Cara Membuat Seblak Kerupuk Basah Sederhana Ala Rumahan

Seperti namanya seblak basah, makanan ini bukan termasuk jenis makanan yang kering atau renyah karena biasa disajikan dengan sedikit kuah. Tak hanya rasanya yang enak dan mengggoda selera, Seblak basah termasuk makanan kuliner dengan harga terjangkau. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tipas cara membuat seblak kerupuk basah.

Penasaran dengan bahan dan cara pembuatannya? yukk simak ulasan di bawah ini

Cara Membuat Seblak kerupuk Basah

Bahan-Bahan:

  • 100 gram kerupuk mentah, jenisnya sesuai selera, rendam atau rebus sebentar lalu tiriskan
  • 1 potong ayam rebus yang dagingnya disuwir
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 5 butir bakso iris boleh daging ayam atau sapi
  • 1 iris sosis
  • 1 batang daun bawang
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk
  • 300 ml air putih
  • ¬†Minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • 2 siung bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 2 sentimeter kencur
  • 2 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Seblak Kerupuk Basah:

  1. Pertama haluskan bumbu halusnya seperti bawang putih, kencur, dan cabai merah keriting bisa di ulek atau di blender.
  2. Setelah itu panaskan minyak dalam wajan kemudian masukkan telur kocok hingga teksturnya sedikit padat, aduk lalu sisihkan.
  3. Kemudian masukkan bumbu halus dan tumis hingga aromanya wangi.
  4. Masukkan daun bawang, cabai rawit, ayam suwir, bakso dan sosis kemudian aduk hingga merata.
  5. Masukkan kerupuk yang sudah di rendam dengan air terlebih dahulu sampai tekstur kerupuknya lembek, lalu aduk rata hingga teksturnya empuk kemudian angkat.
  6. Pindahkan seblak dari wajan ke dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat
Baca Juga:cara membuat seblak mie telor basah

Sejarah Seblak

sejarah seblak

Orang Bandung mana sih, yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Tentu saja banyak orang yang sudah tau akan nama makanan yang satu ini, tetapi apakah mereka tahu asal-usul atau sejarah dari makanan yang satu ini?ternyata seblak yang merupakan makanan khas Bandung ini memiliki kemiripan dengan salah satu makanan khas daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.

BACA JUGA  Delivery Nasi Kebuli di Bekasi Utara Original

Ada salah satu faktor yang membuat seblak dikira adalah makanan khas daerah Sumpiuh, yakni seblak sangat mirip dengan kerupuk yang direbus dan pada tahun 1940-an itu masih populer-populernya makanan yang seperti itu. Lalu seblak menjadi terkenal pada tahun 2000-an.

Menurut seorang penjual makanan seblak di kota Bandung, banyak juga yang menduga kalau makanan seblak adalah makan kerupuk kuning yang setelah itu dimasak dengan rasa yang cukup pedas. Dan ternyata nama dari seblak itu sendiri adalah nama bumbu yang terbuar dari bahan kencur dan cikur.

Seiring dengan berkembangnya waktu, bapak penjual seblak itupun juga membuat variasi yang unik dari makanan seblak itu sendiri misalnya ia memakai bahan dasar kerupuk kuning, makaroni, tahu, bakso, hingga mie. Setelah itu di masak dengan beragam jenis toping lalu ditambahkan air dan cabe.

Manfaat Seblak

Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan utamanya yaitu kerupuk mentah, yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu, dan juga penyedap rasa. Selain itu, makanan ini juga mempunyai berbagai macam varian ada yang basah atau berkuah dan ada juga yang kering.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Kontainer Pengiriman yang Rusak

Bahkan saat ini banyak yang memproduksi makanan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas kota Bandung. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat seblak ini, berikut inilah manfaatnya.

1.Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

2.Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

3.Menurunkan tekanan darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cukup sekian dulu artikel dari saya tentang cara membuat seblak kerupuk basah, semoga bermanfaat dan selamat mencobaa sendiri di rumah.