Pengaplikasian Pallet Plastic di Berbagai Industri

Pengaplikasian pallet plastik saat ini kian marak dibandingkan pallet kayu. Memang, pallet plastik memiliki banyak keunggulan yang tidak bisa ditemukan pada pallet kayu. Apa keunggulan yang dimaksud?

Plastic pallet memiliki bobot yang ringan namun dapat ditempa beban yang super berat. Jenis pallet ini juga terkenal dengan tingkat kekuatan dan ketahanan yang apik, bahkan anti terhadap serangan rayap dan mikroorganisme lainnya. Hal ini dapat menghindarkan plastic pallet dari kebusukan.

Selain itu, pallet plastik juga memiliki wujud fisik yang ‘bersahabat;’ dengan segala benda yang ada di atasnya. Ini berbeda dengan pallet kayu yang terbuat dari sambungan papan-papan sehingga berpotensi menyisakan puing atau serpihan yang dapat merusak produk atau kemasan produk di dekatnya. Tentunya, siapa saja tidak ingin mengalami kerugian hanya gara-gara salah pilih pallet!

platisc pallet

Pengaplikasian Pallet Plastik di Berbagai Industri

Berbagai industri, terutama dalam menjalankan aktivitas pergudangan, kini banyak yang menggunakan pallet plastic. Berikut kami jelaskan selengkapnya beberapa pengaplikasian pallet plastik di berbagai industri.

1. Industri Kertas

Dulu, banyak industri kertas yang menggunakan pallet kayu pada saat proses pengiriman. Saat itu, pallet kayu mulai tergantikan dengan plastic pallet karena mempertimbangkan kekurangan dari pallet kayu itu sendiri.

Pallet yang terbuat dari kayu memang kurang ‘bersahabat’ dengan produk-produk dari kertas dan sejenisnya, seperti popok dan tisu. Serpihan dan tepi yang tajam dari pallet kayu dapat merobek dan merusak produk-produk tersebut berikut kemasannya.

Sedangkan penggunaan pallet plastik tidak mengakibatkan hal itu. Tidak ada serpihan dan tepi tajam pada pallet plastik yang menjadikan produk rusak pada saat proses pengiriman. Sehingga, industri tidak mengalami kerugian akibat hal yang tidak diinginkan itu.

2. Industri Makanan

Setiap proses produksi, penyimpanan hingga pengiriman makanan harus dilakukan dan dijaga dengan baik. Penting juga untuk menjaga kebersihan makanan agar tetap aman dikonsumsi oleh pelanggan dan menghindari penolakan akibat layanan yang kurang apik.

Atas dasar pertimbangan itu, banyak industri makanan yang menggunakan pallet plastik dalam aktivitas pergudangan maupun pengiriman. Jadi, jika Anda memiliki industri makanan dan belum menggunakan pallet plastik untuk berbagai aktivitas yang disebutkan di atas, maka segeralah untuk menggunakannya.

3. Industri Farmasi

Ketahuilah industri farmasi yang identik dengan obat-obatan dan aneka vaksin membutuhkan kehigienisan dan sterilitas yang tinggi. Bahkan, perihal kehigienisan dan sterilitas ini termuat dalam regulasi yang ada.

Jadi, baik tempat (lingkungan) maupun proses produksi harus terjamin kehigienisan dan sterilitasnya. Nah, pengaplikasian plastic pallet adalah salah satu cara untuk menjaga kedua hal itu.

Memang, plastic pallet memiliki karakteristik non-absorbent dan gampang disterilkan. Sehingga, pengiriman obat-obatan dan vaksin yang dilakukan industri farmasi dapat memenuhi regulasi yang berlaku.

4. Muatan Berat

Berbagai sektor industri yang memproduksi produk dengan bobot super berat, saat ini, juga kebanyakan menggunakan pallet plastik. Hal ini dikarenakan pallet plastik memiliki kekuatan menahan benda di atasnya hingga dua ton lebih. Adapun (untuk diketahui), pallet kayu tidak akan mampu menahan beban seberat itu.

Lebih lanjut, industri yang kesehatiannya memproduksi makanan tertentu yang berasal dari telur, susu, daging dan unggas juga perlu menggunakan pallet plastik. Apa alasannya? Karena pallet plastik washable alias mudah dibersihkan. Ini berguna untuk menghindari terjadinya kontaminasi produk.

Itulah beberapa pengaplikasian plastic pallet di berbagai industri. Jika saat ini industri Anda masih menggunakan pallet kayu, kami rekomendasikan segera bermigrasi ke pallet plastik.