3 DATA YANG BERPENGARUH BESAR TERHADAP PERGERAKAN PASAR

Pada saat trading forex, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar, namun berikut adalah tiga data ekonomi yang seringkali memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan pasar:

  1. Angka Non-Farm Payrolls (NFP): Data NFP diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat setiap bulan dan mengindikasikan jumlah pekerjaan baru yang diciptakan di sektor non-pertanian. Data ini dianggap sebagai indikator kunci untuk mengukur kesehatan ekonomi AS. Jika jumlah pekerjaan yang diciptakan melebihi atau tidak sesuai dengan ekspektasi pasar, hal ini dapat mempengaruhi sentimen pasar dan mengakibatkan pergerakan yang signifikan pada pasangan mata uang utama dan indeks saham global.
  2. Tingkat suku bunga bank sentral: Keputusan bank sentral mengenai tingkat suku bunga dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap pergerakan pasar keuangan. Kenaikan suku bunga cenderung menarik minat investor dengan menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi, sementara penurunan suku bunga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dan mengurangi daya tarik investasi. Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve), Bank Sentral Eropa (ECB), Bank of England (BoE), dan Bank of Japan (BoJ) adalah beberapa bank sentral yang memiliki pengaruh besar terhadap pasar global.
  3. Laporan Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP): GDP adalah indikator penting dari pertumbuhan ekonomi suatu negara. Laporan GDP mengukur nilai total barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara selama periode tertentu. Jika GDP melampaui ekspektasi pasar, hal ini dapat mengindikasikan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan dapat berdampak positif pada mata uang negara terkait. Sebaliknya, jika GDP di bawah ekspektasi, dapat mempengaruhi sentimen pasar dan memicu pergerakan yang signifikan pada mata uang dan indeks saham.
BACA JUGA  Bisakah Anda Menghemat Biaya Tanpa Mengurangi Layanan

Penting untuk diingat bahwa data ekonomi ini hanya beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan pasar. Ada banyak faktor lain, termasuk politik, peristiwa global, dan sentimen pasar, yang juga dapat memiliki dampak besar terhadap pergerakan harga. Trader dan investor perlu melakukan riset menyeluruh dan memantau berbagai faktor ini untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik.