Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa – Kerajinan sabut kelapa adalah benda sabut kelapa dimana kelapa itu sendiri adalah bagian kasarnya, berguna untuk melindungi buah kelapa.

Ya, buah kelapa memang terkenal dengan semua bagiannya yang bisa didaur ulang, salah satunya kelapa. Tentunya sebelum membuat kerajinan jantung kelapa ini, bahan utamanya yaitu kelapa harus dibersihkan terlebih dahulu.

Banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bahan ini. Penasaran apa saja contoh dan cara membuat kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa? Nah yuk simak berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dekorasi atau sebagai bisnis kamu selanjutnya!

Contoh dan Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Bahan dasar sabut kelapa bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan yang bisa dijual kembali.Ada banyak bentuk yang bisa dibuat, baik itu bantal, briket, matras, jok mobil dan lainnya.

Kerajinan berbahan dasar sabut sebagai bahan dasarnya juga memiliki nilai jual yang tinggi, lalu apa saja contoh kerajinan sabut? Jadi mari kita lihat penjelasannya di bawah ini!

1. Kerajinan Bantal dari Sabut Kelapa

Kerajinan pertama yang menggunakan kelapa adalah bantal. Ya, siapa sangka bantal juga bisa dibuat dari kelapa, jadi tidak hanya tentang bantal dari kapas, kapuk atau dacron, tetapi membuat bantal dari kelapa juga cukup sulit dibandingkan dengan bahan lainnya.

Untuk membuat bantal ini terlebih dahulu siapkan kelapa yang sudah benar-benar hilang warna coklatnya. Anda bisa menghilangkan warna ini dengan warna putih. Kemudian dilakukan proses pembersihan dengan minyak nabati dan proses penjemuran, setelah selesai sabut kelapa dapat dibentuk menjadi bantal.

2. Kerajinan Briket dari Sabut Kelapa

Selain batu bara, Anda juga bisa membuat briket dengan campuran kelapa-kelapa, tentunya briket kelapa jauh lebih ramah lingkungan dan tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan briket yang terbuat dari batu bara.

BACA JUGA  Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan di Tiktok

Cara pembuatan briket ini juga memakan waktu cukup lama, yakni terlebih dahulu membakar sabut kelapa dan didiamkan semalaman. Setelah kering, angkat dan bersihkan hingga halus.

Jika demikian, lakukan lagi dengan memfilternya. Hasil gilingan tersebut kemudian dicampur dengan lem kanji dan dituang ke dalam printer lalu langsung dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

3. Kerajinan Cocomesh dari Sabut Kelapa

Cocomesh adalah perahu yang digunakan untuk memperkuat lereng, mencegah erosi, dan lainnya. Kokas coco ini menyerupai jaring karena pada awalnya dibuat dalam bentuk tali yang dianyam dari jantung coco.

Cocomesh juga berguna untuk mencegah tanah permukaan tumpah. Jadi keunggulan kocomesh ini adalah kerajinan ini tahan lama dan terbuat dari bahan organik.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bentuk perahu ini adalah jaring dengan jarak tali 2×2cm, 3×3cm, dan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

4. Kerajinan Cocosheet dari Sabut Kelapa

Jika pot kelapa berbentuk polybag ekologi berbeda dengan janur, dimana janur berbentuk janur yang digunakan sebagai pupuk tanaman. Cara melakukannya adalah dengan menjahit atau memelintir kelapa.

Umumnya daun sabut berbentuk lembaran yang dilapisi bahan lateks seperti yang telah dibahas di atas sebagai media tanam, terutama untuk anggrek dan pohon sejenis.

5. Kerajinan Jok Mobil dari Sabut Kelapa

Tahukah anda ternyata bahan kelapa ini juga bisa digunakan untuk membuat jok mobil, nyatanya bentuk kerajinan ini masih asing. Manfaat menggunakan kursi serabut kelapa tentunya ramah lingkungan. Jok kulit juga lebih lentur dan tidak bau dibandingkan jok mobil pada umumnya.

BACA JUGA  Bahan Kaos Elastis dalam Keunggulannya di Dunia Fashion

Hal ini juga cukup sulit dilakukan, yakni terlebih dahulu membersihkan kecoa yang ternyata menghasilkan serabut-serabut halus. Setelah selesai, masukkan bahan tersebut ke dalam jok mobil dan tekan hingga benar-benar kencang, lalu jika sudah benar-benar kencang tutupi dengan bahan kulit.

6. Kerajinan Keset  dari Sabut Kelapa

Karpet yang terbuat dari batok kelapa ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Di mana kita dapat dengan mudah menemukan kerajinan ini di pasaran?

Berbagai bentuk keset dibuat dari bahan dasar sabut ini. Keunggulan karpet coirmat adalah kesetnya cenderung lebih cepat kering.

Coirmat dibuat dengan terlebih dahulu mengolah bahan menjadi hati yang tebal dan kemudian mencampurkan semua hati yang tebal dan kuat menjadi satu. Jika sudah siap, masukkan ke dalam cetakan dan tekan hingga mengeras dan diamkan selama 1-2 hari sebelum dikeluarkan dari cetakan.

Tentunya apabila ingin mengurai sabut kelapa, anda bisa mengurai sabut kelapa dahulu agar nantinya dapat menghasilkan serat dan gabus. Dengan cara ini, anda harus memiliki alat pengurai sabut kelapa. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.