Resep kue dari tepung beras

Resep kue dari tepung beras

Resep kue dari tepung beras – Makan camilan kue selalu menggugah selera. Jajanan kue saat ini sangat variatif dan disukai banyak orang. Tak heran jika banyak sekali jajanan dan jajanan yang dijual di pasaran saat ini.

Namun kue seperti ini biasanya dibuat dari berbagai bahan seperti tepung terigu, beras dan ketan. Cara pengolahannya sangat variatif, ada yang digoreng, dibakar dan dikukus.

Kuliner Indonesia terkenal dengan berbagai jenis kuenya. Kadang juga disebut jajanan pasar. Ada antara lain kue lapis, kue putu, kue bowsprit dan lain-lain. Kue ini sangat enak disajikan dengan teh panas atau panas.

Anda juga bisa menyajikannya untuk acara keluarga, syukuran, hingga pengiriman.

Nah, umumnya untuk bahan kue basah ini menggunakan tepung beras. Anda bisa membuat olahan dari tepung beras menjadi kue yang enak. Anda hanya perlu memadukannya dengan beberapa bahan pendukung untuk mengolahnya.

Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan alat alat dan bahan sederhana yang ada didapur. Atau dengan mesin mesin otomatis untuk mempermudah pekerjaan dapur anda. Di grosirmesin.com kami menyediakan berbagai peralatan dapur , dari mesin oven , mesin blender , mesin mixer , mesin coklat dan mesin lainya.

Nah berikut tips dan Resep kue dari tepung beras ;

1. Kue lapis | Resep kue dari tepung beras

Bahan:

– 250 gram pati
– 125 gram tepung beras
– 250 gram gula pasir
– 4 gelas santan (per 200 ml gelas), rebus dan dinginkan
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh vanila
– Pewarna makanan merah muda, ungu, merah

Resep kue dari tepung beras membuat kue lapis:

1. Campur semua bahan, aduk hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Biarkan yang putih dan sisa adonan dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing beri pewarna ungu, pink dan merah
3. Olesi loyang persegi 14×14 cm dengan minyak, tutup dengan plastik. Tuang adonan merah pertama satu setengah sendok makan sayuran kukus selama 5 menit hingga bagian atas mengeras, timpa adonan putih kukus selama 5 menit, lalu timpa adonan ungu kukus lagi selama 5 menit.
4. Kemudian ganti dengan adonan putih lagi dan seterusnya secara bergantian. Lakukan ini sampai adonan habis dan kukus lagi selama 15 menit. Angkat, dinginkan.
4. Potong sesuai selera dan sajikan.

2. Talam Jagung manis

Bahan A:

– 210 gr jagung manis, serut (2 jagung manis sedang)

– 100 gram gula pasir
– 50 gram tepung beras
– 40 gr tapioka
– 175 ml santan
– 1/4 sdt garam
– 2 tetes pewarna kuning

Bahan B:

– 260 ml santan
– 50 gr tepung terigu
– 15 gr tapioka
– 1/4 sdt garam
– 1/2 sendok makan jus pandan

Cara membuat:

1. Campur bahan A jadi satu, lalu haluskan hingga halus, sisihkan.
2. Campur bahan B menjadi satu, bagi menjadi 2 bagian, satu bagian tambahkan perasan pandan, dan biarkan bagian lainnya berwarna putih.
3. Panaskan kukusan, lumuri cetakan dengan minyak.
4. Tuang adonan A ke dalam cetakan sampai setengah cetakan, kukus sampai setengah matang, tuang adonan putih, kukus lagi sampai setengah matang, lalu tuang adonan hijau, kukus lagi sampai matang.
5. Angkat, dan biarkan hangat sebelum mengeluarkan dari cetakan.

3. Kue bolu.

Bahan:

– 250 gram gula merah
– 420 ml air
– 100 gr tepung terigu
– 200 gram tepung beras
– 1/4 sdt garam
– 3 lembar daun pandan

Cara membuat:

1. Masak gula merah, daun pandan dan air sampai mendidih dan gula larut, saring, biarkan hangat.
2. Campur tepung terigu, tepung beras dan garam. Aduk rata.
3. Tuang air gula ke dalam adonan tepung sambil diaduk perlahan hingga adonan kalis menggunakan pengocok dan aduk dengan kecepatan sedang selama 5 menit.
4. Diamkan 30 menit pada suhu ruangan.
5. Kemudian tuangkan sesendok adonan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, biarkan hingga seratnya keluar. Lalu tuang bagian atasnya dengan minyak ke dalam wajan. Angkat dan dinginkan.