usaha keripik pisang aneka rasa mudah dan nikmat

Usaha keripik pisang aneka rasa memiliki potensi keuntungan yang besar. Banyak pelanggan mengejar bisnis takeaway ini sebagai teman di waktu luang mereka.Seperti yang Anda ketahui, pisang merupakan komoditas pertanian terbesar di Indonesia. Tidak hanya untuk pasar lokal, tetapi juga untuk kebutuhan pasar global.

Pisang adalah jenis buah yang rasanya enak dan kaya nutrisi. Dapat digunakan sebagai berbagai macam makanan dan minuman.Salah satunya adalah keripik pisang yang terbuat dari pisang matang atau kurang matang. Teksturnya lebih curam dan rasanya lebih asin.

Pengadaan bahan baku yang sederhana membuat usaha kripik pisang menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Cara membuatnya tidak rumit. Tertarik mencoba bisnis kuliner ini?

Cara Memulai Bisnis Keripik Pisang

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis keripik pisang, berikut beberapa cara untuk memulainya:

1. Siapkan Modal

Tentu saja, modal diperlukan untuk menjalankan bisnis. Oleh karena itu, siapkan modal yang cukup untuk memulai usaha keripik pisang.
Ketika Anda memulai bisnis keripik pisang, Anda tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Anda bisa berjualan keripik pisang meski dengan modal kecil.Namun pastikan total modal cukup untuk membeli bahan baku, peralatan masak dan pemasaran.

2. Cari Supplier Bahan Baku

Saat memulai perusahaan keripik pisang, Anda perlu mencari pemasok untuk memasok bahan baku.Biasanya pisang kepok menjadi bahan baku untuk membuat keripik pisang yang enak dan renyah. Sebaiknya pilih pisang kepok yang tidak terlalu matang untuk dijadikan keripik.
Untuk mendapatkan bahan baku, Anda bisa memilih supplier langsung dari petani pisang kepok.

Dengan begitu Anda mendapatkan bahan baku yang lebih murah. Modal produksi dengan demikian dapat dikurangi dan keuntungan meningkat.Jika Anda mendapatkan bahan langsung dari penanamnya, pastikan untuk memeriksa kualitas setiap pisang yang Anda beli.

BACA JUGA  Cara Mempersiapkan Pernikahan

Jangan membeli bahan baku yang lebih rendah. Hal ini nantinya akan mempengaruhi hasil produksi Anda.Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih pemasok dan memastikan bahwa itu adalah pihak yang dapat diandalkan.

3. Persiapkan Alat Memasak

Usaha keripik pisang biasanya dimulai sebagai industri rumahan. Anda perlu membuat keripik pisang sendiri untuk dijual kembali.Dalam hal ini, tentunya Anda akan membutuhkan baterai yang berbeda. Mulai dari panci, spatula, saringan stainless steel untuk menggoreng, pisau, talenan dan peralatan dapur lainnya yang diperlukan untuk persiapan.

Kecuali itu Anda juga harus menyiapkan semua bahan baku yang diperlukan. Selain pisang, Anda membutuhkan minyak goreng dan rempah-rempah seperti bawang putih, garam, gula dan lain-lain untuk keripiknya.

4. Buat Rencana Produksi

Langkah selanjutnya yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha keripik pisang adalah membuat rencana produksi.Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk membuat keripik pisang dalam jumlah tertentu.Bagi Anda yang baru memulai dan belum memiliki karyawan, Anda bisa membuat keripik pisang di rumah dengan langsung ke dapur.

Kemudian coba tanyakan terlebih dahulu kepada anggota keluarga atau teman terdekat untuk mempercepat proses produksi. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat menambah jumlah karyawan untuk membuat proses produksi lebih efisien. Jumlah keripik pisang yang dihasilkan pun lebih banyak.Pastikan Anda memiliki bisnis yang menguntungkan jika Anda ingin mendapat untung maksimal.

BACA JUGA  Rumput Unggul untuk Ternak Sehat dan Produktif

5. Sediakan Beragam Varian Rasa

Agar keripik pisang yang Anda hasilkan laris manis, coba tawarkan rasa yang berbeda.Meski biasanya keripik pisang rasanya asin dan asin, ada juga keripik pisang yang rasanya manis seperti cokelat atau kopi.

Anda juga bisa mengkreasikan rasa keripik pisang untuk dijual. Ini memberi pelanggan pilihan yang lebih besar sebelum melakukan pembelian. Kini Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin membuat keripik pisang dengan rasa yang berbeda. Karena sudah banyak bumbu kripik pisang yang praktis bisa anda gunakan.

6. Pilih Kemasan Keripik

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat menjual keripik pisang adalah pilihan kemasan.Pilih kemasan keripik pisang yang kokoh untuk melindungi isinya. Keripik pisang biasanya dikemas dalam wadah plastik bening. Ini memungkinkan calon pelanggan untuk melihat interior dengan jelas sebelum membeli.

Anda bisa menambahkan sentuhan menarik pada wadah keripik pisang Anda dengan menggunakan plastik berwarna cerah dengan penutup resleting yang lebih tahan lama.Jenis kemasan dengan penutup resleting ini memudahkan untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli.

itulah ulasan tentang usaha keripik pisang aneka rasa, anda bisa membuatnya dirumah jika ingin membuatnya dirumah anda bisa menggunakan mesin peniris minyak untuk memisahkan kripik dari minyaknya agar cepat