Peluang Usaha Santan Kelapa, Bisnis Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Santan Kelapa. Salah satu bisnis yang tidak membutuhkan banyak bahan, tidak perlu menggunakan label, nama produk dan kemasan khusus adalah bisnis santan. Santan dari kelapa parut. Hanya kelapa, yang merupakan bahan utama, yang ditambahkan air.

Mudah diolah dan bahannya murah, tapi siapa sangka jika ternyata bisa berlipat ganda. Mengaku sudah tujuh tahun menggeluti bisnis santan. Dengan mesin parut dan mesin peras kelapa, ia mampu menjual 200 hingga 300 bungkus santan dalam sehari.

“Untuk memarut kelapa saya menggunakan mesin, begitu juga untuk memeras santan saya menggunakan mesin ganda untuk memeras kelapa. Sebelum diparut, rambut dan tempurung kelapa dihilangkan terlebih dahulu. Setelah itu, kulit kelapa dikupas menggunakan pengikis kulit kelapa. Sebenarnya, bahkan tanpa menggores pun tidak masalah. Kita sesuaikan saja dengan keinginan konsumen.”.

Setelah kelapa dipisahkan dari tempurungnya, kemudian dicuci bersih. Air kelapa dipisahkan dalam wadah yang berbeda. Karena menurut Supriadi, terkadang ada yang membutuhkan air kelapa.

Mesin pemeras santan yang digunakan merupakan mesin ganda yang dapat memisahkan santan yang sudah diolah dan ampas parutan sisa dalam wadah yang berbeda. Jika ampasnya masih memungkinkan untuk diperas lagi, maka kembali melakukan cara yang sama seperti di awal, untuk menghasilkan santan.

BACA JUGA  Bahaya Mengonsumsi Frozen Food

Menurut, produk santan merupakan bahan yang tidak bisa disimpan lama setelah diolah. Setidaknya satu jam setelah diperas, santan harus segera digunakan. Untuk santan yang harus disimpan dan ditunda penggunaannya sebaiknya disimpan di lemari es, namun penyimpanan maksimal hanya dua jam setelah diperas.

Berbeda jika masih dalam bentuk parutan kelapa yang bisa disimpan selama dua hari jika dimasukkan ke dalam freezer. Setelah itu masih dapat dimanfaatkan menjadi santan. Omset dari usaha santan bisa mencapai Rp. 2 juta menjadi Rp. 3 juta per hari, apalagi saat liburan sudah dekat.

Kenyataan ini pasi dapat membuat anda memperhitungkan apakah peluang bisnis santan mempunyai potensi yang bagus? Pastinya peluang bisnis santan menjadi jawaban yang benar untuk anda yang ingin mengawali bisnis. Apa saja yang perlu digagas saat ingin memulai bisnis santan ini? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Modal Peluang Usaha Santan Kelapa

Peluang Usaha Santan Kelapa

Pertama anda perlu memperhatikan apakah modal yang anda punya mencukupi untuk membeli semua perlengkapan pada analisis bisnis santan di bawah ini. Perkara ini bersangkutan dengan proses pengolahan pada jumlah banyak, selain itu anda juga memerlukan mesin agar dapat mengolah santan jadi bubuk.

Baca juga : Modal Usaha Santan Kelapa dan Analisa Usahanya

BACA JUGA  Tips Mengaplikasikan Pelembab dengan Baik

2. Jenis Santan

Anda mungkin berfikir bahwa santan hanya terdapat dalam wujud cair, sejatinya santan itu bermacam-macam jenisnya, disarankan untuk memilih jenis santan yang berwujud bubuk sebab lebih efisien dijual di berbagai daerah. Jika umumnya santan akan basi jika tidak didinginkan, maka dalam wujud bubuk tidak sama lagi.

Jika Anda hanya memasarkannya pada area, anda dapat mempersiapkannya dalam bentuk cair, lalu terdapat pula yang beku maupun dalam wujud dingin.

3. Pasokan Kelapa

Anda harus melihat dulu apakah di sekitar tempat Anda banyak terdapat kelapa, jika iya bisa dilanjutkan karena tidak perlu membeli kelapa dari jauh. Kemudian, jika kelapa jarang ada, Anda bisa mempertimbangkan berapa modal yang harus dikeluarkan untuk ongkos kirim kelapa yang akan Anda beli nantinya.

4. Target Pasar Peluang Usaha Santan Kelapa

Anda perlu mengetahui daerah mana yang akan menjadi target pasar anda, jangan lupa juga untuk mencari distributor serta bekerja sama dengan bermacam-macam orang guna menjual produk yang anda punya.