Cara Membuat Bakpao Kukus Sederhana

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bakpao kukus sederhana,penasaran kan yuk simak artikel kali ini,sebelum mengulas lebih dalam cara membuatnya kita harus mengenal terlebih dahulu asal usul bakpao

Asal Usul Bakpao

asal usul bakpao

Siapa yang tidak tahu bakpao? Hidangan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diuleni dan bersama ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang.bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibesarkan kemudian dikukus hingga matang.

Bakpao sendiri merupakan makanan tradisional Tionghoa yang telah menjadi makanan siapa saja. Namun apakah kamu tahu asal usul bakpao tersebut?Sebutan Bakpao berasal dari gabungan kata “Pao” dan “Bak”. Pao memiliki arti bungkusan dan bak memiliki arti daging. Jadi, bakpao bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi daging.

Dalam bahasa Hakka / Khek yaitu Nyukppao / Yungppao, artinya sama yakni daging yang terbungkus. Awalnya, bakpao yang berisi daging karena masyarakat Tionghoa mengonsumsi daging babi.Tapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kuliner, isian dalam bakpao tidak melulu daging.

Varian isian bakpao bermacam-macam mulai dari cokelat, selai kacang, selai buah, daging ayam, daging ikan hingga daging sapi juga sayuran.Penemu bakpao yang pertama adalah seorang tentara Tionghoa bernama Zhuge Liang. Zhuge Liang adalah salah satu tentara ahli strategis Cina, perdana menteri, insinyur dan ilmuwan.

Setelah melakukan peperangan dan meraih kemenangan lantas akan kembali ke ibu kota, Liang serta pasukannya harus melewati sungai besar yang berombak dan berbadai.Salah seorang memberitahukannya bahwa sejak zaman nenek moyangnya, agar sungai tenang dan bisa diseberangi dengan selamat, pilihlah 50 kepala di sana.

Tapi, karena Liang tak ingin kembali terjadi pembunuhan atau pertumpahan darah, ia pun membuat kue yang berbentuk mirip kepala manusia, bulat namun rata di mana disebut Baozi atau bakpao.intisari usul bakpao sekarang aku akan kasih tau nih cara membuat bakpao mari kita langung menuju cara bikin bakpao kukus sederhana

Bakpao Kukus

Bakpao Kukus

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakpao Kukus

Bahan Adonan Bakpao :

  • Tepung Terigu 300 Gram.
  • Susu Cair 200 Ml.
  • Garam Sejumput.
  • Gula 2 Sendok Makan Ragi.
  • 3 Gram.
  • Minyak 1 Sendok Makan.

Isian Bakpao :

  • Susu Cair 400 Ml.
  • Kuning Telor 2.
  • Garam Sejumput.
  • Vanilla Extract ½ Sendok teh alau tidak ada bisa mengunakan 2 tetes pewarna pandan.
  • Tepung Terigu 3 Sendok Makan.
  • Gula 80 Gram.

Cara Membuat Bakpao

cara membuat bakpao kukus

  1. Pertama-tama kita siapkan baskom atau mangkuk besar, kemudian masukan tepung terigu, gula dan garam dan juga raginya, susu sama minyak secukupnya. Setelah semua sudah dimasukan kita aduk-aduk sampai tercampur atau kalian bisa menggunakan mixer roti
  2. tercampur semua bahan kita pindahkan ke bidang datar atau bisa menggunakan talenan yang sudah di kasih alas plastik agar tidak lengket, lalu kita olah menggunakan tangan sekitar 5 menit sampai semuanya menyatu dengan baik dan kalis dan sudah bisa menjadi adonan.
  3. Setalah adonan kalis dan tidak lengket, lalu kita berikan sisa minyak pada baskom yang sebelumnya, kemudian oleskan hingga merata setelah itu kita letakan adonan tadi kedalam baskom yang sudah di olesi minyak lalu kita diam kan kurang lebih selama 1 jam di suhu terhangat di dapur kita, jangan lupa ditutup terlebih dahulu.
  4.  Selanjutnya kita akan membuat Isian untuk bakpao, mari kita siapkan panci lalu letakan diatas kompor tapi jangan dinyalakan apinya dulu. Setalah itu masukan bahan” isian nya kedalam panci dan tuangkan susu kedalam panci sekitar 400 ml, setelah itu masukan garam, gula, kuning telur, 2 tetes pewarna pandan. Aduk-aduk sampai tercampur rata lalu nyalakan kompor apinya kecil saja dan sambil di aduk terus sampai menyatu semuanya dan mendidih juga mengental.
  5. jika sudah mendidih dan matang kita sisihkan terlebih dahulu isian bakpao nya, lalu kita siapkan adonan bakpao nya yang tadi kita sudah diamkan selama 1 jam pastinya adonan nya akan mengembang setelah kita diam kan tadi, selanjutnya kita letakan di alas datar atau talenan lalu kita bagi adonan nya menjadi beberapa bagian.
  6. kemudian di potong menjadi beberapa bagian lalu kita buat adonan nya manjadi bulat setalah itu buat jadi gepeng untuk memberikan isian yang sebelumnya tadi kita buat.
  7.  adonan nya di masukan isian kita diam kan kurang lebih selama 30 menit sampai adonan nya mengembang, adonan nya di tutup mengunakan kain bersih.
  8. 30 menit di diamkan kita panaskan terlebih dahulu dandang kukusnya sesudah dikira panas lalu kita masukan adonan kedalam dandang selama 10 – 15menit.
  9.  Jika sudah 10 menit dan sudah matang angkat bakpaonya lalu letakan di piring atau wadah yang cukup besar, sesudah itu bakpao siap untuk di nikmati.