Makanan Terkenal di Solo yang Wajib Kalian Coba

makanan terkenal di solo

Jalan – jalan ke solo tapi bingung mau makan menu apa? Nah pas banget nih pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Makanan Terkenal di Solo yang Wajib Kalian Coba.

Solo merupakan salah satu daerah yang sangat terkenal di pulau jawa. Gimana ngga terkenal dong kan bapak presiden kita bapak jokowi berasal dari solo. Daerah ini sangat terkenal dengan biaya hidupnya yang sangat murah, jadi jika kalian jalan jalan ke solo jangan takut kantong kalian terkuras hehehe.

Nah daerah ini juga sangat terkenal dengan keberagaman kuliner khas dan budayanya lhoh. Jadi ketika berkunjung ke daerah ini jangan lewatkan untuk mencoba semua makananya. Pasti sudah sangat penasaran kan dengan jenis apa aja makanan terkenal di solo dan cara pembuatanya? yuk langsung simak terus aja di bawah ini.

Makanan Terkenal di Solo yang Wajib Kalian Coba

1. Selat Solo

Siapa sih yang ngga kenal dengan makanan khas solo yang satu ini? yaps bener banget menu maknan yang sangat legendaris di solo yaitu selat solo. Tampilan dari menu makanna yang satu ini sangat mirip dengan maknan barat yaitu steak. Bahkan dari penyajian dan bahan dasarnya pun sama yaitu disajikan dengan toping potongan sayuran seperti buncis, kentang, wortel, dan daun selada kemudian  di guyur menggunakan saus semur yang khas, untuk bahan dasarnya pun sama sama menggunakan daging.

Cara Membuat Selat Solo : 

Bahan – Bahan :

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 8 butir bawang merah
  • 3 sdm margarin
  • 2 cm kayu manis
  • 3 buah cengkih
  • 250 ml air
  • ½ potong biji pala
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 buah tomat, potong-potong

Bumbu Halus :

  • ½ sdt garam
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt merica

Saus Salat :

  • 150 gram margarin cair
  • 4 butir kuning telur, haluskan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm air jeruk nipis

Bahan Pelengkap :

  • 200 gr buncis
  • daun selada sesuai selera
  • 200 gr wortel
  • 4 putih telur rebus, iris memanjang

Cara Pembuatan Selat Solo :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat bistiknya terlebih daluhu. Caranya dengan menumis bawang merah menggunakan margarin hingga layu, kemudian masukkan bumbu halus ke dalamnya dan masak hingga berbau harum. Selanjutnya masukkan potongan daging lalu tunggu hingga setengah matang,  lalu tambahkan cengkih, pala, dan kayu manis, tambahkan juga air sedikit saja, aduk hingga rata dan tunggu hingga daging matang dan empuk. Terakhir masukkan potongan tomat dan kecap tunggu hingga matang kuah akan mengental.
  2. Selanjutnya membuat saus selatnya, Caranya dengan mencampurkan kuning telur dan margarin, kemudian aduklah hingga tercampur rata. Kemudian masukkan garam dan gula pasir ke dalamnya, tambahkan juga perasan jeruk nipis di atasnya, aduk hingga semua larut menyatu tercampur rata.
  3. Langkah terakhir adalah proses penyajianya, Siapkan mangkuk atau piring saji kemudian susunlah daun selada di pinggiranya. Kemudian letakkan potongan bistik daging di tengah dan hiasi dengan menggunakan  buncis wortel rebus dan putih telur rebus sesuai keinginan kalian. Guyur daging bistik tersebut dengan menggunakan saus selatyang sudah kita buat tadi di atasnya.

2. Serabi Solo

Makanan yang satu ini lah yang menjadi primadona di solo. Karena merupakan salah satu makanan khas solo yang berasa manis dan cocok dijadikan oleh oleh. Bentuknya mirip banget dengan pancake, makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula serta daun pandan yang sebagai pewangi.

