Bisnis Pertanian Modal Kecil

Bisnis pertanian tidak selalu menggunakan modal yang besar bisnis pertanian juga dapat dilakukan dengan modal yang kecil. Lalu, kira-kira, apa saja jenis ide bisnis pertanian rumahan yang menguntungkan tersebut? Nah berikut ini ada beberapa contoh bisnis pertanian dengan modal kecil simak informasi berikut.

Contoh Bisnis Pertanian Modal Kecil

1. Bisnis Pertanian Modal Kecil Menjual Tanaman Organik

Bisnis Pertanian Modal Kecil

Ide bisnis pertanian rumahan yang pertama ialah menjadi petani tanaman organik. Saat ini, permintaan terhadap jenis tanaman bebas zat kimia yang satu ini sangat tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan jenis tanaman organik disebut-sebut lebih sehat dan memiliki penampilan yang menarik. Oleh karena itu, menjadi petani tanaman organik bisa menjadi salah satu ide bisnis petani rumahan yang cukup menjanjikan untukmu.

2. Bisnis Pertanian Modal Kecil Menjual Tanaman Hias

Bisnis Pertanian Modal Kecil

Kenapa peluang usaha pertanian ini bisa memberikan untung besar?

Jawabannya seragam dengan poin sebelumnya, yaitu karena saat ini bercocok tanam seakan menjadi kegiatan yang dilakukan banyak orang di saat pandemi seperti sekarang.

Banyaknya waktu yang dihabiskan banyak orang di rumah, membuat masyarakat mencari kegiatan lain salah satunya merawat tanaman hias.

Tanaman hias sendiri memilki pangsa yang besar, pasalnya selain dapat mempercantik ruangan rumah dan membuatnya tampak sejuk, juga mudah dirawat.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba salah satu peluang usaha saat pandemi ini, bisa memilih tanaman hias yang lagi trend 2020 yaitu: Philodendron Micans, Monstera atau Janda Bolong, Cryptanthus Red, Calathea, Lidah Mertua, dan Begonia atau Sri Rejeki.

BACA JUGA  Beberapa Pilihan Alat Pembuat Arum Manis

3. Budidaya Tanaman Rempah

Bisnis Pertanian Modal Kecil

Ide bisnis pertanian dari tanaman rempah bisa dibilang hanya memerlukan modal awal yang cukup kecil.Rempah-rempah adalah komoditi yang juara dipasaran luar negeri dan pasar lokal.

Kandungan zat yang ada dalam setiap tanaman rempah mengandung berbagai bahan yang bisa menyembuhkan beragam penyakit.Jenis tanaman yang termasuk rempah-rempah seperti, adas, akar wangi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kapulaga, cabai, cengkih, dan sebagainya.

4. Peluang Usaha Pertanian dari Tanaman Hidroponik

Bagi kamu yang belum tahu, tanaman hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa media tanah, melainkan menanam dalam air yang mengandung campuran hara. Tanaman hidroponik ini bisa lho dilakukan di rumah, dan termasuk peluang usaha pertanian yang cepat untung laris dan modal kecil. Perlu kamu ketahui kalau sayuran yang berasal dari hidroponik juga lebih mahal dijualnya daripada yang ditanam secara konvensional, lho.

5. Sayuran Organik

Masyarakat semakin sadar pentingnya pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran organik. Yaitu sayuran yang ditanam tanpa menggunakan bahan atau zat kimia, seperti pestisida. Menjumpai sayuran organik maupun olahan makanan berbahan dasar sayuran organik saat ini sangat mudah. Karena lebih segar dan sehat, harga jual sayur organik pasti lebih mahal dibanding non-organik.

BACA JUGA  Cara Membuat Seblak Mie Instan Tanpa Kerupuk Yang Mudah

Menanam sayuran organik tidak butuh lahan besar. Kamu dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau rooftop rumah untuk memulai bisnis sayuran organik. Metode tanamnya menggunakan metode hidroponik. Adalah sistem tanam yang memanfaatkan air sebagai medium tanam utamanya dan menggantikan tanah. Jadi, lebih mudah, murah, efektif, dan efisien. Bisnis sayuran organik punya pangsa pasar yang menjanjikan. Kamu bisa menjual sayuran organik hasil pertanian yang sudah dilakukan melalui offline dan online.

6. Menjual Bibit Tanaman

Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di kala pandemi ini membuat hobi baru bermunculan, salah satunya yang paling populer ialah memelihara tanaman. Nah, melihat situasi tersebut, menjadi penjual bibit tanaman merupakan salah satu pilihan yang cukup menjanjikan, lho. Kamu bisa menjual bibit sayuran atau bibit buah-buahan.

Nah itu dia merupakan 6 contoh bisnis pertanian dengan modal yang kecil hal itu sangat cocok untuk kalian semua yang memiliki modal tidak terlalu besar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.