Apa Itu Briket dan Bahan Utama Briket

Apa Itu Briket? Nah pasti ada beberapa Masyarakat umum yang belum tahu tentang briket. Termasuk lolaski, pabrik briket terbesar di Indonesia. Briket dan penggunaannya tidak digunakan untuk kebutuhan dalam negeri, melainkan untuk kebutuhan industri di perusahaan. Ini termasuk pembakaran di perusahaan briket terbesar di Indonesia.

Apa Itu Briket?

Apa itu briket? Briket adalah bongkahan bahan mudah terbakar yang sering digunakan untuk menyalakan dan mempertahankan api, baik di dalam panci, di atas panggangan, atau di tempat terbuka seperti lubang api. Biasanya persegi atau persegi panjang tetapi juga dapat ditemukan empuk atau dalam bentuk lain. Ada banyak jenis bahan dasar yang bisa diolah menjadi briket. Padahal briket sebenarnya adalah bahan bakar yang terbuat dari campuran batu bara, tanah liat, dan tapioka.

Bahan Utama Briket

Di sekitar kita banyak sekali bahan-bahan yang dapat dibakar dan juga dapat digunakan sebagai bahan dasar briket, contohnya :

1. Tempurung Kelapa atau Batok

Kita tahu banyak sekali pohon kelapa di Indonesia dan hampir semua bagian dari pohon kelapa ini dapat dimanfaatkan. Kita tahu bahwa pohon kelapa adalah pohon dengan seribu manfaat, hampir semua bagiannya dapat kita manfaatkan dengan berbagai cara.

Bagian yang bisa kita gunakan sebagai bahan dasar briket adalah batok atau batok kelapa. Batok kelapa ini memiliki beberapa manfaat antara lain :

  1. Ini memiliki harga yang lebih murah dan lebih murah.
  2. Sumber daya batok kelapa sangat melimpah karena kita tahu pohon kelapa banyak terdapat di Indonesia.
  3. Memiliki panas yang tinggi dan terus menerus, sehingga cocok untuk luka bakar yang lama.
  4. Itu tidak membuat kebisingan dan tidak merusak peralatan.
  5. Ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.
  6. Tidak berpotensi meledak.
BACA JUGA  Jasa renovasi kantor di Jakarta Selatan Recomended

2. Serbuk Kayu

Biasanya tukang kayu membuang serbuk gergaji dari proses produksi sehingga sayang jika hanya terbuang sia-sia, padahal kita bisa memanfaatkannya untuk membuat briket, namun untuk membuatnya kita membutuhkan tempurung kelapa sebagai bahan campurannya. Dari segi manfaatnya relatif sama dengan batangan batok kelapa.

3. Sampah Organik

Faktanya, sampah adalah masalah di banyak tempat di seluruh dunia. Banyak sekali sampah dimana-mana sehingga sangat mengganggu pemandangan dan mencemari lingkungan. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan sampah organik ini karena cara ini sangat efektif.

Karena selain menghemat bahan bakar, kita juga membersihkan lingkungan dari sampah. Keuntungan dari briket biowaste adalah makanan yang dihasilkan selama pemasakan terasa lebih enak. Contoh sampah organik yang bisa kita manfaatkan adalah daun kering, ranting, sampah dapur kering, dll.

Manfaat Briket

Briket ini memiliki beberapa manfaat dan kegunaannya, dan berikut adalah manfaat briket yaitu:

1. Panas yang Dihasilkan Maksimal

Berbeda dengan briket batu bara, panas yang dihasilkan oleh briket arang tempurung kelapa ini ternyata cukup tinggi, hingga mencapai 7000 kal sehingga menjadi bahan bakar yang berkalori tinggi sehingga proses pemasakan menjadi lebih cepat dan matang sempurna.

BACA JUGA  Manfaat ERP Manufaktur dalam Meningkatkan Efisiensi Produksi

2. Pengganti Batu Bara

Jika sering melihat bahwa bahan bakar yang paling banyak digunakan dalam industri adalah batu bara. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi batu bara secara besar-besaran menyebabkan kerusakan alam yang besar.

3. Waktu Pembakaran yang Lama

Arang batok kelapa ini memiliki waktu pembakaran yang cukup lama, sekitar 2-3 jam terus menerus. Hal tersebut menjadikan briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efisien dan efektif.

Tentunya untuk membuat briket, gunakanlah mesin briket arang agar hasilnya lebih maksimal. Untuk briket aneka bahan, gunakanlah mesin briket arang ini agar bisa mengolah berbagai macam briket. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.