Terksturnya yang lembut dan bagian tengahnya yang empuk dan memiliki rasa santan yang khas sangat legit menjadikan ketagian para penyantapnya. Serabi solo ini juga sangat populer dengan nama serabi notosuman, konon karena serabi ini berkembang pesat sejak tahun 1926 di daerah notosuman.

Cara Membuat Serabi Solo :

Bahan – Bahan :

  • 225 gram tepung beras
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 50 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 600 ml santan (1 butir kelapa)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan (simpulkan)
  • 150 gram keju cheedar (untuk taburan)

Bahan Isi :

  • 4 butir nangka (potong kotak 1/2 cm)

Bahan areh:

  • 100 ml santan, (1 butir kelapa)
  • 4 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara Pembuatan :

  1. Langkah pertama panaskan santan, garam, dan daun pandan, kemudian tunggu hingga mendidih. Pastikan semuanya larut dan tercampur rata, kemudian matikan apinya dan dinginkan.
  2. Selanjutnya campurkan tepung beras, ragi instan, dan gula pasir menggunakan panci. Kemudian tambahkan 150 ml santan yang sudah direbus tadi, lalu uleni hingga tercampur rata.
  3. Tepuk – tepuk adonan tadi untuk meratakan teksturnya, sambil tambahkan sisa santan sedikit demi sedikit. Lakukan hal yang sama sampai santanya habis, kemudian tepuk -tepuk kembali selama kurang lebih 20 menit, nah habis itu diamkan selama  1 jam.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat areh. Caranya dengan memanaskan santan, garam, dan daun pandan kemudian tunggu hingga mengental kalau bisa aduk terus agar tidak gosong, jika sudah matang sisihkan.
  5. Proses pembuatan serabi, panaskan wajan besi atau teflon tunggu hingga benar benar panas. Kemudian tuangkan 1 sendok adonannya dan buatlah hingga tipis. Selanjutnya taburkan dengan bahan isi dibagian tenag serabinya, masak hingga matang.
  6. Tutup wajan yang digunakan untuk membuat serabi tersebut, biarkan dan tunggu sampai matang. Kemudian oleskan areh ke permukaan serabinya dan tutup lagi agar meresap dengan sempurna, sebentar saja. Angkat, dan serabi solo siap untuk dinikmati bersama teh hangat!

3. Makanan Terkenal Solo Sate Buntel

Sate Buntel

Makanan yang satu inilah yang mendudukin peringkat teratas makanan khas solo yang banyak penggemarnya. bahkan sampai presiden kedua kita bapak soeharto dan presiden sekarang yaitu bapak Joko Widodo pun cukup menggemari sate buntel ini.

Yang membuat sate bunter ini berbeda dengan yang lainya adalah terbuat dari daging kambing yang sudah dicacah kemudian dibungkus “dibuntel” dengan menggunakan lapisan lemak tipis saat dibakar. Nah hal itulah yang memberi kenikmatan tersendiri bagi para penikmat sate buntel ini, karena memunculkan rasa yang maknyus dan terlihat padat berisi.

Cara Membuat Sate Buntel :

Bahan – Bahan :

  • 250 gr daging kambing cincang
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 butir telur
  • kecap manis secukupnya
  • gula merah secukupnya

Bumbu halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 1/2 sdt lada bubuk

Bumbu oles :

  • Kecap manis
  • 1 sdm margarin

Cara Pembuatan Sate Buntel :

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua dagingnya, campurkan daging kambing cincang dan bumbu halusnya. Kemudian tambahkan air asam jawa, kecap manis, gula merah dan telur, pastikan tercampur rata.
  2. Tusukan daging tersebut mengunakan tusuk sate kemudian tekan – tekan sampai padat dan lilit dengan lemak daging kambing. Ulangi hal tersebut sampai semuanya habis.
  3. Selanjutnya kukus sate selama 10 menit hal tersebut bertujuan untuk mematangkan dagingnya.
  4. Kemudian langkah pengolahan, bakar sate di grill pan atau diatas arang dengan panas dan oles dengan bumbu oles sampai matang. Jangan lupa di balik – balik agar tidak gosong, Sate buntel pun sudah siap disajikan!

