga dikenal dengan kualitas terbaik dan seringkali dengan harga yang cukup tinggi.

Ada beberapa alasan mengapa kopi yang tumbuh di ketinggian 1000-2100 mdpl ini kerap dijual dengan harga yang cukup tinggi. Salah satunya karena budidayanya yang relatif sulit.

Dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, kopi arabika sangat sensitif terhadap suhu. Selain itu, kopi jenis ini mudah terserang hama dan penyakit. Meski sulit diolah, kopi arabika memiliki cita rasa yang kaya. Bukan hanya pahit.

Jenis kopi Arabica ini juga memiliki rasa yang sedikit manis dan asam. Jika Anda membelinya dalam bentuk biji kopi dan menggilingnya dengan tangan, Anda bisa mencium aroma kopi arabika.

Aromanya terdiri dari campuran bunga dan buah-buahan. Kandungan kafein kopi arabika cukup rendah sekitar 1,2%. Setelah diseduh, kopi arabikanya juga terasa lembut dan tidak terlalu kental.

BACA JUGA  cara membuat jagung bakar yang simple

Karena itu, kopi arabika lebih sering disajikan di restoran atau kafe dibandingkan jenis kopi lainnya. Kopi arabika memiliki beberapa varietas turunan.

Beberapa kopi Arab yang terkenal adalah Aceh Gayo, Sumatera, Jawa, Toraja, Mandailing, Kenya, Ethiopia dan Brazil. Meski sama-sama berbeda dengan biji kopi arabika, namun masing-masing varietas turunannya memiliki rasa dan aroma yang khas.

2. Jenis Biji Kopi Robusta

Sebagian besar kopi terbaik di Indonesia adalah arabika. Tapi kopi jenis ini juga ada teman-temannya. Harga yang lebih murah juga memungkinkan kopi Robusta menjangkau beberapa kalangan.

Dibandingkan dengan saudaranya, kopi Robusta lebih mudah ditanam dan dirawat. Di antara berbagai jenis kopi tersebut, kopi Robusta juga dapat tumbuh di ketinggian yang relatif rendah, yaitu 400-800 meter di atas permukaan laut.

Fluktuasi suhu tidak menjadi masalah. Kopi yang kuat dapat tumbuh bahkan dalam kondisi yang kurang ideal. Membandingkan kopi Robusta dengan jenis kopi lainnya, tidak sulit mengenali kopi ini dari bentuknya.

Biji kopi robusta berbentuk bulat. Dibandingkan dengan kopi Arabica, biji kopi Robusta sedikit lebih padat. Namun dari segi ukuran, kopi ini umumnya berukuran lebih kecil dan teksturnya agak kasar.

Rasa kopi Robusta cukup sederhana. Meski sudah dipecah, kopi jenis ini benar-benar hanya terasa kental dan pahit. Baunya juga sangat kuat dan mengingatkan pada kacang, teh hitam, dan coklat.

Namun, setelah diolah juga ada kopi Robusta yang berbau kayu. Di antara jenis kopi lainnya, kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Gajinya 2,2%. Terlepas dari kenyataan bahwa pasarnya lebih kecil, mungkin itu sebabnya kopi Robusta lebih jarang ditanam. Namun bagi penyuka rasa pahit dan kental, kopi Robusta sudah pasti masuk dalam daftar kopi yang wajib dicoba.

BACA JUGA  Jenis, kelebihan dan kekurangan Access Point

3. Kopi Liberika

Selain kopi Arabica dan Robusta, ada jenis kopi lain yaitu kopi Liberica. Kopi jenis ini berasal dari benua Afrika. Namun, seiring berjalannya waktu, varietas kopi liberika menyebar ke Asia Tenggara.

Untuk jenis kopi, kopi Liberica sering disandingkan dengan kopi Robusta. Hal ini tidak terlepas dari jenis rasanya yang mirip dan terlihat seperti kayu.

Hanya kopi liberika ini yang memiliki aroma buah dan bunga seperti kopi arabika. Karena itulah jenis kopi ini populer pada akhir abad ke-19 dan masuk dalam daftar kopi yang wajib dicoba.

4. Kopi Ekselsa

Sama seperti kopi Liberica, kopi Excelsa ini juga bisa digolongkan sebagai jenis kopi yang kurang dikenal terutama oleh masyarakat awam. Kopi jenis ini sebenarnya direklasifikasi dan dimasukkan ke dalam jenis kopi Liberica.

Namun karena rasanya yang unik, banyak pecinta kopi yang menganggapnya sebagai jenis kopi yang berbeda. Jenis kopi Excelsa banyak tumbuh di Asia Tenggara, terutama di Vietnam.

Jenis kopi ini memiliki karakter aromatik seperti buah dan cake. Rasanya sendiri mirip dengan membakar kayu rendah asam. Karena keunikannya tersebut, kopi Excelsa sering dijadikan campuran dengan kopi lain, terutama Arabica dan Robusta.

Itulah 4 jenis jenis biji kopi yang bisa Anda coba dirumah, jika Anda ingin membuat jenis jenis biji kopi, untuk memudahkan Anda membuatnya alangkah baiknya mengunakan mesin kopi.