Cara Membuat Coklat Rumahan yang Enak

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Cara Membuat Coklat Rumahan yang Enak. Mau tahu resepnya? Kepoin dibawah ini,

Coklat adalah salah satu hasil olahan dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman mereka. Coklat, pada umumnya diberikan untuk hadiah atau bingkisan di hari raya.

Beragam bentuk coklatyang bervariasi dari bentuk, corak, dan varian rasa yang beraneka ragam membuat coklat sering digunakan sebagai ucapan terimakasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia.

Selain bisa dibuat cokelat batangan yang sering dikonsumsi, cokelat juga bisa menjadi bahan minuman hangat dan dingin. Mau tahu cara membuat coklat yang enak? Ikuti langkah dibawah ini,

Cara Membuat Coklat Rumahan

cara membuat coklat

  • Panen

Proses pembuatan coklat yang pertama yaitu memetik buah coklat yang telah benar-benar masak. Mengapa? Karena kualitas coklat yang dihasilkan juga pastinya ditentukan dari seberapa matang coklat tersebut. Coklat yang matang berasal dari pohon dengan sempurna memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada coklat yang matang ketika setelah dipetik.

  • Fermentasi

Setelah memetik buah coklat, langkah selanjutnya yaitu proses fermentasi kurang lebih lima hari. Proses fermentasi ini memakai getah dari coklat itu sendiri karena getah coklat bisa mengeluarkan enzim alami yang bisa mempercepat fermentasi dan hasilnya akan lebih sempurna.

Pada proses fermentasi ini harus memerlukan pengawan karena jika terlalu lama proses fermentasinya, maka coklat nanti hasilnya tidak akan bagus.

  • Pengeringan dan Sortir

Biji coklat yang sudah di fermentasi sebelumnya harus dikeringkan dulu dan disortir secara manual dengan menggunakan tangan. Hal ini bertujuan untuk memilih biji coklat yang sesuai dengan berat serta jenis nya satu sama lain.

BACA JUGA  Cara Membuat Jasuke Mozarella

Cara yang paling mudah yaitu dengan cara menghitung biji coklat sebanyak 100 gram jika biji coklat itu bagus, maka coklat dalam 100 gram tersebut terdiri dari 80 sampai 90 biji. Apabila tidak seperti takaran tersebut, berarti coklat tersebut tidak berkualitas bagus.

  • Pemanggangan

Setelah dikeringkan, kemudian lanjut proses pemanggangan. Proses ini dilakukan agar aroma dari coklat nya keluar, dan bisa menggugah selera siapapun. Proses pemanggangan setiap biji ini juga mempunyai suhu dan waktu yang berbeda beda.

  • Winnowing

Setelah biji coklat selesai di panggang, langkah selanjutnya yaitu pemisahan cangkang dari biji coklat yang nanti akan diolah. Pemisahan kakao ini harus dilakukan dengan sangta hati-hati karena, buah kakao sangat mudah rusak ketika dalam proses pemecahan ini jika tidak berhati – hati.

  • Grinding

Dalam bentuk yang sudah setengah hancur, inti dari biji coklat ini harus digiling sampai halus. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus bisa menggunakan alat penggiling yang kalian gunakan seperti batu.

Tetapi, mesin penggiling coklat akan lebih memudahkan Anda ketika akan mengolahnya. Sehingga, nanti nya dalam penghancuran massal ini akan berupa cairan coklat yang begitu kental.

  • Pengadukan

Cairan coklat yang kental itu masih berupa pasta, Anda bisa membuat rasa nya lebih enak dengan menambahkan sedikit bahan lain seperti susu dan gula agar rasa nya lebih manis.

  • Couching

Proses selajutnya yaitu memasukkan cairan coklat ke dalam proses pengadukan, hal ini bertujuan untuk mengurangi keasaman.

BACA JUGA  Khasiat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang Sangat Bermanfaat Sekali

Selama proses pengadukan pasta coklat tersebut, harus di aduk secara terus menerus agar rasa asam nya bisa berkurang. Anda bisa mengetahuinya dengan keluarnya hawa panas dari coklat. Namun, sebaiknya Anda menggunakan mesin pengaduk supaya hasilnya lebih bagus dan cepat.

  • Tempering

Tempering adalah proses yang terakhir dari pengolahan coklat, yaitu dengan memisahkan coklat berdasarkan jenis-jenis susu. Pada proses terakhir ini, pada umumnya di dapatkan cocoa butter serta cocoa powder.

Cocoa butter tersebut nantinya disebut dengan coklat putih karena warna nya yang memang seperti mentega putih, dan dalam proses ini coklat dark ataupun coklat yang berwarna gelap akan dicetak dalam bentuk bar atau bentuk batangan.

Untuk mesinnya, Anda bisa menggunkaan mesin pembuat coklat yang sudah dijual diberbagai toko mesin. Karena, dengan menggunakan mesin pembuat coklat ini, Anda bisa dimudahkan dalam proses pembuatan coklat nantinya.