Tips Menggunakan Aplikasi Cari Kerja Dengan Ampuh

Para pencari kerja cukup mengunjungi platform pencari kerja tersebut, mengunduh aplikasinya, mengisi data diri kemudian mengunggah resume atau CV (Curriculum Vitae) terbaru. Dari situ, pencari kerja dapat mulai mencari beragam pekerjaan sesuai dengan minat ataupun latar belakang pendidikan yang dimiliki.

Namun, di antara banyaknya platform pencari kerja, penting bagi Anda untuk pandai memilih platform pencari kerja yang sesuai agar Anda dapat lebih fokus mencari jenis pekerjaan atau perusahaan yang Anda inginkan. Lalu, apa saja yang perlu Anda lakukan agar pencarian kerja lewat platform pencari kerja ini lebih optimal? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Profil lengkap dan menarik

Ketika Anda membuka aplikasi cari kerja LinkedIn, pasti hal yang Anda lihat pertama kali adalah profil. Profil dapat dikatakan sebagai nilai jual Anda yang akan membuat orang-orang yang melihat profil Anda tertarik, terutama Head Hunters atau Human Resources Department atau perekrut dari suatu perusahaan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat profil Anda di platform pencari kerja menjadi menarik.

2. Jadilah Lebih Proaktif

Ketika Anda terdaftar sebagai pengguna platform pencari kerja, jadilah pencari kerja yang proaktif. Walaupun mencari lowongan/posisi yang saat ini sedang dibuka merupakan cara untuk proaktif, dibutuhkan usaha lain yang dapat Anda lakukan agar Head hunters atau Human Resources Departement (HRD) atau perekrut melihat Anda sebagai pencari kerja yang sangat proaktif.

BACA JUGA  APAR 6 Kg untuk Memadamkan Kebakaran Tipe B

Cara yang dapat dilakukan adalah menghubungi HRD perusahaan yang menjadi incaran Anda untuk menginformasikan ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut terlepas ada atau tidaknya lowongan pekerjaan yang Anda cari. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda suka dan tertarik untuk bergabung dengan perusahan tersebut. Mungkin tidak dalam waktu dekat, namun strategi ini akan berguna dalam jangka panjang. Bisa saja perekrut akan menyimpan profil Anda di data mereka dan akan menghubungi Anda jika ada lowongan yang sesuai.

3. Membuat Daftar Jenis Pekerjaan Yang Diminati

Ada ratusan bahkan jutaan informasi lowongan pekerjaan baru setiap harinya di platform pencari kerja. Agar Anda tetap fokus, buatlah daftar jenis dan minat pekerjaan yang Anda inginkan serta perusahaan yang ingin Anda jadikan sebagai target tempat Anda bekerja. Dengan membuat daftar tersebut Anda dapat memonitor lamaran Anda dan menghindarkan Anda untuk melamar berulang di jenis lowongan atau perusahaan yang sama.

BACA JUGA  Rekomendasi Loka Jual Game Pc Di Medan

4. Pilihlah Platform Pencari Kerja Yang Tepercaya

Sebelum mendaftar di platform pencari kerja, ada baiknya Anda melakukan riset atau mencari informasi terkait platform tersebut. Saat ini sudah banyak platform pencari kerja yang menawarkan berbagai macam lowongan pekerjaan. Satu sisi memang hal ini akan membuat Anda sebagai pencari kerja disuguhkan dengan berbagai macam pilihan lowongan pekerjaan baru namun bisa saja lowongan tersebut tidak menuntun Anda ke perusahaan yang Anda minati sehingga hal ini akan membuang waktu Anda.

Pilihlah platform pencari kerja yang memang memberikan informasi lowongan kerja yang pas dengan apa yang Anda cari. Terdaftar di dua atau tiga platform mencari kerja sudah cukup ideal untuk membuat Anda fokus mencari jenis pekerjaan dan perusahaan yang Anda minati.