Fluidic Osilasi Meter (smartmeter)

Smartmeter menunjukan hasil pengukuran yang akurat hingga batas usia flow meter digital. Dengan tidak adanya bagian yang bergerak, smartmeter tidak terkena dampak negatif dari adanya pasir sehingga terhindar dari masalah ketidak akuratan dibanding dengan menggunakan mekanikal.

SmartMeter memiliki teknologi yang canggih dengan dengan tingkat pembacaan akurasi tinggi dan dapat memeperpanjang usia meter dengan cara mengganti baterai meter.

Smart Meter menyediakan meter yang bisa dibaca secara langsung atau dalam format AMR (Automatic Meter Reading) yang menggunakan teknologi induktif, radio frekwensi atau segala bentuk teknologi pembacaan meter otomatis yang saling terhubung melalui aplikasi meter dengan sistem kode atau pulsa.

Selain membaca dan merekam jumlah volume air yang dikonsumsi, smartmeter memiliki fasilitas pemantauan yang unik, memungkinkan meter untuk mendeteksi adanya perusakan (tamper), periode konsumsi secara terus menerus (24 jam), waktu adanya pemakaian ataupun tidak, adanya udara dalam pasokan dan status baterai.

BACA JUGA  Manfaat Tape Singkong Untuk Diabetes

Meter ini jenis pertama yang menggunakan non mekanik dalam prinsip kerjanya. Pada awalnya meter jenis ini membutuhkan power yang besar sehingga harus menggunakan tenaga listrik.

Pada perkembangan selanjutnya meter air ini menggunakan tenaga battery untuk meter yang berukuran kecil, pada ukuran 2” ke atas masih menggunakan tenaga listrik. Tingkat akurasi meter mecapai ­+ 0,25 %.

Udara yang lewat dalam sistem dapat dideteksi, sehingga tidak memasukan jumlah tersebut kedalam sistem. SmartMeters telah dirancang sedemikian rupa sehingga tahan terhadap tamper.

Jika aliran air tidak berhenti untuk jangka waktu yang telah ditentukan, periode waktu bisa ditambah sehingga paket data bisa diperpanjang.

Dalam situasi dimana meter terus menghitung, dan meningkat setelah pembacaan dilakukan, petugas dapat menyimpulkan bahwa ada kebocoran air didalam sistem.

BACA JUGA  Jual Baju APD area Bantul

Sistem akan memberitahu sisa usia baterai 12 bulan sebelum habis. Dengan mengganti baterai maka akan memperpanjang usia meter tanpa harus mengganti meter atau nomer seri meter.