cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri

Siapa sih yang gak pernah makan kerupuk? kerupuk ialah salah satu makanan ringan dengan teksturnya yang renyah dan gurih makanan niadalah makanan favoritn siapa saja. tidak hanya di jadikan sebagai camilan, namun juga sebagai lauk untuk makan. Salah satunya iyalah kerupuk ikan blat. dan dijamin akan suka dengan kerupuk ikan tenggiri yang rasanya .

Begitu gurih dan renyah dari berbagai, aneka bentuk dan rasa kerupuk pun sangat mudah di jumpai sebagai kekayaan kuliner nusantara bahan baku pembuatanya pun bermacam macam.

Bukan hanya daging ikan, kerupuk nusantara ada yang terbuat dari kulit sapi, tepung yang di campur dengan bumbu bawang putih, tempe, bahkan hinggan sayur sayuran misal bayam dan bisa juga dengan buah buahan.

cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri

Bahan-bahan;

  • Daging ikan tenggiri, giling halus – 100 gram
  • Tepung sagu – 150 gram
  • Soda kue – 1/2 sdt
  • Telur – 1 butir
  • Garam – 1/2 sdt
  • Kaldu jamur – 1/2 sdt
  • Bawang putih, haluskan – 2 siung
  • Minyak untuk menggoreng – secukupnya

Langkah Langkah:

  1. Dalam wadah, campur semua bahan dan uleni hingga kalis. Untuk tepung sagu, campurkan sedikit demi sedikit.
  2. Lalu Cetak adonan sesuai selera.
  3. Siapkan wajan, masukkan adonan selagi minyak dingin menggunakan api kecil.
  4. Goreng hingga kecoklatan.
  5. Tiriskan dengan Mesin peniris minyak. Setelah dingin, segera masukkan dalam toples.
BACA JUGA  Resep Membuat Pisang Goreng Crispy

Amplang merupakan sejenis makanan ringan tradisional asal Samarinda. Snack ini biasanya terbuat dari campuran ikan dan tepung yang digoreng garing. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Bentuknya pun lucu, cocok menjadi buah tangan selama liburan di Samarinda.

Amplang adalah makanan ringan tradisional yang terbuat dari ikan yang disajikan di Samarinda, Indonesia dan kemudian terkenal di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Pesisir Timur Sabah, Malaysia. Amplang terbuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng.

Mamfaat rumput laut dalam pembuatan kerupuk amplang yaitu dapat menambah nilai gizi dari suatu kerupuk amplang mengingat bahan utama yang digunakan adalah ikan yang kaya akan protein ditambah lagi rumput laut yang kaya akan nutrisi seperti protein, kharbohidrat, lemak, abu dan vitamin. Serta rumput laut juga dapat menjadikan tampilan amplang lebih menarik karena memiliki warna yang bersih dan putih dibangdingkan dengan amplang tidak menggunakan campuran rumput laut.

Metode yang digunakan dalam pembuatan amplang ini adalah menggunakan metode kering, yaitu dengan pembuatan amplang tanpa melalui perebusan dengan air mendidih, sehingga setelah melalui tahap proses pembentukan langsung dilakukan penggorengan dan siap untuk dikomsusi. Kelebihan menggunakan metode kering yaitu amplangnya dapat bertahan lama dan awet sedangkan jika menggunakan metode basah tidak bisa bertahan lama hanya boleh dikomsumsi pada hari itu saja dimana amplang itu diproduksi.

BACA JUGA  Kontraktor renovasi kantor di Jakarta Barat Recomended

Proses Pembuatan kerupuk amplang dengan tambahan rumput laut (Eusheuma cottonii). Melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari penerimaan bahan baku, sortasi I, penyiangan, pencucian, pengambilan daging, pelumatan daging, pencampuran, pembentukan, pemasakan, penirisan, pengemasan, penyimpanan sampai pengiriman (Stuffing).

Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Selain rasanya yang lezat, Amplang juga punya banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk tulang karena mengandung vitamin A, Omega 3 dan 6, Kalsium, dan Protein yang lebih dari kandungan susu.

Baca juga:Cara Membuat Kerupuk Ikan Bulat Yang Enak Dan Gurih

selamat mencoba terimakasih