Jenis Jenis Sapi Potong yang di Indonesia

Jenis Jenis Sapi Potong-Sapi adalah salah satu hewan kurban paling populer untuk Idul Adha, bersama dengan kambing dan domba. Namun tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki beragam ternak yang disebut bovo? Karena kualitas dagingnya yang baik, banyak jenis sapi yang sering digunakan sebagai hewan kurban. Selain itu, beberapa ekor sapi mudah dikembangbiakkan dan dipelihara.
Jenis sapi apakah itu? Berikut daftar yang diambil dari website Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Jenis Jenis Sapi Potong Atau Ternak

Pelatihan Ternak Sapi di Indonesia

Mulai dari sapi Brahman hingga sapi Brangus, jenis sapi yang biasa dimanfaatkan dagingnya di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Sapi Brahman

Sapi brahman adalah jenis sapi yang berasal dari India yang berasal dari Indiscuss Bos atau dikenal juga dengan sapi Zebu. Berikut ciri-ciri sapi brahman.

  • Bengkak besar
  • Kulit kendur
  • Warna putih keabu-abuan, agak kemerahan
  • Jambul dengan banyak lipatan memanjang dari leher hingga perut lebar
  • Telinga panjang menggantung
  • Tanduk sangat kecil.

sapi brahma merupakan sapi potong terbaik untuk dikembangkan. Tingkat karkas hingga 5 persen. Karkas adalah seluruh bagian tubuh sapi yang telah disembelih secara sah, dikuliti, dibuang isi perutnya, dipisahkan antara badan dan kepala, kaki, kemaluan, ambing (kelenjar susu), ekor dan kelebihannya. gemuk Dalam peternakan sapi, sapi brahman pada umumnya tidak pilih-pilih pakan yang diterimanya. Baik rumput maupun pakan tambahan dapat digunakan. Sapi ini juga tahan terhadap nyamuk dan kutu serta lebih tahan terhadap panas.

BACA JUGA  Rincian Persyaratan Nikah antar mempelai

Sapi brahman cocok dibudidayakan di daerah dengan iklim tropis. Berat maksimal brahmana laki-laki sekitar 800 kilogram, sedangkan brahmana perempuan sekitar 500 kilogram.

2. Sapi Simental

Sapi simmental adalah jenis sapi dari wilayah Simme di Swiss. Jenis sapi perah dan sapi potong ini memiliki tubuh yang kaku dan berotot. Warna bulu sapi Simmental yaitu coklat kemerah-merahan (bata), tetapi putih di bagian muka, di bawah lutut dan di ujung ekor.

Seekor sapi jantan Simment dewasa dapat memiliki berat hingga 1150 kilogram, sedangkan sapi betina dewasa dapat memiliki berat hingga 800 kilogram. Sapi simmental cocok dipelihara di daerah dengan iklim sedang. Rasio karkas biasanya tinggi dan kandungan lemaknya rendah.

3. Sapi Limosin

Sapi limosin merupakan salah satu ras sapi yang juga diternakan di Indonesia. Sapi itu pertama kali diternakkan di Prancis. Jenis sapi Limousin ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • otot Simmental.
  • Bulunya berwarna coklat tua, kecuali bagian ambingnya yang berwarna putih, dan di bawah lutut serta di sekitar matanya yang berwarna lebih terang
  • Besar, panjang dan padat

Karena ukuran dan berat yang lebih besar, jumlah daging yang dihasilkan dari sapi Limousin juga meningkat. Proses pertumbuhan tubuh sapi potong jenis ini juga lebih cepat lho!Selain itu kualitas daging sapi Limousin dinilai lebih enak dan baik untuk diolah sebagai makanan. Faktor ini membuat harga jual sapi Limousin jauh lebih tinggi.

BACA JUGA  Cara Mengolah Kulit Jeruk Untuk Teh

4. Sapi Brahman Cross

Sapi persilangan Brahman termasuk jenis sapi yang dikembangkan di Indonesia. Sapi Brahman asli ini merupakan hasil persilangan sapi Brahman dengan berbagai jenis sapi asal Eropa seperti Hereford, Simmental dan Limousin.
Berikut ciri-ciri sapi persilangan Brahman yang dapat diamati oleh Grameds.

  • Warna coklat, putih atau hitam
  • Kulit menggantung dari leher sampai perut
  • Bentuk rel memanjang dan runcing
  • Pertumbuhan sangat cepat.

Daging sapi persilangan Brahman baik. Berat badannya bisa mencapai 1000 kilogram.

5. Sapi Brangus

Sapi Brangus adalah sapi yang diperoleh dengan menyilangkan sapi Brahman dengan sapi Angus. Sapi ini dapat memberikan daging yang lebih baik. Sapi Angus Hitam berwarna hitam, mirip dengan sapi Angus, namun memiliki tubuh yang lebih besar dan tanduk yang kecil. Banteng dewasa dapat memiliki berat hingga 1.800 kilogram, sedangkan betina memiliki berat sekitar 1.200 kilogram.

Jenis ternak ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Berdasarkan jenisnya, sapi ini dapat diklasifikasikan sebagai sapi potong, sapi perah, atau sapi pekerja.

Nah itulah beberapa jenis jenis sapi yang banyak di indonesia,jika kamu membutuhkan mesin pencacah rumput multifungsi untuk mencari pakan sapi kunjungi saja rumahmesin.com