Cara Membuat Onion Ring Mozarella Gampang Dan Crispy

Memasuki musim penghujan memang paling nikmat menyiapkan cemilan saat ngumpul di rumah. Kali ini saya akan membagikan tips cara membuat onion ring mozarella, Selain punya cita rasa yang gurih dan nikmat, makanan satu ini juga terjangkau.

Onion Ring

onion ring

Bawang bombay goreng atau onion ring ini banyak disajikan di restoran cepat saji. Biasanya onion ring crispy ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung atau masakan lainnya. Rasanya yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk difavoritkan. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Bawang bombay goreng tepung crispy ini juga populer di luar negeri lho, di sana menyebutnya onion blossom. Hanya bedanya pengolahan onion blossom ini dengan cara memotong-motong kecil bawang bombay perkelopaknya dengan alat khusus sehingga menyerupai bunga yang mekar, Onion blossom ini bisa jadi menu pembuka atau camilan ala resto steak dan pasta.

Untuk membuat onion ring mozarella,  dengan cara potong terlebih dahulu bawang bombaynya berbentuk  melingkar kemudian lepaskan satu persatu  sampai berbentuk ring. Nah sudah semakin penasaran kan? yukk simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Onion Ring Mozarella

Bahan-Bahan:

  • 1 Buah Bawang bombay besar
  • 1 Bungkus keju mozarella
  • 10 Siung Bawang Putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 2 Butir telur
  • Tepung bumbu secukupnya
  • Tepung panir secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Onion Ring Mozarella:

  1. Potong bawang bombay besar kira-kira dengan ukuran 1,5cm
  2. Lepas satu persatu bulatan bawang bombay. Lalu rendam dengan air es kurang lebih 10 menit – 15 menit
  3. Pasang-pasangkan lingkaran bawang bombay ukuran besar dengan yang berukuran sedikit lebih kecil. Selanjutnya sisipkan keju mozarella melingkar di antara 2 pasang bawang bombay
  4. Setelah dipasang-pasangkan masukkan ke dalam kulkas untuk menjaga keju tidak meleleh. Waktunya kurang lebih sekitar 10 menit
  5. Selanjutnya, siapkan adonan tepung. Adonan tepung dibuat dari tepung bumbu atau tepung terigu yang ditambahkan lada bubuk, garam dan air secukupnya
  6. Setelah itu, kocok 2 butir telur sampai rata. Jangan lupa tambahkan sedikit lada bubuk sebelum mengocoknya
  7. Keluarkan bawang bombay dari kulkas. Kemudian, celupkan bawang bombai ke dalam adonan tepung lalu baluri dengan telur yang sudah dikocok. Kemudian celupkan lagi pada tepung panir hingga merata
  8. Setelah semua telah dilumuri tepung panir, masukkan onion ring ke dalam kulkas lagi selama kurang lebih 10 menit -15 menit
  9. Kemudian panaskan minyak dan goreng onion ring sampai kuning kecoklatan
  10. Onion ring siap dihidangkan. Jangan lupa tambahkan saus agar makin terasa nikmat.

Baca Juga: cara membuat bawang bombay crispy

Bawang Bombay

bawang bombay

Terkenal karena aromanya yang menyengat dan sebagai bahan masakan yang dapat menambah cita rasa, bawang bombay juga kerap kali membuat siapapun yang mengirisnya menangis. Secara umum, bawang bombai yang kerap digunakan terdiri dari dua jenis, yakni bawang bombai merah dan bawang bombai kuning.

Bawang bombai merah memiliki umbi dan kulitnya berwarna merah. Sedangkan, umbi bawang bombai kuning berwarna kuning pucat dan kulitnya berwarna cokelat. Dalam kuliner internasional, bawang bombai  lebih populer ketimbang bawang merah. Tapi, di Indonesia terjadi sebaliknya. Dalam kuliner Tanah Air, bawang merah lebih sering digunakan dibandingkan bawang bombai. Bawang bombai biasanya hanya dipakai untuk masakan Eropa, India, Arab, atau Cina yang sudah diadaptasi dengan selera lidah orang Indonesia.

Bawang bombay yang ber ciri khas dengan kulit cokelat keemasan ini mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, meliputi karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium, dan beragam antioksidan alami. Nah apa saja manfaat bawang bombay lainnya? Simak informasi berikut ini yuk,

Manfaat Bawang Bombay

1.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi ekstrak bawang bombay selama 6 minggu sedikit mengurangi tekanan darah sistolik (angka teratas) pada orang dengan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi produk kombinasi yang mengandung bawang bombay dan bahan lainnya selama satu minggu menurunkan tekanan darah sistolik pada orang dengan tekanan darah tinggi. Tetapi tidak ada suplemen yang tampaknya meningkatkan tekanan darah diastolik (angka terbawah).

2.Menyehatkan Jantung

Bawang bombay mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan yang dapat menurunkan trigliserida dan menurunkan kolestrol, sehingga manfaat bawang bombay untuk kesehatan jantung patut menjadi perhatian.

Salah satu senyawa yang terdapat pada bawang bombay adalah quercetin yang merupakan antioksidan flavonoid, memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan faktor risiko tekanan darah tinggi serta melindungi tubuh dari pembekuan darah.

3.Mengontrol Gula Darah

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan gula darah didukung oleh senyawa quercetin dan sulfur dalam bawang bombay, yang sekaligus memiliki efek anti diabetes. Hal ini tentu sangat membantu bagi penderita diabetes.

4.Mencegah infeksi

Kemampuan lain yang dimiliki bawang bombai adalah sebagai insektisida, parasitisida, antibakteri, dan anticendawan. Dengan kemampuan ini, bawang bombai dapat mencegah kemungkinan infeksi patogen yang menyerang tubuh saat kondisi lemah.

Sebagai gambaran, jika teriris pisau, kita dapat mengoleskan irisan bawang bombai di bagian tubuh yang terluka untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan. Jerawat pun dilaporkan dapat ditumpas dengan menggunakan bawang bombai. Caranya, olesi jerawat dengan air parutan bawang bombai. Terapi ini diyakini dapat membuat jerawat lekas kering.

Nah itu dia artikel dari saya tentang Cara Membuat Onion Ring Mozarella semoga sangat bermanfaat untuk anda yang sedang ingin mencoba sendiri unruk di jadikan teman nonton tv. Dan selamat mencobaa!.