Cara Mendaur Ulang Kantong Plastik Dirumah

Mendaur ulang kantong plastik menjadi kian penting dengan banyaknya produksi kemasan berbahan dasar plastik. Namun dalam mengolah sampah plastik dibutuhkan cara yang baik dan sesuai agar aman bagi lingkungan.

 

Pengertian dari Sampah Plastik

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah pencemaran lingkungan terbesar di dunia. Hampir seluruh dari masalah dan kerusakan yang ada disebabkan karena banyaknya sampah plastik yang terbuang begitu saja tanpa adanya pengelolaan yang baik

 

Bahaya Sampah Plastik

Masalah dari kantong plastik adalah sifatnya yang tidak mudah terurai, namun kerap digunakan hanya sekali. Bahkan kandungan atau kemasan plastik bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama hingga puluhan tahun.

Sebanyak 80% sampah di laut berasal dari dataran yang berarti terjadi perpindahan massa sampah plastik dari hulu hingga ke hilir. Perpindahan sampah selain dari sungai juga bisa bergerak akibat hujan lebat atau melalui saluran pembuangan yang meluap.

Selain ekosistem laut yang rusak akibat limbah plastik, sampah plastik juga berdampak pada beberapa hal, seperti:

1. Merusak Rantai Makanan Hewan

Tidak hanya manusia, pencemaran plastik juga mempengaruhi plankton sebagai organisme terkecil di dunia. Bila organisme terkecil turut terganggu, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan rantai makanan bagi organisme lain. Hewan yang lebih besar juga bisa teracuni dan manusia kemungkinan mengonsumsi ikan yang tercemar polutan seperti mikroplastik.

Banyak kasus yang sudah terlihat dengan pencemaran sampah plastik, seperti paus yang kerap kali terdampar dengan perut yang terisi dengan berton-ton plastik. Alhasil, perlu pengawasan lebih atas rusaknya rantai makanan akibat sampah plastik di laut.

2. Merusak Ekosistem Hewan  

Dilansir dari data National Oceanographic and Atmospheric Administration, disebutkan bahwa jutaan burung dan ikan hingga 100.000 mamalia meninggal akibat pencemaran sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik.

Sampah plastik juga merusak sistem hutan bakau yang penting bagi manusia dan merupakan habitat bagi ribuan spesies. Tentu kerusakan ekosistem ini membawa dampak yang sangat buruk bagi hewan yang bergantung di tempat tersebut seperti laut.

3. Pencemaran Tanah dan Air  

Saat sampah plastik menggunung maka tempat pembuangan sampah akan berinteraksi langsung dengan air. Kondisi yang terbentuk membuat bahan kimia berbahaya bisa meresap terlalu dalam hingga ke bawah tanah.

Dengan pencemaran tanah dan air maka akan terjadi penurunan kualitas. Kemudian air tanah dan waduk menjadi rentan terhadap kebocoran racun dan aliran sampah plastik. Kerusakan air bisa menjadi penyebab penyakit bila dikonsumsi langsung oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, pencemaran tanah juga akan merusak humus tanah sehingga tidak dapat diberdayakan untuk bercocok tanam.

 

Cara Daur Ulang Kantong Plastik

Contoh cara mendaur ulang kantong plastik dan cara mengurangi penggunaan plastik seperti berikut ini:

BACA JUGA  Tips Memilih Flow Meter Berkualitas Sesuai Keperluan

1. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik bisa membuat sampah plastik yang Anda hasilkan menjadi jauh lebih berkurang. Jika Anda masih ingin menggunakan sedotan maka pakailah sedotan stainlessyang bisa dicuci dan dipakai kembali.

2. Membawa Tas Belanja Sendiri

Kantong plastik belanja juga menjadi salah satu kontributor terbesar dari sampah plastik yang tersebar di mana – mana. Plastik kresek belanja umumnya hanya bisa digunakan untuk beberapa kali saja dan akhirnya harus dibuang begitu saja. Agar tidak mubazir maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan tas belanja sendiri yang berbahan dasar kain. Selain kamu bisa membersihkannya sendiri, tas berbahan kain tentunya lebih kuat dan bisa digunakan untuk berulang kali.

3. Mempunyai dan Membawa Botol Minum Sendiri

Jika kamu senang jajan di luar maka Anda bisa mengurangi penggunaan botol atau gelas plastik dengan menggunakan botol minum kamu sendiri. Bawalah botol yang berbahan dasar alumunium agar kamu bisa menyimpan air minum dingin atau panas dan tahan lebih lama untuk disimpan.

