Cara Membuat Custom Login di WordPress

Halaman login WordPress, merupakan salah satu halaman WordPress yang paling dikenal. Pengguna WordPress menggunakan halaman ini untuk masuk ke dasbor WordPress mereka. Desain halaman login WordPress hanya terlihat monoton dan sudah lama tidak berubah sama sekali.

Namun jangan khawatir, Anda dapat mengubah tampilan halaman login WordPress sesuai  keinginan Anda. Ini sangat mudah karena Anda tidak perlu memasukkan banyak baris kode secara manual. Gunakan berbagai  plugin yang sudah tersedia di WordPress. Anda hanya perlu menginstalnya dan plugin secara otomatis  akan membuat halaman login Anda terlihat lebih menarik.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan plugin  WordPress kustom dan menyesuaikan tampilannya sesuai kebutuhan Anda. Bagi kamu yang  ragu untuk membuat custom login di WordPress. Di bawah ini adalah beberapa alasan yang dapat mengarahkan Anda untuk melakukan.

Kenapa Anda Perlu Membuat Custom Login di WordPress?

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Anda harus membuat custom login di WordPress.

1. Branding

Halaman login WordPress default terlihat seperti halaman login WordPress biasa. Meski bagus, halaman default ini memiliki logo WordPress di tengah. Mengubah dan menyesuaikan halaman ini agar sesuai dengan tema situs web Anda akan membuatnya lebih menarik dan  branding yang bagus.

Kursus ini ideal jika Anda membuat situs web untuk klien. Membuat website yang sesuai dengan aktivitas bisnis khas pelanggan tentunya menjadi penilaian tersendiri bagi  pelanggan.

2. Trafik

Lalu lintas situs web juga meningkatkan lalu lintas “buruk”. Tidak semua lalu lintas yang masuk berasal dari pengunjung yang baik, terkadang berasal dari skrip atau bot, spammer, dan beberapa pengguna yang datang ke halaman web Anda dengan niat buruk. Serangan ini biasanya mengarah ke URL wp-login, yang diatur secara default di WordPress.

Oleh karena itu, membuat custom login di WordPress adalah salah satu cara untuk melindungi website Anda dari berbagai ancaman berbahaya. Meskipun metode ini tidak dapat sepenuhnya melindungi situs web Anda, setidaknya akan membuatnya lebih aman dari serangan peretas.

3. Multi-user Site

Halaman login WordPress sering dikunjungi, terutama jika banyak pengguna mengaksesnya secara bersamaan. Keputusan untuk membuat custom login di WordPress akan memberikan kesan yang menarik bagi pengguna dan tidak akan membuatnya sedikit  bosan.

Anda juga dapat memasukkan  informasi dan kebijakan terbaru saat menggunakan situs web sebelum memasukkannya.

 

Baca Juga : cara membuat landing page yang menarik

 

Jika Anda yakin untuk membuat custom login di WordPress, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat halaman login custom di WordPress:

BACA JUGA  Cara Goreng Kacang Mete Gurih Dan Renyah

Bagaimana Cara Mengganti Halaman Login WordPress?

Setidaknya ada dua cara yang kamu bisa  ketahui untuk membuat custom login di WordPress, yaitu  cara manual dan menggunakan plugin. dari Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Metode manual memberi Anda lebih banyak akses ke penyesuaian, tetapi metode ini cukup sulit diterapkan – Anda harus dapat menghasilkan baris kode (coding). Menggunakan WordPress Custom Login Plugin

adalah cara termudah untuk mengikuti ini, terutama bagi mereka yang tidak memiliki keahlian coding. Ada beberapa hal yang anda dapat  lakukan untuk membuat custom login di WordPress dengan plugin:

  • Set logo, yang biasanya diisi dengan logo WordPress.
  • Mengatur latar belakang untuk semua halaman login.
  • Mengatur latar belakang bagian formulir.
  • Menyesuaikan gaya formulir dan setiap detail kecil seperti font, ukuran, warna, dan bentuk.
  • Terdapat plugin yang memberikan keamanan tambahan  seperti menambahkan captcha pada format yang efektif dalam mengatasi spam login dan bot.

