Manfaat pohon kelapa yang harus kalian ketahui

Di artikel kali ini saya akan membahas manfaat pohon kelapa, banyak sekali manfaat dari pohon kelapa mulai dari kehidupan sehari-hari bahkan kesehatan.

nah kalian harus tau fungsi pohon kelapa, maka dari itu simak artikel ini baik-baik.

bagian bagian pohon kelapa dan fungsinya

Pohon kelapa akan bisa kamu temui di seluruh negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia karena negara ini menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam produksi buah kelapa.

pohon kelapa sabutnya bisa dijadikan sebagai bisnis untuk tahun sekarang.kalian harus membeli mesin pengolah sabut kelapa Pohon ini pun sering disebutĀ tree of life atau pohon kehidupan karena semua bagiannya memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia.Namun ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui sejuta manfaat yang terdapat di setiap bagian pohon kelapa.

Bagian-Bagian Pohon Dan Fungsinya

bagian bagian pohon dan fungsinya

1.Akar

akar kelapa memiliki fungsi dalam dunia kesehatan dan dunia arsitektur. Selain fungsi di atas, akar kelapa dapat digunakan untuk sebagai pewarna alami. Rebusan akar kelapa dapat mencegah penyakit pencernaan seperti diare, disentri, dan penyakit lainnya.

 

bagian bagian kelapa dan fungsinya

 

Seperti yang kamu tahu, akar kelapa memberikan inspirasi dalam rancang membangun bandar udara karena dinilai bentuknya yang kuat dalam menopang batang kelapa yang cukup besar dan tidak bisa tumbang hanya karena angin maupun terkena deburan ombak atau tsunami sekalipun.

2.Batang

Ciri khas batang dari pohon kelapa adalah permukaannya beralur-alur. Batang lebih besar dari lainnya dan sistem pertumbuhannya termasuk monopodial. Arah tumbuhnya pun bergerak lurus ke atas.Jika batang kelapa diserut hingga permukaannya licin, dapat dibuat sebagai furniture rumah tangga. Untuk batang yang lebih tua umumnya dipakai sebagai kerangka bangunan rumah.

3.Tempurung

Kamu tahu jika tempurung kelapa atau yang sering disebut ‘batok’ adalah lapisan paling keras di buah kelapa? Berat tempurung kelapa sekitar 15-19 persen dari berat keseluruhan buah kelapa.Masyarakat tradisional suka sekali memanfaatkannya sebagai bahan pembakaran yang diolah menjadi arang.

4.Daun

Daun kelapa yang berbentuk sirip, penampang melintang pipih, dan permukaannya yang licin ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Kegunaannya pun beragam.Untuk daun yang masih muda biasa untuk ketupat. Sedangkan di beberapa negara digunakan sebagai atap rumah atau dimanfaatkan untuk dibuat anyaman jerami.untuk mendapatkannya sangatlah mudah kalian bisa membeli dari petani.

5.Daging Buah

Daging buah kelapa mengandung asam amino yang baik untuk tubuh. Asam amino ini mengandung protein tinggi sehingga bisa mengganti kebutuhan protein hewani yang di dapat dari daging hewani, telur dan susu.Fakta mengejutkan dari daging kelapa adalah dapat mengubah asam laurat yang terdapat dalam tubuh manusia menjadi monolaurin.

Efek yang yang ditimbulkan hampir sama dengan air susu ibu (ASI) .sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari infeksi virus, bakteri, dan protozoa.Daging kelapa yang sudah tua biasanya digunakan untuk kelapa parut, santan kopra, dan minyak goreng.Karena untuk yang masih muda digunakan bahan pembuatan minuman cocktail dan selai.

6.Bunga

Kamu akan sering menemui bunga kelapa di acara pernikahan yang memang membutuhkannya sebagai simbol tertentu. Selain itu, cairan manis yang keluar dari tangkai bunga disebut air nira.Dan beberapa orang mengolah air nira untuk difermentasikan sebagai tuak atau gula jawa.

7. Air kelapa

Kamu suka makanĀ nata de coco yang sering terdapat dalam minuman? Sudah tahu asal usulnya? Air kelapa adalah bahan dasar utamanya loh! Mengingat air kelapa mengandung gizi dan beberapa mineral.seperti kalsium, fosfor, magnesium, klorin, sulfur dan vitamin K. Nah, kandungan itu bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi.

Tidak heran, jika nenek moyang terdahulu memiliki umur yang panjang dan kesehatan yang luar biasa.Karena mereka sudah memanfaatkan bahan alami untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya pohon kelapa. Dari akar hingga buahnya pun tidak luput dimanfaatkan.