Inilah Pemanfaatan Sabut Kelapa Yang Harus Kalian Ketahui

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pemanfaatan sabut kelapa

Sabut Kelapa
manfaat serat sabut kelapa

Siapa tak mengenal pohon kelapa? Pohon yang menjulang tinggi serta memiliki buah yang besar-besar serta merupakan jenis pohon yang terkenal manfaat sabut kelapanya, buahnya, dan daun – daunnya. Bagi mereka yang tinggal di daerah tropis termasuk yang cuacanya lebih panas.Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama kelapa ini memiliki sangat banyak manfaat Bagi kehidupan kita.

oke langsung aja kita kepembahasan pemanfaatan sabut kelapa yang harus kalian ketahui

Manfaat Sabut Kelapa

manfaat sabut kelapa

  • Batok Kelapa dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan arang batok kelapa.
  • Daun Kelapa dimanfaatkan untuk salah satu jenis daun pembungkus makanan.
  • Batang atau ruas dari jari – jari daun kelapa sering dimanfaatkan untuk salah satu bahan dasar dalam membuat sapu lidi
  • Tidak hanya manfaat bagian kelapa tersebut, ternyata masih ada satu bagian lain dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yaitu sabut kelapa.

Meskipun termasuk salah satu jenis limbah, namun, manfaat sabut kelapa ternyata dapat dimanfaatkan menjadi banyak hal. Apa saja manfaat dari sabut kelapa? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

manfaat sabut kelapa

1.Sebagai Bahan Bakar

Sabut kelapa memiliki sifat yang mudah terbakar, sehingga sering dimanfaatkan untuk bahan bakar. Contohnya sebagai bahan bakar dalam proses pembuatan arang batok kelapa. bahan bakar kayu di rumah-rumah, di restoran-restoran tradisional di kota besar yang menggunakan tungku tradisional, juga pada industri pembuatan keramik dan genteng.

2. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Sejak dahulu, sabut kelapa sudah banyak dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk memproduksi aneka kerajinan, baik berbentuk peralatan rumah tangga seperti sapu ijuk dan keset. Barang keperluan sehari-hari seperti tas dan dompet, pajangan dan hiasan, juga springbed , bantal, karpet, jok,  dashboard  kendaraan, dll.

3.Untuk Menetralisir Air dan Bau Semen

Pada kolam yang baru selesai dibuat, bau semen yang bercampur dengan udara yang dapat menyebabkan ikan mati. Sabut kelapa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau tersebut Selain itu, sabut kelapa juga akan menetralisir kandungan air pada kolam yang baru selesai dibuat. Struktur sabut kelapa yang berserat dapat digunakan untuk membantu proses penyaringan udara.

Sabut kelapa yang dimanfaatkan adalah yang telah dibuang kulit arinya, Udara yang melewati saringan sabut kelapa akan menghilangkan sampah atau kotoran. Proses penyaringan harus dilakukan berulang-ulang kali untuk mendapat udara yang benar-benar jernih dan bersih.

4. Peluang usaha

Dengan banyaknya manfaat sabut kelapa untuk tanaman, ini bisa menjadi peluang usaha yang unik, Karena sabut kelapa akan banyak dibutuhkan mesin pemintal, tali sabut kelapa Baik itu dari para penghobi sampai pertanian yang lebih luas.Terutama cocopeat, harga eceran di pasaran yang cukup lumayan, peluang besar ada di sini.

Dengan memproses sabut kelapa menjadi cocopeat, maka nilai tambahnya akan meningkat. Pengemasan yang oke, beberapa petunjuk petunjuk akan menambah daya konsumen.

5.Sebagai Bahan Dasar Membuat Briket

Selain batubara nyatanya sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat briket. Kelebihan dari sabut kelapa ini adalah sifatnya yang ramah lingkungan, dan biaya produksi yang kecil sehingga harga jualnya pun lebih murah. Briket yang berbahan dasar sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta akan menekan biaya produksi.

Karena biaya produksi briket sabut kelapa ini jauh lebih murah dibanding briket dari batubara, jika kalian jalan ke pantai biasanya kalian akan meminum air kelapa.

6. Sebagai media tanam

Yang jelas, serat kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam. Yaitu dengan mengambil bagian sabut dari kulit kelapa dan perawatan secara langsung sebagai bahan untuk menanam, Ada tanaman yang membutuhkan jenis media tanam khusus, sehingga mudah dibentuk atau mirip habitat yang dibangun.

Misalnya adalah tanaman anggrek, berbagai cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa Beberapa jenis anggrek hidupnya adalah epifit. Yaitu menempel pada tanaman inang, tapi tidak parasit terhadap tanaman inang. Tidak semua anggrek bersifat epifit. Karena sifatnya tidak parasit, maka anggrek tidak tergantung pada tanaman inang untuk mendapatkan nutrisinya.

Istilahnya hanya numpang tempat hidup saja. Tapi, nutrisi dan kebutuhan lainnya cari sendiri. Soal hal tersebut dapat dimanipulasi dengan memberi anggrek dengan media tanam dari sabut kelapa anggrek yang ditempelkan pada sabut kelapa seolah-olah – olah ia hidup seperti di habitatnya.

Kemudian, nutrisinya diberikan secara manual dengan memberikan pupuk melalui media tanam atau melalui pupuk daun khusus anggrek. Oleh sebab itu, pilihan yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan sabut kelapa. Karena teksturnya yang solid dan tidak mudah ambyar. Mudah diatur dan diatur sesuai keinginan.

Dan, sepertinya tidak memungkinkan untuk menggunakan media tanam yang lain.Sebagai media tanam, sabut kelapa juga memenuhi kriteria media tanam yang baik, Yaitu mampu mengikat air dan unsur hara. Kemampuan tersebut lebih baik dari arang kayu meskipun bukan yang terbaik, untuk tanaman anggrek sabut kelapa adalah pilihan yang paling memungkinkan.

7. Pembuatan Pupuk Organik

Siapa yang menyangka, ternyata kegunaan sabut kelapa pun dapat diolah serta dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa. ini bisa untuk mencadangkan air 60 persen lebih banyak dibandingkan pupuk yang lain.

Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sering mengalami kekeringan. Selain itu, sabut kelapa juga memiliki kandungan unsur hara serta mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman. Sehingga memang sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organik.