4. Membiasakan Diri Untuk Memasak Sendiri di Rumah

Siapa yang mengira bahwa dengan membiasakan diri untuk memasak sendiri makanan di rumah bisa mengurangi penggunaan plastik. Tempat makan yang disediakan oleh restoran umumnya berbahan dasar plastik HDPE. Agar kamu bisa mengurangi penggunaan plastik maka kamu bisa belajar memasak makanan kamu sendiri tanpa harus jajan di luar.

5. Membeli Barang dalam Kemasan yang Lebih besar Untuk Waktu yang Lama

Dengan mengganti barang belanjaan Anda dengan ukuran yang lebih besar bisa membuat kamu menghemat plastik pembungkus dari barang tersebut. Apabila kamu biasanya membutuhkan 2 buah deterjen ukuran kecil untuk dua bulan maka kamu bisa menggantinya dengan 1 buah deterjen berukuran besar dan dengan masa pakai yang lebih lama.

6. Membatasi Penggunaan Microbeads

Ada sangat banyak bahan dan produk kecantikan yang menggunakan material microbeads di dalamnya. Microbeadsadalah sebuah partikel berukuran kecil yang terbuat dari plastik. Jika terbawa ke air dalam jumlah yang banyak maka terdapat kemungkinan hewan bisa mengonsumsi microbeadssecara tidak disengaja.

7. Memilih Es Krim Cone dibandingkan Es Krim Cup

Es krim cup biasanya menggunakan wadah plastik sebagai tempat menaruh es krimnya. Dengan memilih es krim cone maka kamu bisa menghindari untuk menggunakan wadah plastik yang hanya bisa digunakan sekali saja.

8. Hindari Mengonsumsi Permen Karet

Sesuai dengan namanya, permen karet tidak bisa hancur dengan mudah meskipun sudah dikubur di dalam tanah. Permen karet perlu diolah agar dapat hancur dan menjadi lebih aman bagi lingkungan. Hasil buangan dari permen karet juga bisa secara tidak sengaja dimakan oleh hewan dan membuatnya tersedak hingga mati.

BACA JUGA  Kontraktor pembuatan ruangan karaoke

9. Membatasi Penggunaan Plastik dalam Membungkus Paket

Saat ini pengiriman paket sudah menjadi hal yang sangat biasa. Anda bisa mengganti plastik sebagai media pembungkus dengan menggunakan kardus ataupun karton sebagai alternatifnya. Lapislah karton dengan tebal agar tidak tembus dan masuk oleh air.

10.  Menggunakan Bahan Bekas yang Bisa Dipakai Lagi

Apabila Anda sudah habis menggunakan sebotol sampo maka botol tersebut janganlah dibuang dan Anda cukup membeli sampo isi ulang saja dan mengisinya kembali pada botol yang sudah habis tersebut.

11.  Membuat Tas Daur Ulang dari Pembungkus Plastik

Apabila Anda mempunyai banyak pembungkus plastik yang sudah tidak dipakai maka Anda masih bisa mengubahnya untuk menjadi sebuah tas daur ulang dengan mudah. Kumpulkanlah plastik tersebu dalam jumlah yang banyak agar menyerupai sebuah tas dan jahitlah dengan menggunakan benang.

12.  Memanfaatkan Botol Plastik Sebagai Pot

Jika di rumah Anda terdapat banyak botol plastik maka Anda bisa menggunakannya kembali sebagai pot untuk tanaman. Dengan menanam tanaman Anda juga bisa berperan untuk membuat rumah dan lingkungan tepat tinggal menjadi lebih nyaman.

13.  Mengkreasikan Botol Plastik Besar Menjadi Celengan

Salah satu cara agar sampah botol plastik besar tidak terbuang sia – sia adalah dengan mengubahnya agar menjadi sebuah celengan. Celengan yang berbahan dasar botol plastik bisa digunakan berkali – kali tanpa harus membeli sebuah celengan baru.

14.  Botol Plastik dirubah Menjadi Tempat Pakan Burung

Apabila Anda senang untuk memelihara burung maka Anda bisa merubah botol plastik bekas yang Anda miliki menjadi tempat pakan burung. Bentuk dari botol plastik sangatlah bagus untuk menjadi tempat pakan karena bisa dengan mudah dilubangi.

15.  Merubah Botol Plastik Menjadi Tempat Alat Tulis

Botol plastik bekas juga bisa Anda rubah dengan mudah untuk menjadi tempat alat tulis. Cukup dengan memotongnya menjadi setengah bagian maka Anda bisa mendapatkan sebuah tempat alat tulis yang bermanfaat.

Itulah pengertian dari sampah plastik dan beberapa contoh untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah plastik menjadi sesuatu yang bisa digunakan. Dengan memanfaatkannya maka Anda bisa mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. Selamat mencoba