Cara Memulai Usaha Keripik Pisang Rumahan, Dijamin Untung Mengalir!

Cara Memulai Usaha Keripik Pisang – Peluang usaha keripik pisang rumahan saat masih menjanjikan untuk dicoba walaupun juga saat ini semakin banyak bermacam-macam camilan keripik yang juga banyak bermunculan. Buah pisang pada intinya yaitu buah serba buat yang memiliki kekuatan untuk diproses dengan bermacam-macam langkah menjadi produk yang bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar jika Anda berhasil dalam mengembangkannya.

Dapat dimulai dari olahan camilan sampai makanan berat. Buah pisang bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan, misalnya keripik, ceriping, sale, bolu pisang, pisang nugget, pisang goreng, dan makanan yang lain. Bahkan juga buah pisang menjadi salah satu buah yang sering dipakai menjadi berbagai macam variasi rasa atau bisa disebut dengan topping untuk martabak manis, roti bakar, kue leker, juice buah, minuman coklat, pancake, pizza, dan masih banyak lagi makanan yang lain.

Cara Memulai Usaha Keripik Pisang

Salah satu model olahan dari buah pisang yang terbanyak penggemarnya ialah keripik pisang. Seperti yang Anda ketahui bersama, keripik pisang yaitu salah satu camilan yang sangat familiar di kelompok warga Indonesia. Tingginya kandungan gizi di dalam buah pisang dan tentunya mempunyai tekstur rasa yang gurih dan cita rasanya yang sangat bermacam-macam, hal itu dapat menjadikan keripik pisang saat ini disukai oleh banyak customer.

Dibuat dari pisang setengah matang yang diiris-iris tipis-tipis lalu dimasak sampai irisan pisang mengering, saat ini camilan keripik pisang sudah mulai dikreasikan oleh beberapa produsennya menjadi berbagai macam varian rasa. Tidak hanya ada rasa renyah original saja yang sekarang ini dijajakan oleh beberapa pebisnis camilan keripik pisang, melainkan ada pula keripik pisang rasa balado, barbeque, pedas, keju, jagung bakar, sampai keripik pisang dengan rasa cokelat dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk Anda para pemula yang tengah mencari inspirasi usaha, kesempatan usaha keripik pisang kali ini bisa Anda coba. Usaha apa saja yang paling penting menyiapkan semuanya untuk bisa manfaatkan kesempatan usaha keripik pisang agar bisa mendatangkan keuntungan yang prospektif. Kesempatan ini akan kami bagikan beserta penjelasan kompelit mengenai persiapan untuk mencoba kesempatan usaha keripik pisang bagi para pemula. Yuk baca penjelasannya secara lengkap di bawah ini supaya Anda bisa memahaminya!

BACA JUGA  Cara Mudah Belanja & Jualan di Tiktok Shop, Mudah Banget Lho!

Konsumen Usaha Keripik Pisang

Perlu diingat jika buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik sekali, beberapa orang yang menyukai bermacam-macam produk buatan berbahan baku buah pisang. Misal diantaranya yaitu seperti camilan keripik pisang yang dapat dicicipi oleh semua kelompok warga. Usaha keripik pisang sangat bisa mencapai pasaran luar yang luas jika cara memasarkannya pun juga berhasil dan berlangsung baik.

Dapat dimulai dari kalangan anak hingga orang dewasa bahkan orang tua pun akan menjadi sasaran customer yang akan Anda jadikan incaran dikarenakan produk camilan keripik pisang ini bisa dikonsumsi semua umur. Tetapi bila produk keripik pisang yang Anda jual lebih detil misalnya seperti keripik pisang pedas, kamu bisa mengarah ke kalangan anak muda sebagai contoh misalnya seperti pelajar dan mahasiswa.

Keunggulan

Buah pisang memiliki kandungan yang kaya akan mineral yaitu seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, serta kalsium. Tidak hanya itu saja, buah pisang mempunyai kandungan yang bermacam tipe vitamin. Ada vitamin C, vitamin B kompleks, B6, bahkan serotonin yang aktif selaku neurotransmitter bisa memberikan dukungan pada sistem kelancaran peranan otak. Jadi tidak perlu bingung apabila keripik pisang menjadi salah satu camilan yang banyak disukai beberapa orang-orang.

Bisa disebutkan pecinta keripik pisang di Indonesia memang lumayan banyak, tentu saja kesempatan untuk membuka usaha keripik pisang benar-benar memang telah terbuka dengan lebar dan pasarannya yang luas. Anda bisa mengembangkan dengan cara menawarkan berbagai macam jenis variasi rasa keripik pisang dan branding produk Anda lewat paket keripik yang unik yaitu eye catching.

Kekurangan

Walaupun keripik pisang banyak disukai oleh para customer dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, Anda juga harus memerhatikan kompetisi pasar pada usaha camilan yang semakin hari semakin bersaing. Untuk mengakali kompetisi pasar tersebut, Anda harus memberi nilai lebih pada produk Anda yang tidak dipunyai oleh para pesaing.

BACA JUGA  17 Ide Bisnis untuk Mahasiswa untuk tahun 2020

Contoh misalnya Anda bisa memperbanyak variasi rasa keripik pisang, branding dengan paket yang tarik, menawarkan dengan harga yang berkompetisi, dan memberikan bonus spesial untuk beberapa konsumen setia Anda yang memesan dengan jumlah yang spesifik. Semakin memikat penawaran yang Anda berikan, maka akan semakin besar uga minat para calon customer untuk melakukan pembelian pada produk Anda tersebut.

cara memulai usaha keripik pisang

Analisis Usaha Keripik Pisang

Investasi Awal

Kompor + Tabung Gas Rp 300.000,-
Wajan Besar Rp 100.000,-
Mesin Slicer Rp 400.000,-
Baskom Rp   50.000,-
Alat Lainnya Rp   85.000,-
Total Investasi Awal Rp 935.000,-

 

Operasional Per Bulan

Bahan Baku

Kurang lebih /hari Rp 200.000,- x 25 hari

 

Rp 5.000.000,-

7 tabung gas

/bulan Rp 20.000,- x 7 tabung

 

Rp 140.000,-

Kemasan Rp 400.000,-
Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp 500.000,-
Biaya lainnya Rp 604.000,-
Total Biaya Operasi /bulan Rp 6.644.000,-

 

Pendapatan Per Bulan

Keripik pisang dijual /100 gram Rp 13.000,-
Rata-rata penjualan /hari 30 bungkus keripik
Penjualan /bulan Rp 13.000,- x 30 bungkus keripik pisang x 25 hari

Rp 9.750.000,-

 

 

Laba Bersih Per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-
Laba Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-

Rp 3.106.000,-

 

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba bersih /bulan Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-
Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-

0,3

 

Maka, dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sudah akan bisa balik modal

 

Demikian artikel tentang Cara Memulai Usaha Keripik Pisang, semoga bisa bermanfaat!!