Inilah Cara Memperbesar Tongkol Jagung Tanpa Bahan Kimia

Apakah menurut anda dengan menambahkan bahan kimia pada tanaman dapat menguntungkan ? Memang dari sisi lain bahan kimia seperti pestisida menguntungkan karena menghindari tanaman dari hama. Namun jika bahan kimia tersebut dipakai untuk membesarkan ukuran tanaman apakah akan sehat apabila dikonsumsi konsumen? Tentu tidak bukan? Kali ini saya akan memberi tahu kepada anda inilah cara memperbesar tongkol jagung tanpa bahan kimia.

Karena jagung yang bisa diolah hanya tongkolnya, maka dari itu konsumen selalu memilih jagung yang tongkolnya berukuran besar. Nah kali ini saya akan memberi tahu kepada anda semua inilah cara memperbesar tongkol jagung tanpa bahan kimia agar anda bisa mencobanya untuk usaha pertanian anda tanpa membahayakan para konsumen. Simak baik-baik di bawah ini ya !

 

Pengolahan Jagung Sebagai Bahan Makanan Di Indonesia

Mungkin ada beberapa masyarakat Indonesia yang sudah bosan mengonsumsi beras sebagai makanan pokok atau ada daerah yang minim beras dan menjadikan jagung sebagai makanan pokok mereka. Harga jagung memang terbilang lebih mahal daripada beras, namun di beberapa daerah yang makanan pokoknya jagung, jagung akan berharga murah.

Biasanya jagung dijadikan makanan pokok atau dijadikan cemilan yang mengenyangkan. Jagung mengandung karbohidrat dan nutrisi lain. Oleh karena itu jagung menjadi makanan pokok di Indonesia. Olahan jagung di Indonesia juga sangatlah bervariasi sekali. Beberapa jenis jagung juga bisa untuk makan ternak.

Jagung biasanya diolah dengan cara di rebus, kukus, dan bakar. Contoh beberapa olahan dari jagung adalah nasi jagung, tiwul, bakwan jagung, jasuke, jagung bakar, dan masih banyak lagi.  Jagung juga bisa dijadikan tepung bernama tepung maizena dan berfungsi untuk mengentalkan suatu makanan.

BACA JUGA  Kelebihan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Cara Memperbesar Tongkol Jagung Tanpa Bahan Kimia

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yang berkualitas adalah salah satu cara agar hasil jagung bagus. Saran dari saya, janganlah anda menggunakan bibit hasil panen. Karena nyatanya, hal tersebut sangat beresiko. Jika petani yang terdahulu memang melakukan hal tersebut. Dan hasil panennya baik. Namun sayangnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan pada masa kini. Dikarenakan jagung pada masa kini berbeda dengan yang dulu.

  1. Mempersiapkan Lahan

Lahan yang baik adalah lahan yang anda bajak terlebih dahulu.  Hal ini agar tanaman jagungnya bisa tumbuh dengan sempurna. Lagipula, ada beberapa manfaat dari membajak tanah lahan lhoh! Yaitu salah satunya menghilangkan gulma yang ada pada lahan.

  1. Menaburkan Pupuk Kandang Sebelum Penanaman

Saya memberikan rekomendasi pupuk kepada anda yaitu menggunakan pupuk kohe saja. Bisa dari kohe sapi, kambing, ayam, atau lainnya. Hal ini bagus jika diaplikasikan untuk menanam jagung.

  1. Menanam Benih

Anda bisa menanam benih pada pagi hari, hal ini bisa mempengaruhi kualitas tanaman anda. Dan jika bisa saat cuaca tidak hujan dan matahari tidak terlalu terik. Anda hanya perlu membuat lubang yang berdiameter 6cm. Sementara kedalamannya adalah 30cm. Lalu masukkan saja bibitnya ke dalam dan masukkan 2 benih ya !

  1. Pemeliharaan

Tahap akhir inilah yang paling penting yaitu pemeliharaan agar tanaman selalu berkualitas dan tidak ada hama yang mengganggu. Anda bisa memberi pupuk ulang agar tanaman selalu subur. Jika tanaman sudah mempunyai tinggi sekitar 30cm berilah pupuk yang mengandung unsur NPK baru. Atau juga pupuk campuran bisa digunakan yaitu pupuk yang N, P, K nya terpisah.

BACA JUGA  Jenis Jenis Kakao yang Ada Di Dunia!

Anda juga bisa mempersihkan tumbuhan pengganggu seperti rumput yang bisa merebut nutrisi tanah dari tanaman anda. Lakukan proses penyiakan (membersikan menggunakan cangkul di bagian bawah tanaman) juga 2 sampai 3 minggu usai pemupukan.

Anda bisa mengulangi step di atas yakni pemupukan ulang atau membersihkan rumput yang mulai tumbuh kembali. Dengan pemeliharaan yang bagus, pastinya akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda. Jagung yang anda tanam contohnya, tongkolnya pasti akan berukuran besar dan pastinya tidak memerlukan bahan kimia yang berbahaya.

Cara Membasmi Hama Dari Tanaman Jagung

  • Memakai orang-orangan sawah supaya tidak ada burung yang memakan jagung
  • Membersihkan tanaman penganggu seperti rumpu liar
  • Membersihkan hama seperti keong atau bekicot yang menempel pada tanaman

Jadi inilah cara memperbesar tongkol jagung tanpa bahan kimia yang mudah untuk anda coba saat menanam jagung pada lahan pertanian anda. Oh iya, untuk menanam atau mengolah suatu tanaman, pastinya membutuhkan tenaga mesin juga selain tenaga manusia. Mesin yang cocok untuk menanam dan mengolah jagung yaitu mesin perontok jagung dan mesin giling jagung.