Termudah!!, Cara Bikin Gula Kapas Enak Dan Mudah Dibuat

Cara bikin gula kapas dan beberapa pembahasan tentang gula kapas atau gulali.

 

Gula Kapas

Cara bikin gula kapas

Kembang gula kapas atau cotton candy adalah jajanan tradisional khas Indonesia. Cara membuat kembang gula kapas pun tergolong tidak rumit. Yang diperlukan adalah mesin gula kapas dan gula pasir itu sendiri. Kembang gula kapas ini terbuat dari gula pasir. Banyak anak anak yang suka dengan jajanan kembang gula kapas ini.

Bila difikir secara logika jika saja permen yang memiliki berbagai rasa bentuknya adalah gula pasir lalu dibuat makanan kembang gula kapas maka tentunya kembang gula kapas tersebut akan memiliki berbagai rasa sesuai rasa permen gula pasir tadi. Tentunya kembang gula kapas tersebut akan memiliki berbagai rasa yang nikmat seperti rasa permen yang memiliki aneka rasa.

Jika anda lebih kreatif lagi maka buatlah bahan dasar kembang gula kapas yaitu gula pasir dari berbagai rasa natural alami buah. Maka akan tercipta kembang gula kapas yang bervitamin seperti rasa natural buah dengan vitaminnya yang bermanfaat. Nikmatnya dan indah bentuknya kembang gula kapas tidak akan tercipta bila tanpa menggunakan mesin gulali kapas tentunya.

Tak heran bila banyak orang yang ingin berbisnis kembang gula kapas karena ingin meraup untung yang besar. Juga karena ingin menyalurkan kreatifitasnya dalam menciptakan kembang gula kapas yang lezat dan nikmat dengan beraneka macam rasa.

 

Sejarah Gula Kapas

Cara bikin gula kapas

gula kapas sudah ada sejak abad ke-15. Gula kapas sudah dikenal di Italia sejak abad tersebut dan menjadi makanan favorit. Saat itu, gula kapas tak selembut yang sekarang. Namun, pada abad ke-19, dua orang bernama William Morisson dan John C Wharton diidentifikasi sebagai penemu gula kapas atau permen kapas.

BACA JUGA  Keindahan Alam di Sekelilingnya Villa Membuat Ingin Kembali Lagi

William Morisson merupakan seorang dokter gigi, pengacara, penulis buku anak-anak, pembuat lemak babi palsu dari biji kapas dan pembuat perangkat kimia yang berfungsi membersihkan air minum dari Nashville.

John C Wharton adalah pembuat permen dari Tennessee. Tahun 1897, dua orang ini menciptakan mesin listrik peleleh kapas atau mesin pembuat gula kapas. Mesin ini dipatenkan sebagai mesin pembuat gula kapas pertama di dunia pada tahun 1899.

Tahun 1904, William dan John mengenalkan gula kapas buatan mereka ke Amerika Serikat. Di Amerika gula kapas sangat digemari dan semakin populer. Permen kapas dijual di acara-acara besar seperti karnival, festival, sirkus dan sejenisnya. Permen kapas semakin populer dan penjualannya mencapai kesuksesan maksimal.

Dari tahun ke tahun, gula kapas semakin populer tak hanya di Amerika tetapi juga benua lainnya termasuk Eropa dan Asia. Kepopuleran gula kapas semakin memuncak ketika makanan manis ini dibawa oleh para pedagang dan saudagar ke berbagai negara dan diperkenalkan ke warga atau masyarakat setempat.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara membuat permen kapas tanpa alat juga ya.

 

Cara Bikin Gula Kapas

Cara bikin gula kapas

Ternyata gula kapas dapat dibuat sendiri lo. Mari kita simak resepnya dan cara membuatnya dibawah ini.

BACA JUGA  Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Toko Ramai Pembeli

Bahan-Bahan:

  • 1,5 kg gula pasir
  • 1/8 sdm pasta pandan atau pasta strawberi
  • 1/2 sdm asam citrun
  • 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Alat-alat:

  • Persiapkan mesin arum manis untuk membuat gulali arum manis
  • Stik kayu/cone stick untuk menggulung arum manis

Cara Membuat Gulali Kapas:

  1. Pertama campurkan gula dengan pewarna makanan yang diinginkan dan diaduk-aduk sampai merata.
  2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
  3. Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat sampai keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.
  4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
  5. Arum Manis siap untuk dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dijual).
  6. Masukkan gula pasir ke wadah pemanas Cotton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastic.

Gimana? Tertarik? Anda dapat membuatnya sendiri dirumah lo. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan gula kapas Anda.