Cara Membuat Minyak Kelapa Bening

Cara membuat minyak kelapa bening – Cara membuat minyak kelapa bening. Kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga yang tajam di pasaran telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Minyak goreng merupakan salah satu barang konsumsi terpenting dalam rumah tangga dan bisnis.

Dalam kondisi ini kami benar-benar dapat menciptakan solusi. Salah satu opsinya adalah mengganti penggunaan minyak goreng dengan minyak kelapa murni saat memasak atau menggoreng. Minyak kelapa juga dapat dengan mudah disiapkan dengan cara tradisional.

Membuat minyak kelapa sendiri juga jauh lebih sehat karena sudah pasti tidak ada bahan pengawet. Selain untuk memasak, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tentunya sebelum memulai membuat minyak kelapa bening ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin VCO terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin VCO itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan

Cara Membuat Minyak Kelapa Bening

Perlu dipahami bahwa tidak semua minyak kelapa diciptakan sama. Ada beberapa cara alami untuk menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang lain.

Bahkan, Anda bisa menggunakan 3 butir kelapa untuk menghasilkan kira-kira? secangkir minyak kelapa. Berikut langkah-langkah atau cara membuat minyak kelapa murni.

1. Kupas Kulitnya

Pegang kelapa dengan benar dengan telapak menghadap ke atas, lalu tusuk dengan ujung pisau hingga kelapa pecah. Agar lebih mudah, Anda bisa membungkus kelapa dengan handuk.

BACA JUGA  Strategi Marketing di TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Jika menggunakan palu, ketuk ringan beberapa bagian kelapa hingga kulit coklatnya retak. Kemudian, dengan hati-hati ambil cangkang yang tersisa. Anda bisa memesan air kelapa untuk diminum.

2. Parut Daging Kelapa

Langkah selanjutnya dalam proses pembuatan minyak kelapa adalah mengikis daging kelapa dengan tangan, menggunakan sisi pengikis yang halus. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk memarut kelapa.

3. Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1-3 gelas air ke kelapa parut, yang digunakan sebagai suplemen untuk membantu memeras santan.

Peras santan dari parutan kelapa dengan tangan. Anda juga bisa menggunakan kain katun tipis untuk memerasnya. Selanjutnya, saring santan melalui saringan jaring untuk membuang sisa kotoran sebanyak mungkin.

4. Panaskan

Cara membuat minyak kelapa selanjutnya adalah dengan memasukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hingga hangat. Namun, jangan sampai santannya mendidih. Panaskan lalu matikan api, adonan jangan diaduk.

5. Dinginkan

Kemudian biarkan santan menjadi dingin. Namun, Anda bisa membiarkannya sedikit hangat, hingga mencapai suhu kamar. Atau, Anda juga bisa menyimpannya di lemari es untuk sementara waktu.

6. Skim

Saat air kelapa sudah benar-benar dingin, Anda akan melihat lapisan kelapa berlemak di atas air kelapa. Gunakan spatula untuk menghilangkan lemak dan letakkan di wajan. Anda bisa menggunakan panci stainless steel untuk menambahkan lemak.

BACA JUGA  Panduan Lengkap: Cara Efektif Memeras Jeruk dengan Mudah di Rumah

7. Rebus

Aduk sedikit saja dalam prosesnya. Biarkan puding kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan didihkan selama kurang lebih 45 menit, tergantung berapa banyak puding yang tersisa. Selama proses ini, tampilan air kelapa akan berubah.

Anda akan melihat noda bening atau berminyak serta lendir tebal berwarna abu-abu atau cokelat. Minyak akan terpisah dari remah-remah yang dimasak. Terakhir, Anda bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.

8. Saring dan Dinginkan

Saring minyak dengan saringan jaring atau kain katun tipis. Biarkan hingga benar-benar dingin dan gunakan untuk melembabkan rambut, kulit atau untuk pengelupasan kulit.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam membuat minyak kelapa bening, Anda harus mempunyai mesin vco yang ini. Nah, itulah cara membuat minyak kelapa bening yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.