Manfaat Kopra Putih

Manfaat kopra putih, kopra adalah produk turunan yang dibuat terutama dari kelapa kering. Siapa sangka kelapa kering ini menjadi incaran berbagai negara di luar negeri.

Manfaat Kopra Putih

Ekspor kopra tak terelakkan, dengan puluhan ton kopra Sulawesi berakhir di beberapa bagian Asia seperti India, Thailand, Pakistan dan Vietnam. Bogeyman tua yang sering diremehkan ini memiliki banyak kelebihan. Oven kopra putih.

Kelapa kering atau kopra dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa ini kemudian digunakan sebagai kosmetik, makanan dan obat-obatan. Perlahan dan hati-hati, tangannya yang terampil mencoba memegang kelapa.

Setelah kelapa tua dibelah, segera simpan dengan memisahkannya dari tempurung kelapa. Hati-hati jangan sampai pecah-pecah, batok kelapa biasanya dibuat menjadi arang yang memiliki nilai jual tersendiri dari dua jenis kopra di Sulawesi yaitu kopra putih dan kopra coklat.

Dari segi tampilan tentu kopra putih lebih menarik. Harganya juga lebih mahal dari kopra putih, mengingat cara membuatnya tidak bisa sembarangan. Secara tradisional, kopra coklat dikeringkan dengan proses pengasapan, kopra putih harus melalui tahap pengeringan matahari.

Meski kopra putih dan coklat kini telah mengembangkan teknik pengeringan kopra menggunakan mesin modern, Bau Lawang dan Tina, salah satu produsen kopra putih, masih mempertahankan cara tradisional menggunakan sinar matahari sebagai sumber panas utama.

Penguapan air dari daging kelapa Kadar air awal ±50% dikurangi menjadi 5-7 dengan metode pengeringan. Laju penguapan air dipengaruhi oleh suhu, luas permukaan dan tekstur daging kelapa.

BACA JUGA  Kelebihan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

 

Manfaat Kopra Putih

1. Harga Penjualannya Cukup Tinggi

Siere Sakerebau, warga Dusun Muara, Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Mentawai, “Untuk harga kopra putih yang dijual ke Padang harganya Rp 14.000-17.000 per kilogram. Dibutuhkan 4 atau 5 butir kelapa untuk membuat satu kilo Kopra Putih.

Sedangkan jika dijual dalam bentuk pelet kelapa utuh hanya dijual dengan harga Rp. 2000. Menurut Pak Siere di Mentawai, Pak Siwi Suwito di Kabupaten Indrahiti Glir, Provinsi Riau mengatakan bahwa kelapa kopra di daerahnya, ketika dijual, dijual antara Rs 500 dan Rs 13.000 per Kilogram.

2. Dapat di Jadikan Minyak Kelapa

Saat ini banyak orang membutuhkan minyak kelapa karena lebih sehat. Alasan kesehatan inilah beberapa produk dapat diciptakan dari bahan baku kopra kelapa, diantaranya:

  • Virgin Coconut Oil ( VCO )
  • Minyak goreng
  • Sampo
  • Sabun
  • Pelembab kulit
  • Obat kumur

3. Bahan Bakar Alternatif untuk Mesin Diesel

Majalah tersebut menjelaskan bahwa hasil pengujian menunjukkan bahwa biofuel yang dihasilkan dari kelapa memiliki sifat kimia yang mendekati solar.

Menurut penelitian ini, bio-diesel (bahan bakar nabati kelapa) dapat menggantikan bahan bakar solar. Bagian terkait sehingga dapat digunakan untuk masyarakat pada umumnya. Kami berharap banyak ulasan kami dapat memberi Anda inspirasi baru.

BACA JUGA  Cara Bikin Odading Empuk

 

Jenis-Jenis Kopra

1. Kopra Asalan

Kopra jenis ini tidak menggunakan kata “ceroboh” secara cuma-cuma. Karena kelapa yang digunakan untuk kopra tidak memenuhi kriteria tertentu. Buah kelapa tidak sama ukurannya, ada yang besar dan ada yang kecil. Lembut dan sering berlubang atau sobek. Warna kopra biasanya coklat tua atau hitam.

2. Kopra Regular

Kopra biasa adalah jenis kopra yang umumnya berwarna putih kecokelatan. Daging kelapa lebih tebal dari kopra acak. Namun, lubang terkadang masih ditemukan pada kopra biasa. Selama lubang pada kopra masih bisa ditoleransi, kualitas kopra normal, tetapi jika lubangnya besar dan rawan pecah, kopra dimasukkan ke dalam kategori kopra yang tidak disengaja.

3. Kopra Edibel

Dari berbagai jenis kopra yang ada, kopra yang dapat dimakan merupakan jenis kopra premium dengan kualitas terbaik hingga saat ini. Untuk menghasilkan kopra yang dapat dimakan, kelapa yang dipilih harus melalui proses penyortiran yang ketat, termasuk jenis kelapa hibrida dengan berat sekitar 0,6-0,8 kilogram, daging kecil, kulit tebal dan halus, dll.