Instalasi gas medis dan sentral gas medis di rumah sakit

Taukah kawan dekat FRES bahwa instalasi gas medis adalah tidak benar satu keperluan yang paling mutlak dirumah sakit kenapa?? sebab gas medis tidak benar satu yang paling diperlukan ketika pasien di dalam keadaan darurat atau pun di dalam keadaan koma, Sehingga keperluan udara di dalam skala besar dan bisa di pakai  selagi

 

STANDAR INSTALASI GAS MEDIS

Tenaga instalatur yang profesional Pengerjaan instalasi gas medis termasuk tidak boleh semata-mata asal ditunaikan sebab menyangkut nyawa banyak orang. Tetapi perlu ditunaikan oleh tenaga kerja yang profesional, sebab dituntut safe dan punya mutu mutu sesuai standard.

 

Sentral Kompresor(Udara tekan) dan Vakum (Udara Hisap)

Begitu jg bersama sentral oksigen bisa bersama sistem manual, semi otomatis dan otomatis penuh ditambah pula bersama pemenuhan keperluan liquid tank oksigen.Kedua sentral ini perlu benar benar membawa standar fungsi untuk medis. Bukanlah cuma semata-mata sental yang biasa beroperasi tanpa mengacu pada standar medis.

 

Pipa Gas Medis

Untuk pipa perlu sesuai bersama standar yang berlaku untuk pipa dan perlu terbuat dari tembaga bersama standar yang sudah dianggap di Indonesia maupun Internasional. Ketika melakukan instalasi gas medis pipa yang di pakai haruslah amat bersih dan tidak terkontaminasi oleh apapun.

 

Zone Valve dan Alarm

Berfungsi untuk menunjukan tekanan pada area khusus dan juga mengimbuhkan isyarat jika tekanan gas menurun atau terlalu berlebih pada suatu area tertentu. Sehingga wall Outlet Gas Medis yang digunakan bisa mengimbuhkan keperluan gas, termasuk mengisap hasil buangan dari pasien lewat medis vakum. Ada 2 jenis jenis ulir(screw) maupun jenis push type/quick(tekan).

 

Sentral Kompresor

Untuk keperluan peralatan pada sistem Anesthesi dan ICU/NICU/PICU (Ventilator) diperlukan udara tekan bersama tekanan 4 bar (60 psi). Disamping itu udara tekan tetap bisa dimanfaatkan untuk keperluan pada bidang ortopedi. Sehingga fungsinya yang begitu sempurna untuk bidang medis, bukanlah suatu hal yang aneh untuk mencukupi keperluan gas medis pada tiap-tiap rumah sakit. sebab sebuah rumah sakit memerlukan gas atau udara yang bisa diperlukan tiap-tiap selagi dibutuhkan.

sentral vacuum sentral vacuum/suction/udara isap, mengimbuhkan udara isap yang selamanya ada dari sumber sentral vacuum/suction/udara isap yang terintegrasi jadi suatu bagian dan bisa mengahsilkan udara isap yang stabil dan murni untuk keperluan medis. Udara isap perannya sangatlah penting di dalam dunia medis lebih-lebih sudah jadi sorotan pada selagi ini, untuk menunjang operasional rumah sakit, maka vacuum/suction portable sudah terasa dikesampingkan penggunaannya. Sehingga Digantikan bersama sistem sentralisasi menyerupai bersama sistem instalasi gas medis.

BACA JUGA  Vendor Tumpeng nasi kuning di Jakarta Barat bisa dadakan recomended

 

Pemipaan

Sistem penyambungan instalasi Gas Medis perlu bersama pakai las perak bersama gas yang dipergunakan campuran oxygen acetylene di mana pada selagi pengelasan perlu dialiri gas nitrogen di dalam pipa tersebut. Penyambungan instalasi pemipaan gas medis herus pakai fitting-fitting yang sesuai layaknya Elbow, Tee, Reducer dan Socket.

Untuk membedakan jenis gas pada instalasi pipa perlu dipasang stiker sesuai bersama jenis gas nya masing-masing yang tunjukkan jenis dan arah alirannya bersama jarak yang cukup ( ± 2 mtr. ). Pemasangan instalasi pemipaan yang menempel pada dinding atau partisi perlu ditambah bersama pelindung (konduit/PVC).

