Cara Buat Kerupuk Terasi dan Manfaat Kerupuk!

Hai temen temen semua, di artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 resep kreasi cara buat kerupuk terasi dan manfaat yang ada di kerupuk. Masyarakat Indonesia memang belum dapat dipisahkan dengan makanan yang satu ini, makan seperti ada yang kurang dan tidak lengkap apabila tidak ada kerupuk sebagai pendamping makanannya, ada berbagai jenis kerupuk dan memiliki cita rasa yang beraneka macam.

Rasa gurih dan gigitannya yang renyah dari kerupuk memang bisa menambah selera makan dan pelengkap pada makanan. Di sini saya akan membahas mengenai Bagaimana cara buat kerupuk terasi. Bahan baku yang dibutukkan sama seperti kerupuk pada umumnya.

Tepung tapioka adalah bahan utama atau bahan dasar untuk pembuatan kerupuk yang di campur dengan terasi agar mempunyai cita rasa yang khas dan enak. Ada 2 kreasi resep cara membuat kerupuk terasi yang akan kami sajikan untuk anda yang gemar sekali makan dengan dilengkapi kerupuk sebagai makanan pendamping yang wajib.

Langsung saja kita simak cara pembuatannya dan manfaat kerupuk untuk kesehatan tubuh!

1. Cara Buat Kerupuk Terasi Mudah dan Cepat

cara buat kerupuk terasi

Sebelum memulai membuat kerupuk terasi kalian perlu untuk menyiapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut di bawah adalah bahan bahan yang diperlukan.

Bahan Bahan :

  • 500 gr tepung tapioka
  • 200 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 sdt garam
  • 2 sdt terasi goreng

Langkah dan Cara Pembuatan Kerupuk Terasi:

Setelah semua bahan sudah siap berikut adalah langkah dan cara untuk membuat kerupuk terasi:

  1. Haluskan semua bumbu kecuali tepung tapioka, dan campurkan dengan air.
  2. Campur larutan air dengan 1 sdm tepung tapioka, aduk rata dan rebus sampai menjadi lengket dan teksturnya sama seperti lem.
  3. Saat masih panas tuang adonan kerupuk langsung setelah beberapa saat kompor dimatikan, ke dalam baskom dan tambahkan sisa tepung tapioka tadi sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bisa dengan mudah unutuk dibentuk.
  4. Bentuk memanjang sama seperti bentuk pempek lenjer atau silindris dan baluri dengan sedikit minyak goreng.
  5. Kukus selama kurang lebih sekitar 45 menit, dinginkan dan simpan di dalam kulkas dengan jangka waktu semalam.
  6. Iris tipis menggunkan pisau yang tajam dan tata di atas loyang atau tampah.
  7. Jemur di bawah sinar matahari hingga kerupuk benar benar menjadi kering.
  8. Goreng dengan minyak panas yang banyak.
BACA JUGA  cara bikin nasi kuning tanpa santan

2. Resep Kreasi Cara Buat Kerupuk Terasi dengan Nasi

Anda juga bisa mengkreasikan kerupuk terasi dengan nasi sisa yang ada di rumah loh. Biasanya kalau anda memilik nasi sisa pasti langsung dibuang atau dikasih ke ayam kan? Wah sayang sekali padahal dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak, contohnya saja dengan membuat kerupuk terasi nasi sisa.

Maka dari itu mari kita simak cara membuat kerupuk terasi nasi sisa. Sebelum memulai membuat kerupuk terasi kalian perlu untuk menyiapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut di bawah adalah bahan bahan yang diperlukan.

Bahan Bahan :

  • Siapkan nasi sisa seadanya.
  • Siapkan 2 bawang putih (tergantung banyak nya nasi).
  • Tambahkan 1 bungkus Terasi.
  • Tambahkan penyedap rasa.
  • Ambil Aci atau tepung tapioka.

Langkah dan Cara Pembuatan Kerupuk Terasi:

Setelah semua bahan sudah siap berikut adalah langkah dan cara untuk membuat kerupuk terasi nasi:

  1. Cuci nasi jika bau sampai bau nya hilang, kalau tidak bau maka tidak perlu untuk di cuci.
  2. Setelah nasi sudah dicuci bersih, kukus nasi sekitar kurang lebih 15 menit.
  3. Sambari menunggu nasi, haluskan bawang putih dan terasi.
  4. Angkat nasi dan taburkan tepung tapioka atau aci secukupnya saat masih dalam keadaan panas, jika nasi ada satu piring taburkan dengan saja satu sendok.
  5. Aduk rata dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga kalis, tambahkan sedikit penyedap rasa.
  6. Tunggu agak dingin lalu bisa di cetak menggunakan plastik dan di lumuri dengan sedikit minyak.
  7. Kemudian di jemur sampai kering, setelah sudah benar – benar kering bisa untuk di goreng dan di makan.
  8. Selesai

Sangat mudah bukan Cara membuat terasi di atas. Anda bisa membuat kerupuk ini dalam jumlah yang banyak untuk stok, namun tips dari saya adalah untuk mengusahakan pembuatan kerupuk terasi ini di musim kemarau karena panas matahari yang sangat baik sehingga kerupuk cepat kering. Bila musim penghujan anda akan kesulitan dalam tahap penjemuran bahan kerupuk tersebut.

BACA JUGA  Macam-Macam Polo yang Populer untuk Digunakan

Manfaat Kerupuk untuk Kesehatan Tubuh

cara buat kerupuk terasi

Walaupun kerupuk kerap disebut tidak mempunyai manfaat dan vitamin, namun rupanya terdapat beberapa manfaat kerupuk kulit bagi kesehatan. Namun, mengonsumsi kerupuk kulit juga jangan terlalu berlebihan karena mempunyai efek samping yang buruk.

Makanan yang Anda konsumsi secara berlebihan tentunya tidak baik juga bagi kesehatan, salah satunya adalah kerupuk. Manfaat kerupuk kulit dapat dirasakan ketika kamu telah mengonsumsi kerupuk kulit melebihi batas wajar.

Selain nikmat dan kerap menjadi teman makan ataupun camilan, berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada pada kerupuk kulit untuk kesehatan :
  • Dapat Mengobati Maag.
  • Baik untuk Pertumbuhan Tulang.
  • Menambah Cadangan Energi.
  • Tinggi Akan Kandungan Protein.
  • Baik untuk Pencernaan.
  • Rendah Kalori.
  • Mengandung Protein Hewani yang Tinggi.
  • Penawar Rasa Pedas.

Nah jika Anda ingin menjualnya, bisa mengemas kerupuk ini dengan menggunakan mesin hand sealer karena akan sangat cocok untuk produk seperti kerupuk aci dan alat ini mempunyai fungsi yang berguna merekatkan atau mengepress kemasan plastik. Untuk menggunakan Impulse Sealer atau Mesin Hand Sealer kamu dapat mencari dan membelinya dengan mudah melalai web rumah mesin.

Demikian artikel ini yang membahas tentang cara bikin kerupuk terasi, semoga anda bisa dengan mudah memahami cara pembuatannya dan dapat memberikan manfaat bagi kalian yang ingin bikin kerupuk terasi.