Di bawah ini adalah beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat halaman login khusus di WordPress.

1. LoginPress

Loginpress merupakan plugin untuk membuat custom login di WordPress yang lengkap.  Anda dapat membuat tata letak halaman login dengan beberapa cara berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ekstensi ini tersedia  gratis dengan berbagai add-on. Sedangkan versi berbayar dari plugin ini memiliki fitur seperti reCAPTCHA yang berguna untuk melindungi website Anda dari spam dan kejahatan lainnya.

Versi gratis dari LoginPress menawarkan pengalaman berbeda untuk halaman login. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan dan bahkan memberikan pesan kesalahan seperti lupa kata sandi, kesalahan login, kata sandi salah, dll. kepada pengguna yang mencoba masuk.

Plugin ini membuat seolah-olah pengguna akan masuk ke halaman login yang sangat berbeda dari halaman default WordPress. Tentu tampilannya lebih menarik dibandingkan dengan desain halaman bawaan WordPress yang rata-rata dan umumnya membosankan.

2. Login Designer

Login Designer mungkin bisa menjadi opsi yang bisa Anda coba. Meskipun ini bukan  plugin  login  WordPress khusus yang berdiri sendiri, ia menawarkan lebih banyak pengeditan waktu nyata daripada yang lain. Anda juga tidak perlu menyewa  pengembang untuk membuat  login khusus untuk Anda. Cukup aktifkan plugin dan Anda akan melihat halaman login berubah sesuai dengan tampilan yang tersedia.

3. Login Customizer

Plugin editor login  memungkinkan Anda  membuat  halaman login dengan mudah. Sebelum membuatnya tersedia untuk semua orang, Anda akan melihat perubahan pada halaman login. Anda dapat menyesuaikan semuanya dan membuat  halaman login seperti yang Anda inginkan.

BACA JUGA  Sablon Kaos Putih dengan Logo

Sejauh ini plugin ini masih dalam pengembangan dan sudah mencapai versi 2.0. Versi ini menawarkan beberapa model yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Custom Login Page Customizer

Plugin Custom Login Page Editor memiliki fungsi yang mirip dengan Login Customizer. Plugin ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan halaman login WordPress Anda.

Ada beberapa opsi tata letak halaman login yang intuitif dan luar biasa. Anda dapat melihat perubahan yang dibuat oleh plugin ini sebelum diluncurkan.

Pada menu pengaturan, Anda dapat memilih template yang akan digunakan pada halaman login Anda. Halaman Pengaturan juga memiliki pengaturan logo halaman login, pengaturan latar belakang, pengaturan lebar kustom formulir  login, pengisian formulir dan penyesuaian formulir halaman login, dan  banyak lagi. Anda dapat menggunakan semua pengaturan ini  untuk menambahkan branding ke halaman login situs web Anda.

5. Admin Custom Login

Plugin Login Kustom Admin  membantu Anda membuat halaman  login kustom seperti yang Anda inginkan. Plugin ini memungkinkan Anda membuat halaman login yang unik dan menarik. Anda tidak perlu repot menyesuaikan tata letak karena Anda dapat memilih template yang sudah ada. Plugin ini menawarkan template yang berbeda yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat membuat berbagai  pengaturan tampilan. Misalnya, pengaturan warna latar belakang, gambar latar belakang, tayangan slide, warna formulir login, ukuran dan font formulir login, lokasi formulir login, ikon media sosial, dan  banyak fitur lainnya.

Selain fungsi yang  disebutkan di atas, ada fungsi yang mengarahkan ulang saat pengguna masuk. Fitur ini memungkinkan Anda untuk  mengarahkan pengguna ke halaman tertentu setelah  login.

Dua fitur hebat dari fitur ini adalah slide background  dan social link. Tayangan slide latar belakang adalah fitur hebat yang merupakan  kunci dari fitur ini. Gunakan fitur slideshow untuk menghidupkan halaman login Anda dengan gambar yang menarik. Selain itu, Tautan Media Sosial memungkinkan Anda menambahkan tautan media sosial  ke akun media sosial  Anda seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan  sebagainya.