Cara Membuat Plastik Dari Singkong dan Tepung Maizena

Berikut Cara Membuat Plastik Dari Singkong dan Tepung Maizena:

Menggunakan Tepung Maizena dan Cuka

cara membuat plastik dari singkong

1. Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan

Untuk membuat bioplastik jenis ini, kamu membutuhkan tepung maizena, cuka putih, gliserol, air suling, kompor, spatula silikon, wajan, dan juga pewarna makanan. Bahan-bahan ini dapat diperoleh di toko kelontong atau online. Gliserol disebut juga gliserin, jadi cobalah untuk menemukannya jika Anda kesulitan menemukan gliserol. Berikut takaran masing-masing bahan pembuatan bioplastik:

  • 10 ml air suling
  • 0,5-1,5 gram gliserol
  • 1,5 gram tepung maizena
  • 1 ml cuka putih
  • 1-2 tetes pewarna makanan

2. Campur semua bahan dan aduk rata

Masukkan semua bahan ke dalam panci lalu aduk dengan menggunakan spatula. Aduk sampai sebagian besar gumpalan dalam campuran hilang. Didalam tahap ini, campuran akan berwarna putih susu serta cukup cair.

Jika dosis masing-masing bahan Anda salah, buang saja dan mulai lagi dari awal.

3. Nyalakan api sedang-kecil

Letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api sedang-rendah. Aduk terus-menerus saat campuran memanas. Didihkan. Setelah dipanaskan, campuran akan menjadi lebih jernih dan mulai mengental.

  1. Keluarkan campuran dari kompor jika sudah bening dan kental.
  2. Total waktu pemanasan sekitar 10-15 menit.
  3. Jika campuran terlalu panas, gumpalan bisa terbentuk.
  4. Tambahkan satu tetes pewarna makanan didalam tahap ini jika ingin membuat plastik berwarna.

Jangan Lupa Mampir Ke Website Utama Kami : RumahMesin

4. Tuang adonan ke atas kertas roti anti lengket atau aluminium foil

cara membuat plastik dari singkong

Sebarkan campuran panas pada selembar kertas aluminium foil atau kertas perkamen anti lengket hingga dingin. Jika Anda ingin mencetak plastik, lakukan saat masih hangat. Lihat langkah terakhir supaya mengetahui detail cara mencetak plastik.

Dengan memakai tusuk gigi, hilangkan gelembung yang terbentuk.

5. Biarkan plastik mengering setidaknya selama dua hari

Butuh waktu agar plastik mengering dan mengeras. Saat dingin, plastik juga akan mengering. Lamanya proses pengeringan ini tergantung pada ketebalan plastik. Plastik kecil yang tebal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering dari pada plastik tipis yang berukuran lebih lebar.

Selama proses pengeringan ini, letakkan plastik di tempat yang sejuk dan kering.
Periksa plastik setelah dua hari untuk melihat apakah plastik telah benar-benar mengeras.

Menggunakan Gelatin atau Jelly

cara membuat plastik dari singkong

1. Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan

Didalam membuat bioplastik jenis ini, kamu harus membutuhkan agar- agar ataupun bubuk gelatin, panci, spatula, gliserol, kompor, air panas, dan juga termometer permen. Bahan-bahan ini harus tersedia di toko kelontong. Ingat, gliserol juga disebut gliserin, jadi carilah gliserin jika Anda tidak dapat menemukan gliserol. Berikut adalah dosis untuk masing-masing bahan:

  • 3 gram (1/2 sendok teh) gliserol
  • 12 gram (4 sendok teh) gelatin atau gelatin
  • 60 ml (1/4 gelas) air panas
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Gelatin merupakan senyawa turunan alga yang dapat digunakan sebagai pengganti gelatin untuk pembuatan bioplastik yang ramah lingkungan.

2. Aduk semua bahan dengan baik

Campur semua bahan dalam panci dan aduk sampai tidak ada yang menggumpal. Anda dapat menggunakan pengocok kawat untuk meratakan semua gumpalan. Tempatkan panci di atas kompor dan mulailah memanaskan campuran di atas api sedang-tinggi.

Jika ingin plastik berwarna, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan pada tahap ini.

Baca Juga : Mesin Pencacah Plastik

3. Panaskan campuran hingga 95 ° C atau atau mulai mendidih

Masukkan termometer permen ke dalam campuran dan pantau suhunya hingga mencapai tepat sekitar 95 ° C atau mulai mendidih. Namun, tidak masalah jika campuran mulai mendidih sebelum mencapai suhu tersebut. Angkat dari api ketika sudah mulai mencapai suhu tersebut atau sudah mulai mendidih.

Aduk campuran saat mulai memanas.

4. Tuang plastik di atas permukaan datar yang dilapisi aluminium foil atau kertas roti anti lengket

Setelah campuran dikeluarkan dari api, Anda harus menghilangkan gelembung yang terbentuk. Buang dengan sendok sebelum plastik dituang. Aduk lagi untuk menghilangkan bagian plastik yang menggumpal.

Jika Anda membuat plastik hanya untuk bermain-main, tuangkan campuran di atas permukaan yang rata. Pastikan Anda telah melapisi permukaannya dengan aluminium foil atau kertas perkamen anti lengket agar plastik yang Anda buat dapat dengan mudah lepas.
Jika Anda ingin mencetak plastik dengan bentuk tertentu, lakukan pada tahap ini. Lihat langkah terakhir untuk bantuan dan informasi lebih detail.

5. Biarkan plastik mengeras setidaknya selama dua hari

Waktu yang dibutuhkan plastik untuk mengeras tergantung pada seberapa tebal plastik yang Anda buat. Biasanya dibutuhkan setidaknya dua hari agar plastik benar-benar kering dan mengeras. Anda bisa menggunakan pengering untuk mempercepat proses pengeringan ini. Namun, cara termudah adalah membiarkan plastik selama beberapa hari mengering dengan sendirinya.

Jika ingin dibentuk, lakukan selagi plastik masih hangat dan mudah cetak.

Penjelasan Cara Membuat Plastik Dari Singkong dan Tepung Maizena. Semoga membantu dan terima kasih.