Selama pengelasan, pipa perlu dialiri gas nitrogen untuk menghalau kerak akibat pengelasan yang timbul sebab pengelasan di di dalam pipa. Seluruh jaringan instalasi pemipaan pada tiap-tiap jenis gas perlu ditambah Kran induk (main valve) yang dipasang pada area sentral; Kran pembagi (zone valve) dipasang sesuai bersama bagian instalasi.

 

Digital Alarm

Digital Alarm System adalah suatu unit yang bermanfaat sebagai alat informasi yang memberitahukan sebagian besar volume gas medis di suatu lokasi kerja intalasi gas medis. Biasanya Alarm System diletakkan di Nurse Station. Agar lebih memudahkan untuk memantaunya dan untuk memastikan bahwa gas medis selamanya safe bagi pasien pakai tiap-tiap saat.

 

Box Valve

Box Valve/Keran Pembagi adalah sebuah alat untuk menyesuaikan aliran gas medis bersama menutup, terhubung atau menghambat aliran gas medis tersebut. Box Valve/Keran Pembagi tidak cuma sebagai pengatur aliran gas medis, tapi termasuk bermanfaat untuk melindungi suatu lokasi operasional instalasi gas medis dari sebagian penanganan preventif jika berjalan rusaknya di tidak benar satu lokasi operasional kerja instalasi gas medis tersebut.

Box Valve/Keran Pembagi digunakan termasuk untuk menangani atau menghidari perambatan kebakaran di dalam suatu lokasi khusus dirumah sakit. semisal: jika berjalan kebakaran diruangan oksigen, maka langsung perlu mematikan box valve/keran pembagi , hal ini untuk menghindari terjadinya explosiv lain di tidak benar satu lokasi operasional instalasi gas medis.

BACA JUGA  Cara Membuat Jasuke Mozarella

 

SENTRAL SISTEM MANUAL

Manifold Gas Manual, mengimbuhkan pasokan gas yang selamanya ada dari semua tabung yang ada di sentral baik yang sisi kanan maupun yang ada di sisi kiri, Sangat sesuai digunakan untuk rumah sakit yang pemakaian oksigennya tetap di bawah 100 tabung per bulannya. Sangat efisien dan safe di dalam operasionalnya. Pengukur tekanan bisa ditunjukkan bersama memahami dari sumber gas dan juga total tekanan yang didistribusikan menuju pipa dan outlet; Terdapat katup pengaman di mana katup akan otomatis terbuka jika tekanan amat tinggi; 100% lulus uji tes tekan; Tersedia untuk O2, Air, N2O, N2, CO2 dan Liquid Oksigen.

 

SISTEM SENTRAL TABUNG OTOMATIS (AUTOMETIC CHANGE OVER MANIFOLD)

Mahakarya Indonesia ada melengkapi keperluan sistem instalasi gas dan vakuum medik di Indonesia.

Manifol Otomatis Penuh Digital (Digital Automatic Manifold) sistem dibuat bersama standar dan mutu tinggi yang bermanfaat secara otomatis untuk memindahkan tekanan kosong dari tabung Oksigen, Dinitrogen Oksida, Karbondioksida, Nitrogen, dan lain-lain (habis terpakai) ke tabung yang penuh (stand by) agar keberangsungan pemenuhan aliran gas medik selamanya terjaga tanpa perlu menanti pergantian secara manual oleh tenaga ahlinya.

Manifold ini punya isyarat lokal dan atau indikator yang bisa mengindikasikan standing dari manifold jika tekanan pada header pertama (primer) atau ke-2 (sekunder) di dalam keadaan rendah dari yang sudah diindikasi (botol kosong). Dapat mengumumkan jika tidak benar satu sumber gas habis secara visual. Serta punya indikator bersifat DIGITAL dan bisa terhubung dan termonitor bersama sistem monitor computer (sebagai sistem pilihan).

Mempunyai tekanan output 4-7 bar dan juga bisa mengaliri hingga 350m3/h (5800LPM) bisa melayani lebih dari 1.000 area tidur, pertama di INDONESIA dan untuk INDONESIA.

100% lulus uji tes tekan; Tersedia untuk O2(oksigen),Compressed Air (udara tekan), N2O (dinitrogen oksida/nitrous oxide), N2, (nitrogen),CO2(karbon dioksida), LO2 (Liquid Oxygen/Oksigen cair kemasan portable); Input energi 240 VAC, 50Hz.