Resep Aneka Kerupuk Nusantara, Sangat disukai Masyarakat

Resep aneka kerupuk nusantara ini merupakan kerupuk yang berasal dari masyarakat di daerah nusantara. kerupuk sebagai lauk tak lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Bisa jadi lauk apa saja, kerupuk selalu bisa menjadi pendamping setia yang tidak mengecewakan.

Jadikan waktu makan Anda lebih nikmat. Anda dapat memilih antara berbagai kerupuk lezat dan asin untuk menemani makan berat. Secara umum, kerupuk ini khas daerah. Tak heran, tekstur dan bentuknya pun beragam mulai dari yang mirip keripik hingga yang besar.

Kerupuk juga merupakan makanan yang mudah untuk disiapkan, begitu mudahnya hingga saat ini banyak sekali variasi kerupuk modern yang terbuat dari berbagai bahan, mulai dari buah-buahan hingga kulit binatang yang dikeringkan. Selain itu, rasa kerupuk tidak selalu asin dan enak, kini dengan berkembangnya inovasi, ada juga kerupuk yang berasa manis. Bagi yang tertarik dengan cara atau resep kue kering khas Indonesia, bisa cek resepnya di bawah ini. Fimela.com membagikan lima kue kering khas Indonesia yang enak, lezat dan praktis. Simak semua resepnya di bawah ini.

Resep aneka kerupuk Nusantara yang ada beberapa

Resep aneka kerupuk Nusantara yaitu kerupuk nasi

Bahan-bahan :

  • 2 mangkok nasi
  • 1/2 mangkok tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang bawang daun
  • 2 sdm gula putih

Cara membuatnya :

  1. Kukus sisa nasi menjadi haluskan kasar, tambahkan tepung tapioka.
  2. Haluskan garam dengan bawang putih.
  3. Cincang halus daun bawang.
  4. Tambahkan gula dan bumbu halus.
  5. Tambahkan setengah gelas air dan aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam panci dan kukus selama setengah jam.
  7. Matikan oven dan biarkan dingin.
  8. Setelah dingin, potong adonan menjadi beberapa bagian lalu keringkan dijemur selama 2 hari.
  9. Goreng kerupuk dalam minyak panas hingga mengembang, angkat dan tiriskan 10. Kerupuk nasi siap dihidangkan.
BACA JUGA  Jenis, kelebihan dan kekurangan Access Point

Kerupuk ikan tenggri

Bahan-bahan :

  • 3 kg ikan tenggiri dan ambil dagingnya sebanyak 1,5 kg
  • 1 sdm garam
  • 1 kg tepung tapioka
  • 1/4 sdm soda kue

Cara membuatnya :

  1. Keluarkan duri dari ikan dengan mesin atau tangan dan cuci ikan terlebih dahulu.
  2. Giling ikan dalam penggiling sampai halus.
  3. Potong bawang putih dengan garam dan soda.
  4. Campurkan daging ikan yang telah digiling halus dengan bumbu yang sudah dibersihkan dan giling hingga adonan mengembang.
  5. Tambahkan sekitar 300 gram tepung tapioka dan uleni hingga tepung tercampur rata dengan daging ikan.
  6. Uleni adonan dengan tangan hingga adonan kalis dan mudah dibentuk. Bentuk cetakan atau masukkan plastik atau daun pisang.
  7. Kukus adonan yang sudah dipress hingga matang, tanda sudah matang adalah saat adonan sudah tidak lengket lagi saat disentuh.
  8. Keluarkan adonan dan biarkan dingin dan mengeras lalu potong adonan tipis-tipis.
  9. Keringkan irisan kerupuk ikan mentah hingga benar-benar kering.
  10. Jika sudah kering, goreng dalam minyak panas hingga mekar dan sajikan.

Alat penggoreng yang membuat kerupuk menjadi lebih garing lagi dan sehat

Pernah dengar istilah vacuum fryer? Bagi pengusaha keripik, istilah ini mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. Di zaman yang serba kompleks seperti sekarang ini, tentunya ada berbagai alat yang bisa digunakan untuk menunjang usaha kita. Termasuk mesin canggih bernama vacuum fryer. Penggorengan vakum adalah mesin yang berguna untuk menggoreng sayuran atau buah-buahan dengan vakum. Kemudian, buah atau sayuran tersebut diubah menjadi keripik. Dengan istilahnya sendiri, mesin ini harus disebut sebagai vacuum cooker. Namun, seperti yang biasa orang sebut dengan vacuum fryer, mesin ini nantinya akan lebih dikenal dengan istilah tersebut. Singkatnya, mesin ini bisa disebut model deep fryer. Deep Frying adalah proses menggoreng dimana semua bahan yang digoreng direndam dalam minyak. Bedanya, bahan yang digoreng di mesin ini ditempatkan di pretor dalam ruang hampa, sehingga mendapatkan keripik yang jauh lebih berkualitas.

BACA JUGA  Layanan Jasa Backlink Berkualitas Tinggi dan Terpercaya

Jadi, selain buah-buahan dan sayuran mesin ini juga bisa menggoreng berbagai macam kerupuk, seperti kerupuk bayam, kerupuk kulit dan masih banyak kerupuk lainnya yang belum saya sebut. Resep-resepnya juga ada di artikel aneka resep kerupuk, diartikel itu banyak sekali resep yang belum kalian dapatka disini ada di artikel tersebut.