Biaya yang Diperlukan dalam Bisnis Maklon Kosmetik

Di Indonesia saat ini permintaan produk kosmetik dan skincare semakin tinggi. Sehingga banyak brand dan produk lokal yang meluncurkan produk terbaru mereka ke pasar. Calon konsumen pun sangat berantusias dengan baik. Sehingga banyak startup yang bergerak di bisnis maklon kosmetik ini.

Namun, untuk Anda yang tertarik dengan bisnis ini akan bertanya-tanya mengenai modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ini. Jika Anda berpikir jika biaya dalam bisnis maklon ini mahal sebenarnya tidak. Modal awal yang dibutuhkan dalam bisnis maklon produk kecantikan ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar.

Berikut merupakan ulasan mengenai biaya (dilansir dari laman Nose Herbalindo) yang dibutuhkan dalam memulai bisnis maklon di bidang kosmetik.

  1. Biaya dalam Pembuatan Sampel Produk

Setelah ditetapkan ide dan formula produk yang akan diproduksi, perusahaan maklon akan membuat sampel produk Anda. Tujuan dibuatnya sampel produk ini yaitu untuk menghindari kesalahan produk yang akan diproduksi.

BACA JUGA  Garansi Jasa SEO Jakarta Profesional

Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan sampel produk ini berkisar antara Rp1.300.000-Rp1.500.000. Namun jika Anda ingin melakukan perubahan formula produk, pastikan perusahaan maklon tersebut memberikan kesempatan untuk revisi. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya yang dikeluarkan agar tidak memberatkan Anda.

  1. Biaya Lisensi (Perizinan)

Produk yang legal untuk dijual dipasaran menjadi bagian yang terpenting karena dengan adanya legalitas para konsumen akan mempercayai bahwa produk itu aman. Untuk melakukan produksi, biasanya dimulai ketika nomor BPOM produk keluar. 

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar sebuah produk memiliki izin dan nomor registrasi dari BPOM. Untuk biaya pendaftaran BPOM setiap produk yaitu berkisar Rp3.000.000-Rp5.000.000.

Selain izin dari BPOM, diperlukan surat legalitas Halal oleh MUI juga untuk memastikan produk itu halal. Biaya pendaftaran sertifikasi halal yaitu berkisar Rp3.000.000-Rp5.000.000.

BACA JUGA  Pentingnya Merawat Gedung Peninggalan Sejarah

Sertifikasi merek dan kepatenan produk sangat diperlukan untuk memberikan hak eksklusif bagi Anda sebagai pemilik merek yang terdaftar dalam perdagangan barang dan jasa. Untuk kisaran biayanya yaitu Rp5.000.000.

  1. Biaya Produksi

Biaya produksi minimum rata-rata modal pertama untuk maklon produk kosmetik yaitu berkisar Rp50.000.000-Rp100.000.000. Biaya pada proses produksi ini sangat bergantung dengan jenis produk yang akan dibuat, formulasi bahan yang dipakai dan banyaknya produk yang dihasilkan.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai biaya yang dibutuhkan dalam memulai bisnis maklon kosmetik yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga bermanfaat.