4. Timlo Solo

Timlo solo ini sejenis dengan sup ayam berkuah kaldu bening atau soto yang disajikan dengan daging ayam suwir, sosis solo, hati dan ampela, serta potongan telur pindang di atasnya. Untuk menambahkan rasa segar dan nikmat di semangkuk timlo solo bisa juga ditambahkan dengan sambal kecap.

Cara Membuat Timlo Solo :

Bahan – Bahan :

  • 1/2 ekor ayam (tanpa jeroan)
  • 2 buah jeroan ayam (hati dan ampela)
  • 4 butir telur rebus
  • 125 gram mie soun
  • 4 lembar kulit sosis.
  • 125 gram jamur kuping hitam basah
  • 1 buah wortel rebus (potong – potong)
  • 60 gram kacang kapri rebus
  • Minyak goreng

Bahan dan bumbu Kuah Timlo :

  • 2 liter air
  • 4 siung bawang merah (haluskan)
  • 1 jempol jahe (geprak)
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 2 ruas jari kayu manis
  • 1 buah pala (bagi 2)
  • 2 buah cengkeh
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 buah bunga pekak
  • Penyedap rasa ayam
  • Garam

Bahan dan Bumbu Telur Kecap :

  • 350 ml air kaldu
  • 3 siung bawang merah (haluskan)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • garam

Bahan Kulit Sosis Goreng :

  • 150 ml susu
  • 1 butir telur
  • 50 gr tepung terigu
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1 sdm minyak goreng
  • garam

Cara Pembuatan : 

  1. Langkah pertama siapkanlah sayuranya terlebih dahuu, rebus wortel, jamur kuping basah, kacang kapri yang sudah di potong – potong sesuai selera, kemudian sisihkan. Kemudian seduh mie soun dengan air panas, sisihkan.
  2. Langkah selanjutnya membuat kulis sosisnya, caranya dengan mencampurkan semua bahan kulit kulit sosis. Jika adonan sudah tercampur rata, Gorenglah adonan menggunakan wajan anti lengket kalau bisa buatlah setipis mungkin lalu potong potong dan sisihkan.
  3. Selanjutnya membuat kuah Timlo, caranya tumis bawang putih dan bawang merah menggunakan sedikit minyak, kemudian masukkan jahe, cengkeh, bunga pekak, kayu manis, pala dan merica. Aduklah hingga semua tercampur rata dan mengeluarkan bau harum, sisihkan. Siapkan panci untuk memasak ayam, kemudian rebuslah ayam beserta jeroan, lalu tambahkan bumbu yang sudah ditumis tadi, tunggu hingga ayam dan jeroan matang empuk. Kemudian angkat ayam dan jeroan tersebut, potonglah sesuai selera kalian kemudian sisihkan. Masukkan kembali tulang ayam kedalam kuah supaya rasa kuah kaldu ayam lebih nikmat.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat telur kecap, tumislah bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, tunggu hingga berbau harum. Kemudian tuang air kaldu ayam atau air di atasnya. Tambahkan telur ayam yang sudah rebus ke dalamnya, kemudian tambahkan kecap manis dan garam, tunggu hingga kuah menyusut dan telur berubah warna, sisihkan.
  5. Penyajian, panaskan kembali kuah Timlo yang sudah dibuat. Susunlah semua bahan mie soun, irisan ayam, irisan jeroan ayam, irisan kulit sosis, telur ayam kecap, wortel, kacang kapri, dan jamur kuping yang telah direbus tadi sesuai selera menggunakan piring saji, lalu tuangkan kuah Timlo. Dan Timlo solo pun siap untuk dinikmati, hidangkan selagi panas!

Nah Itulah Makanan Terkenal di Solo yang Wajib Kalian Coba, Terima kasih buat kalian yang sudah membaca artikel ini sampai bawah semoga dapat bermanfaat aamiin.