Jenis Digital Marketing Yang Biasa Digunakan Marketer

Pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang menggunakan media online. Anda dapat mempelajari beberapa jenis pemasaran digital. Selain jenis-jenisnya, Anda juga bisa mempelajari strategi dan cara memulai digital marketing. Berikut manfaat digital marketing.

Jenis-Jenis Digital Marketing yang Biasa Digunakan Para Pemasar

Berikut beberapa jenis Digital Marketing yang patut Anda ketahui, antara lain:

1. Situs web
Situs web adalah media paling populer untuk mengiklankan atau memasarkan barang dan jasa. Selain untuk mempromosikan barang dan jasa, website juga dapat memamerkan suatu bisnis.

Keuntungan menggunakan website sebagai alat pemasaran digital adalah dapat mencapai tujuan secara luas, bahkan global.

 

2 . Pemasaran Mesin Pencari
Jenis pemasaran digital berikutnya adalah pemasaran mesin pencari. Pemasaran mesin pencari dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO dan SEM. SEO adalah pemasaran digital yang dilakukan tanpa mengeluarkan modal besar untuk membuat website berada di halaman pertama Google.

Berbeda dengan SEO, SEO membutuhkan modal yang besar untuk membuat website berada di halaman pertama pencarian Google. Hal ini karena pemasaran mesin telusur mengandalkan klik pengguna untuk menjangkau situs web Anda.

 

3. Pemasaran email
Jenis pemasaran digital yang ketiga adalah pemasaran email. Anda dapat mempromosikan produk atau layanan melalui email. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

 

4. Pemasaran Media Sosial
Berikutnya adalah Pemasaran Media sosial. Metode ini menerapkan kegiatan pemasaran melalui jaringan media sosial. Ada banyak platform yang menawarkan fitur periklanan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Keuntungan dari strategi ini adalah tidak memerlukan modal yang besar dan Anda dapat menjangkau pelanggan secara luas melalui saluran atau grup tempat Anda beriklan.

 

5. Periklanan Online
Jenis pemasaran digital berikutnya adalah periklanan online. Jenis ini adalah bentuk pemasaran digital berbayar. Anda harus mengeluarkan biaya lebih sedikit, namun dibandingkan dengan strategi SEO, Anda akan mendapatkan pelanggan dan hasil lebih cepat.

Konsultasi sekarang: creative agency jakarta

 

6. Pemasaran Video
Jenis terakhir adalah pemasaran video. Anda dapat menampilkan penawaran atau iklan produk dan jasa dalam bentuk video. Strategi ini merupakan salah satu cara beriklan yang paling efektif.

Ada beberapa platform yang dapat digunakan sebagai bentuk pemasaran video, salah satunya adalah YouTube. Anda bisa menjadikan video sebagai iklan produk, jasa atau bisnis yang dapat menarik pelanggan dan menguploadnya di YouTube.

BACA JUGA  Rekomendasi Loka Jual Game Pc Di Medan

 

 

Cara melakukan iklan digital
Selain mengetahui jenis-jenis pemasaran digital, Anda perlu memahami cara melakukan kampanye dengan menggunakan iklan digital. pemasaran, termasuk :

 

1. Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
SEO adalah imbalan bagi situs web yang muncul di laman pertama penelusuran Google. SEO dibagi menjadi dua bagian yaitu Off Page dan On Page. On Page adalah proses optimasi halaman suatu website.

Sedangkan Off Page adalah proses optimasi yang dilakukan website lain untuk meningkatkan kredibilitas website Anda. Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk SEO, antara lain SEO spesialis, penulis konten, copywriter dan banyak lainnya.

 

2. Bayar Per Klik (PPC)
PPC adalah cara mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan membayar untuk setiap klik. PPC yang umum digunakan mencakup Google Adwords, iklan Facebook, iklan Instagram, iklan Twitter, dan banyak lagi.

