BERIKUT CARA MEMANFAATKAN AIR HUJAN UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA!

Air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia dan hampir setiap kegiatan yang kita lakukan membutuhkan air sebagai kebutuhan utama entah untuk minum, mandi, menyiram tanaman, mencuci dan masih banyak lagi.

Namun masih banyak daerah yang kekurangan air bersih akibat banyaknya faktor terutama karena musim kemarau. Maka dari itu kami punya solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengggunakan air hujan. Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari air hujan? Jika ingin mencari perabotan rumah tangga lebih lanjut atau lebih lengkap silahkan kunjungi situs ini kusen aluminium malang.

 

MENGGUNAKAN AIR HUJAN UTNUK KEBUTUHAN LUAR RUMAH

Air hujan dapat kamu manfaatkan untuk menyiram tanaman sehingga kamu tak perlu lagi menyalakan keran dimana hal itu hanya akan membuat pemakaian air lebih banyak. Air hujan yang ditampung juga dapat kamu manfaatkan untuk mnencuci kendaraan seperti mobil dan juga motor, tak perlu khawatir karena kandungan yang ada pada air hujnan tergolong aman sehngga kendaraanmu takkan berkarat.

 

MENGGUNAKAN AIR HUJAN UNTUK KEBUTUHAN DALAM RUMAH

Air hujan dapat kamu manfaatkan untuk segala kebutuhan mencuci pakaian, peralatan masak-memasak dan juga peralatan mandi namun tentunya untuk kegiatan mencuci tadi air hujannya harus kamu saring terlebih dahulu agar bebas dari kuman ataupun bakteri. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan kamar mandi seperti untuk menyiram toilet bahkan juga bisa dipakai untuk mandi. Air hujan pun juga dapat kamu jadikan air minum setelah dimasak tentunya.

 

MENGHEMAT BIAYA PENGELUARAN

Menampung air hujan dan memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah tentunya akan berdampak besar pada biaya pengeluaranmu dimana biaya yang harus kamu keluarkan jauh lebih hemat serta bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Biaya tagihan listrik pun berkurang dimana pemakaian pompa air lebih jarang digunanakan. Sangat bermanfaat sekali.

 

CARA MENAMPUNG AIR HUJAN

Cara termudah untuk menampung air hujan adalah dengan menggunakan sebuah bak penampungan atau biasa kita sebut gentong berukuran besar. Letakkan gentong tersebut pada lahan gterbuka, sebisa mungkin tidak ada penghalang seperti ranting pepohonan contohnya.

Apabila kamu berniat menggunakan air hujan yang sudah kamu tampung sebelumnya untuk kebutuhan memasak ataupun untuk diminum maka sebaiknya kamu menggunakan sistem Rainwater Utilization System atau biasa disingkat RUS. Proses RUS ini berguna untuk menyaring terlebih dahulu air hujan yang hendak kamu gunakan sehingga jauh lebih aman untuk dikonsumsi karena proses penyaringannya sendiri ada 6 jenis. Hanya saja pemasangan pipa penyaringan ini cukup rumit maka jika kamu sulit melakukannya sendiri maka mintalah bantuan pada ahlinya.

Itulah manfaat yang kamu dapatkan apabila memanfaatkan air hujan untuk kehidupan sehari-hari. Alam memang tak henti-hentinya memberikan seribu kemudahan bagi manusia yang tentunya harus kita manfaatkan secara bijak dan juga bertanggung jawab. Oleh karena itu jangan lupa untuk berterima kasih keoada alam dengan cara menjaga dan melindunginya. Semoga artikel ini bermanfaat dan nantikan artikel bermanfaat lainnya ya! Perabotan ruma tangga kurang lengkap? langsung saja pesan di situs ini jasa pembuatan kusen aluminium malang.