Cara Merawat Tanaman Tomat

Cara Merawat Tanaman Tomat

Bagi Anda yang membudidayakan tanaman tomat, tentu menginginkan tanaman tomatnya tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas. Mungkin informasi cara merawat tanaman tomat berikut ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Tomat merupakan salah satu buah dalam kategori sayur-sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Buah tomat sendiri terkenal kaya akan kandungan vitamin dan antioksidannya yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah tomat sering digunakan sebagai bumbu atau bahan tambahan pada masakan.

Seiring dengan makin banyaknya permintaan akan buah tomat, banyak masyarakat beramai-ramai mulai membudidayakan tomat. Dalam prosesnya, tentu tanaman tomat perlu diberikan perlakuan atau perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga mampu menghasilkan tomat yang banyak dan berkualitas. Mari kita simak bersama cara merawat tomat berikut ini:

 1. Beri Jarak Tanam | Cara Merawat Tanaman Tomat

Agar tanaman tomat dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka Anda perlu memperhatikan jarak tanamnya. Berikan ruang antar tanaman tomat yang satu dengan yang lainnya.

Hal ini bertujuan agar akar tanaman tomat dapat tumbuh dan berkembang lebih meluas sehingga bisa menyerap nutrisi, unsur hara dan mineral dari dalam tanah dengan optimal. Tennya hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat serta produktivitas buahnya.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Cara Menanam Tomat dari Biji

2. Beri Pupuk 

Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi tanaman tomat dengan pemberian pupuk. Pemupukan dapat Anda lakukan dengan memberikan pupuk organik (kompos/pupuk kandang) ataupun dengan menggunakan pupuk anorganik (NPK/TSP) dengan dosis yang cukup.

3. Siram dengan Air yang Cukup | Cara Merawat Tanaman Tomat

Pastikan juga untuk menyiram tanaman tomat dengan rutin yaitu pada pagi atau sore hari.  Jika tidak disiram dengan benar, tanaman tomat akan kekurangan kalsium dan mudah mengalami pembusukan, pecah maupun retak pada bagian ujung (kuncup dan akar) tanaman.

Banyaknya air yang disiram dapat Anda sesuaikan dengan cuaca. Jika saat musim hujan, Anda bisa mengurangi penyiraman. Sementara itu, pada saat musim kemarau, Anda dapat memperbanyak jumlah air yang disiram namun tidak secara berlebihan. Penyiraman yang berlebihan justru akan membuat tanaman tomat menjadi busuk dan mati.

4. Pastikan Terpapar Sinar Matahari yang

Cukup

Sinar matahari dibutuhkan oleh tanaman tomat untuk proses fotosintesis. Tanaman tomat setidaknya memerlukan paparan sinar matahari kurang lebih selama 2 jam setiap harinya.

Paparan sinar matahari yang cukup akan membuat tomat berwarna merah dan menghasilkan rasa yang lezat.

5. Pembersihan Gulma

Pastikan di sekitar tanaman tomat tidak ada gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat.

Tujuannya agar unsur hara dan mineral yang ada di dalam tanah dapat terserap dengan baik oleh tanaman tomat dan tidak berebut dengan gulma.

Sehingga tanaman tomat dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan memproduksi buah yang lebat dan berkualitas.

6. Potong Daun yang Sudah Tua | Cara Merawat Tanaman Tomat

Cara merawat tanaman tomat yang berikutnya yaitu dengan cara memperhatikan kondisi daun. Jika tanaman tomat telah setinggi sekitar 1 m, maka Anda dapat memotong daun tua di bagian paling bawah. Tanaman tomat dapat terinfeksi jamur jika daun tua tersebut tidak dibersihkan dengan benar.

Selama masa pertumbuhannya, daun tua tanaman tomat kurang mendapatkan paparan sinar matahari dan sering terkena cipratan air karena berada di daerah paling bawah dari tanaman tomat, sehingga patogen mudah menempel. Akibatnya, daun tua tersebut menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Selain pemotongan daun yang sudah tua, pencegahan infeksi jamur pada tanaman tomat juga dapat Anda lakukan dengan cara menyemprotkan teh kompos.

Demikian tadi cara merawat tanaman tomat. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Fakta Unik.