PPC bekerja dengan membayar terlebih dahulu dan membayar masing-masing untuk mendapatkan posisi teratas dalam pencarian Google. klik Pastikan Anda memiliki cukup modal untuk menggunakan strategi PPC ini.

 

3. Pemasaran Konten
Strategi selanjutnya adalah Pemasaran konten. Cara mengiklankan produk adalah melalui tulisan atau artikel. Anda dapat menulis artikel yang dirancang untuk mengundang dan mempengaruhi pengunjung agar menggunakan produk atau layanan perusahaan Anda.

Saat menggunakan strategi ini, Anda juga harus mengikuti beberapa aturan penulisan yang benar dan ramah SEO. Penulis yang puas menciptakan berbagai tulisan dalam bentuk artikel, blog, e-book, brosur online, dll.

 

4. Influencer
Strategi berikutnya adalah influencer. Influencer adalah orang-orang yang mempunyai pengaruh besar dalam suatu kelompok atau mempunyai pengaruh yang lebih luas. Bisa juga dikatakan bahwa ia adalah orang yang dapat mempengaruhi dan mengarahkan tindakan orang lain sesuai dengan saran dari influencer tersebut.

Keuntungan menggunakan influencer adalah lebih mudah dalam mempromosikan produk. Hal ini meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Influencer biasanya adalah orang-orang terkenal atau kaya. Contoh influencer masa kini adalah artis dan selebriti Instagram.

 

5. Program afiliasi
Tugasnya adalah mengiklankan produk milik suatu perusahaan atau kantor, dimana setelah menjual produk tersebut, pengiklan mendapat komisi dari kontrak.

BACA JUGA  Masa Panen Telur Bebek yang Tepat

Jika ingin belajar digital marketing, Anda bisa mengikuti program afiliasi. Anda dapat bekerja tanpa batasan waktu dan tempat kapan saja. Anda juga dapat menayangkan iklan di mana saja, sehingga memudahkan pelacakan.

 

6. Google Profil Bisnis
Selain itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang pemasaran digital dengan membuat akun di Google Profil Bisnis. Tujuan dari Google Profil Bisnis adalah untuk memberikan informasi lengkap tentang nama, jam kerja, alamat kantor, jenis bisnis, dan lokasi Anda. Pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi lengkap tentang bisnis dan lokasi Anda menggunakan Google Maps.

 

7. Otomatisasi pemasaran
Strategi terakhir adalah otomatisasi pemasaran. Di sini Anda dapat mempelajari pemasaran digital, mulai dari mengatur alur kerja seperti jadwal upload konten, mengelola konten media sosial, dll.

Anda dapat melakukan otomatisasi ini menggunakan email dan berbagai platform media sosial. Teknik ini merupakan tugas yang berulang.

Jika Anda mengetahui strategi dan jenis pemasaran digital, Anda juga harus memahami manfaatnya. Pemasaran digital memiliki banyak keuntungan. Hal ini telah dibuktikan dengan banyak perusahaan yang menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk dan layanannya.

 

 

Berikut beberapa keunggulan pemasaran digital:

Kecepatan distribusi
Kemudahan evaluasi
Penargetan lebih mudah
Murah dan efektif
Nama merek
Pemasaran digital juga memiliki beberapa manfaat termasuk:

Membangun merek pribadi dan produk
Menjangkau target pasar yang lebih luas
Menipu dan lebih efektif
Terhubung dengan konsumen secara online
Penjualan lebih tinggi

Penghematan pelanggan
Memungkinkan layanan pelanggan real-time
nHubungkan operator ke konsumen yang menggunakan perangkat seluler
Dapatkan lebih banyak pendapatan
ROI lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan
Pertahankan posisi kompetitif

Membantu bersaing dengan perusahaan besar
Persiapan menghadapi era Internet of Things
Jika Anda mengetahui jenis, strategi, kelebihan dan manfaat pemasaran digital, Anda dapat memulai kegiatan tersebut secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari kerugian..