Cara Membuat Tepung Ketan Hitam Sendiri di Rumah

Cara membuat tepung ketan hitam – Cara membuat tepung ketan hitam. Beras ketan hitam adalah salah satu dari berbagai jenis beras. Beras ketan hitam selalu dikaitkan dengan nasi putih, beras ketan putih dan gandum.

Beras ketan hitam diolah menjadi bentuk bubuk yang biasa dikenal dengan tepung beras ketan hitam. Tepung beras ketan hitam sering digunakan untuk membuat kue. Berbagai macam jajanan dapat dihasilkan dari beras ketan hitam ini.

Hidangan yang terbuat dari beras ketan memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain bermanfaat, rasa jajanan ini juga bisa dibilang enak. Rasanya yang unik membuat ketan hitam menjadi favorit banyak orang.

Tepung ketan hitam terbuat dari beras ketan hitam yang digiling dan digiling menjadi pasir halus. Perbedaan antara tepung beras dengan tepung beras ketan adalah tekstur tepung beras ketan memiliki tekstur yang lebih lengket saat disentuh.

Hal ini dikarenakan tepung beras ketan banyak mengandung pati yang berfungsi sebagai pengikat. Tepung ketan tidak boleh dimasak terlalu lama karena semakin lama dimasak maka akan semakin sulit membentuk ketan.

Cara Membuat Tepung Ketan Hitam

Persiapan

Cara membuat tepung ketan cukup sederhana. Pertama anda pilih beras ketan hitam yang berkualitas agar kualitas tepungnya bagus. Pastikan juga beras ketan hitam tidak tercampur dengan beras jenis lain.

BACA JUGA  Peluang Usaha Bawang Goreng di Era yang Serba Praktis

Proses Membersihkan

Setelah menemukan bibit beras ketan yang berkualitas, anda lanjutkan dengan mencuci bibit tersebut. Pastikan tidak ada kotoran atau tanah yang terkandung di dalam benih.

Proses Perendaman

Pilih beras ketan hitam yang berkualitas baik Rendam beras ketan hitam dalam air semalaman, tiriskan, jemur sampai benar-benar kering, aduk rata beras ketan hitam kering, ayak hingga halus.

Kemudian panggang dengan api kecil, aduk terus agar tepung ketan hitam tidak menggumpal. Blender kembali hingga partikel halus, lalu saring kembali. Ulangi proses ini sampai Anda mendapatkan saringan yang lebih halus. Simpan di tempat kering atau simpan dalam toples

Setelah dibersihkan, serbuk bijih direndam dalam air bersih selama beberapa jam kemudian dijemur di bawah terik matahari. Metode perendaman ini tergantung pada kebutuhan produk yang diproduksi.

Dengan demikian, kecepatan perendaman sangat mempengaruhi jenis adonan yang akan dihasilkan. Jika periode perendaman diperpanjang, air dapat diganti setiap 12 jam. Selama proses pengeringan, pastikan bahan beras ketan benar-benar kering dengan kadar air kurang dari 10%.

Proses Penggilingan

Setelah beras ketan mengering, lanjutkan ke tahap penggilingan. Pada tahap penggilingan dimungkinkan dengan menggunakan cara tradisional atau dengan mesin. Dengan cara tradisional, Anda bisa menggunakan alu dan lesung untuk menumbuk seperti biasa.

Namun adonan yang dihasilkan dari langkah tradisional tidak begitu lembut. Selama ini, Anda bisa menggunakan penggilingan tepung. Dengan gilingan tepung akan menghasilkan bubuk yang jauh lebih halus dan tidak memakan banyak waktu.

BACA JUGA  Pusat Karpet Masjid Daerah Bekasi Bergaransi

Proses Sangrai

Serbuk yang sudah jadi ditumbuk dan digiling, lalu dipanggang dengan api kecil dan diaduk. Tujuannya agar adonan tidak menggumpal.

Proses Menghaluskan

Untuk memperbaiki tekstur, Anda bisa menggiling lagi dengan mortar, blender, atau mesin. Semakin sering Anda mengulangi langkah ini, adonan yang dihasilkan akan semakin halus. Setelah adonan halus, Anda bisa mengocoknya menjadi berbagai makanan ringan.

Namun jika Anda tidak ingin menanganinya, Anda harus menyimpannya dengan benar, hindari menyimpannya di tempat yang lembab.

Tentunya membuat tepung ketan hitam ini, Anda membutuhkan mesin penepung, agar hasilnya lebih bagus Anda bisa menggunakan mesin penepung, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam proses pembuatan tepung ketan hitam ini, Anda harus mempunyai mesin penepungĀ yang ini. Nah, itulah cara membuat tepung ketan hitam yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.